Kejaksaan Buka 2000 Lowongan CPNS 2019 Lulusan SMA Sederajat, Ini Syaratnya!

Lowongan CPNS 2019 lulusan SMA
Ilustrasi lowongan CPNS 2019 di Kejaksaan. Foto: Net/Ist

CPNS 2019, (harapanrakyat.com),Kejaksaan Agung telah resmi mengumumkan pembukaan CPNS 2019. Jumlah formasi yang dibuka 5.203 formasi. Sebanyak 2000 formasi diantaranya merupakan lowongan CPNS 2019 lulusan SMA sederajat.

Ada 30 jenis formasi jabatan yang dibuka Kejaksaan pada CPNS 2019 tersebut. Dari jumlah itu, jabatan untuk pengawal tahanan atau narapidana dan pengemudi pengawal tahanan memiliki alokasi lowongan paling banyak, yakni sebanyak 2000 formasi.

Lowongan CPNS 2019 lulusan SMA sederajat di Kejaksaan memang dibuka untuk mengisi posisi jabatan sebagai pengawal tahanan dan juga pengemudi pengawal tahanan.

Dari jumlah formasi 2000 untuk lulusan SMA sederajat ini, sebanyak 1000 formasi untuk jabatan sebagai pengemudi pengawal tahanan dan 1000 sisanya untuk jabatan pengawal tahanan.

Dari jumlah 1000 formasi pada kedua jabatan tersebut, sebanyak 2 formasi dialokasikan untuk putra atau putri Papua. Sementara sisanya, sebanyak 998 formasi dialokasikan untuk formasi khusus.

Bagi Anda yang ingin mendaftar, bisa melakukan pendaftaran online melalui situs SSCASN BKN GO ID. Pendaftaran akan dibuka serentak pada 11 November sampai 25 November 2019.

Syarat Pelamar Lowongan CPNS 2019 Lulusan SMA Sederajat di Kejaksaan

Setidaknya ada dua persyaratan yang harus dipenuhi pelamar saat akan mendaftar CPNS 2019 di Kejaksaan, yakni persyaratan umum dan persyaratan khusus.

Persyaratan umum, diantaranya ada batas usia yang harus dipenuhi pelamar, yakni minimal rendah 18 tahun dan maksimal berusia 35 tahun saat melamar. Persyaratan umum lainnya bisa Anda lihat di situs resmi Kejaksaan.

Sementara persyaratan khusus bagi yang ingin melamar lowongan CPNS 2019 lulusan SMA sederajat di Kejaksaan, salah satunya adalah tidak buta warna, baik sebagian (parsial) maupun buta warna total.

Syarat selanjutnya tidak punya cacat secara fisik dan mental, bukan transgender, tidak punya tato, tidak punya tindik jika laki-laki, dan salah satu syarat penting juga adalah memiliki postur badan yang ideal.

Selain itu, bagi pelamar lowongan CPNS 2019 lulusan SMA sederajat di Kejaksaan ini juga disyaratkan memiliki sertifikat bela diri khusus untuk pendaftar jabatan sebagai pengawal tahanan. Sementara untuk pendaftar pengemudi pengawal tahanan memiliki SIM A yang masih berlaku.

Selanjutnya pelamar pengawal tahanan juga harus memiliki ijazah computer, minimalnya bisa mengoperasikan program Microsoft Office dan Internet. Syarat lainnya adalah nilai yang tertera pada ijazah harus rata-rata 7,00.

Alur Pendaftaran Lowongan CPNS 2019 Lulusan SMA Sederajat di Kejaksaan

Pendaftaran CPNS 2019 hanya dilakukan secara online, yakni melalui situs SSCASN BKN GO ID. Berikut tahapannya:

Pertama, sebelum mendaftar Anda harus sudah menyiapkan dokumen CPNS 2019 yang diperlukan.

Dokumen tersebut adalah KTP asli yang sudah discan, pas foto, Swafoto (Foto Selfie) sambil memegang KTP dan kartu Akun SSCASN, ijazah asli yang sudah discan, transkrip nilai yang sudah discan, dan dokumen lainnya yang diminta oleh Kejaksaan.

Kedua, daftar lewat portal SSCASN BKN GO ID, dengan memasukkan NIK KTP dan Nomor KK (Kartu Keluarga) untuk mendapatkan user dan password.

Saat mendaftar pelamar lowongan CPNS 2019 lulusan SMA sederajat di Kejaksaan ini hanya bisa menggunakan computer ataupun laptop.

Pendaftaran CPNS 2019 di portal SSCASN BKN GO ID tidak bisa dilakukan melalui smartphone maupun tablet.

Ketiga, usai mendapatkan user dan password, maka tinggal log in dengan user dan password yang sebelumnya telah didaftarakan.

Keempat, upload swafoto Anda sambil memegang KTP dan kartu informasi akun. Selanjutnya lengkapi biodata Anda, pilih formasi juga jabatan tentunya sesuai dengan pendidikan Anda ya.

Perlu diingat Anda hanya boleh mendaftar untuk 1 jabatan saja, yakni pengawal tahanan atau pengemudi pengawal tahanan.

Kelima, Anda tinggal melengkapi data dengan upload dokumen-dokumen CPNS 2019, termasuk dokumen khusus yang diminta oleh Kejaksaan untuk melamar lowongan CPNS 2019 lulusan SMA.

Keenam, cek terlebih dahulu resume pendaftaran online Anda kemudian baru cetak kartu pendaftaran SSCN tahun 2019.

Verifikasi Pendaftaran Lowongan CPNS 2019 Lulusan SMA di Kejaksaan

Pelamar yang sudah mendapatkan prin out pendaftaran dari situs SSCASN BKN GO ID selanjutnya harus melakukan verifikasi pendaftaran. Dalam hal ini Anda harus datang sendiri dengan membawa sejumlah dokumen asli.

Selain itu, Anda juga harus menyerahkan 2 buah berkas lamaran berupa hard copy yang berisi: Surat lamaran yang ditulis untuk Jaksa Muda Pembinaan U.p Kepala Biro Kepegawaian Kejaksaan Agung RI, Foto Copy KTP atau Suket atau keterangan domisili jika tempat tinggal pelamar tidak sesuai dengan alamat di KTP.

Selanjutnya masukkan juga dalam berkas pendaftaran lowongan CPNS 2019 lulusan SMA di kejaksaan, adalah daftar Riwayat Hidup ditulis dengan singkat, foto copy ijazah dan transkrip nilai yang sudah dilegalisir.

Jangan lupa lampirkan foto copy sertifikat computer untuk pelamar pengawal tahanan dan fotocopy SIM untuk pelamar pengemudi pengawal tahanan.

Selain itu diminta juga sertifikat atau ijazah TOEFL dan surat keterangan belum menikah yang dikeluarkan oleh lurah atau kepala desa. Jika sudah lengkap masukkan semua berkas lamaran tersebut dalam stop map warna biru.

Itulah lowongan CPNS 2019 lulusan SMA sederajat, bagi yang ingin mendaftar siapkan berkas-berkas yang diperlukan dari sekarang. Semoga beruntung. (Ndu/R7/HR-Online)

Loading...