Kebiasaan Minum Air Putih Bisa Undang Penyakit, Kok Bisa? Simak Ulasannya

kebiasaan minum air putih
Ilustrasi minum air putih. Foto: Istimewa

Membangun kebiasaan minum air putih tentunya sangat baik dan disarankan. Terutama untuk menjaga kesehatan tubuh. Minum air putih akan menjaga kebutuhan tubuh agar organ di dalamnya bekerja secara optimal.

Selama ini banyak saran yang disampaikan bahwa kita harus mengkonsumsi air putih setidaknya sebanyak 8 gelas atau 1 liter hingga 1,5 liter setiap hari. Hal ini utamanya untuk mencukupi ketersediaan cairan tubuh.

Namun ternyata ada kebiasaan minum air putih yang justru malah bisa mengundang penyakit datang. Loh kok bisa?! Apa saja kebiasaan buruk yang sebaiknya dihindari tersebut?

Kebiasaan Minum Air Putih yang Sebaiknya Dihindari

Gaya hidup modern yang sibuk dan minimnya pengetahuan tentang kesehatan bisa memicu aktivitas yang tidak tepat. Nah, di bawah ini sejumlah kebiasaan minum air putih yang sebaiknya dihindari.

Minum Air Putih Secara Berlebihan

Tubuh yang kekurangan air minum memang berbahaya bagi tubuh. Namun minum air putih secara berlebihan juga tak kalah bahayanya.

Seperti dikutip dari Business Insider, kemampuan ginjal mengolah air minum sebanyak 800 – 1.000 ml per-jam. Jika jumlah air yang diminum melebihi batas, maka akan mendorong ginjal bekerja ekstra keras.

Kondisi ini menyebabkan tubuh mengalami “keracunan air” dan mengakibatkan ketidakseimbangan kadar natrium darah. Bahkan, terlalu banyak minum juga bisa menyebabkan kerusakan otak hingga kematian.

Karena itu sangat disarankan untuk minum air putih dalam jumlah secukupnya. Itupun dilakukan dalam jarak waktu yang tidak berdekatan. Minumlah air putih saat tubuh memang membutuhkan tanpa perlu memaksakan jumlah liternya.

Minum Air Putih dengan Berdiri

Kebiasaan minum air putih sambil berdiri ternyata buruk untuk kesehatan. Karena bisa menyebabkan banyak nutrisi dalam tubuh yang akan terbuang. Posisi berdiri juga akan membuat air putih yang masuk akan mengalir deras.

Kondisi ini bisa menurunkan kadar oksigen dalam tubuh maupun mengganggu fungsi ginjal, jantung, paru-paru, hingga kandung kemih. Bahkan hal ini juga bisa memicu tubuh lebih mudah terkena stres dan ketegangan.

Dalam Islam, Nabi Muhammad SAW memberikan ajaran yang sangat sehat untuk minum air putih dengan duduk. Hal ini ternyata sangat sesuai dengan kaidah kesehatan dan mengoptimalkan fungsi air bagi tubuh.

Minum Air Es Terlalu Sering

Keseringan ataupun kesenangan minum air dingin atau air es juga membuat tubuh lebih rentan terserang penyakit. Penelitian tahun 2001 juga membuktikan kebiasaan minum air putih dingin akan menyebabkan migrain.

Begitu juga dengan kebiasaan minum air es setelah makan bisa membuat makanan yang masuk pencernaan menggumpal. Hal ini akan mengganggu proses pencernaan, sehingga menyita banyak energi tubuh untuk mengatasinya.

Kondisi ini berisiko terhadap proses pencernaan yang menjadi lebih lambat, sehingga membuat tubuh mudah lelah. Karena itu banyak ahli gizi yang menyarankan minum sedikit air saja setelah makan. Itupun dengan air putih biasa atau bukan air putih dingin.

Sebaliknya, untuk menjaga kesehatan tubuh justru sangat disarankan untuk banyak minum air putih hangat. Terlebih saat baru bangun tidur. Air hangat akan meningkatkan energi dan membakar semangat.

Sering Minum Air Putih Saat Makan

Kebiasaan minum air putih saat sedang makan ternyata juga membawa pengaruh buruk terhadap pencernaan tubuh. Cairan minuman malah akan membuat enzim pencernaan dan asam lambung menjadi encer.

Kondisi ini akan menyebabkan pencernaan makanan terganggu, hingga makanan yang masuk ke dalam tubuh makin sulit dicerna. Selain itu proses penyerapan nutrisi makanan oleh tubuh pun akan ikut terganggu.

Disarankan agar tidak minum air putih hingga kita selesai makan. Kalaupun harus minum air, hanya dalam jumlah sedikit. Itu juga jika sangat dibutuhkan saat tenggorokan terasa serat atau keseretan.

Nah, sudah paham kan bahwa kebiasaan minum air putih yang tidak tepat malah mengundang penyakit. Mulai sekarang ubah kebiasaan anda agar air yang diminum bermanfaat dan menjadi berkah untuk tubuh. (R9/HR-Online)

Loading...