Kenali Beberapa Penyebab Asam Urat Kambuh saat Malam

Kenali Beberapa Penyebab Asam Urat Kambuh Saat Malam

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),- Kenali Beberapa Penyebab Asam Urat Kambuh saat Malam. Penyakit asam urat merupakan penyakit yang mengarah langsung pada persendian. Dan kebanyakan penderitanya adalah orang lansia atau lanjut usia.

Penyakit semacam ini dapat terjadi kapan saja, atau lebih-lebih datang pada waktu malam hari. Lantas apa penyebab asam urat kambuh di waktu malam hari? Mari kita ketahui penjelasannya berikut ini.

Suhu Tubuh yang Menurun

Sebagian besar orang mengeluhkan rasa sakit asam urat mereka yang seringkali terjadi atau kambuh di malam hari ketimbang siang hari. Hal ini disebabkan suhu tubuh yang menurun di waktu malam hari.

Saat siang hari, kemungkinan kambuhnya asam urat kecil karena suhu tubuh cenderung naik lantaran disibukkan dengan aktifitas masing-masing. Akan tetapi berbeda jika pada waktu malam hari, ketika semua anggota tubuh beristirahat. Hal tersebut menjadikan suhu tubuh menurun.

Dalam waktu yang bersamaan, kristal-kristal asam urat yang ada pada tubuh malah justru bergerak dan terbentuk. Setelah menempel pada persendian, Anda yang pasti akan merasakan rasa sakit. Semakin banyak kristal asam urat, maka semakin beresiko untuk kambuh.

Kurang Mengonsumsi Air Putih

Penyebab asam urat kambuh pada waktu malam hari salah satunya adalah kurangnya asupan air putih bagi tubuh. Banyak orang yang menyepelekan bahwa mengonsumsi air putih setelah bekerja atau beraktivitas.

Sehingga presentase membuktikan, orang lebih banyak minum pada waktu siang hari dibandingkan malam hari. Bagi Anda yang memiliki  penyakit asam urat, air putih sangatlah berguna.

Mengonsumsi air putih yang cukup pada waktu malam hari, sebelum tidur, dapat meluruhkan kristal-kristal asam urat. Jadi air putih setidaknya dapat meminimalisir terjadinya serangan asam urat secara tiba-tiba di waktu malam hari.

Mengonsumsi dua sampai tiga gelas di malam hari akan menjaga kondisi tubuh Anda dengan baik bahkan hingga sampai tertidur.

Memakan Makanan Pemicu Asam Urat

Tidak ada yang mengelak dengan makanan enak yang memanjakan lidah semua orang. Namun sebagian orang yang memiliki penyakit asam urat sering lupa akan makanan yang mereka konsumsi. Sehingga hal ini dapat memicu serangan asam urat di malam hari, khususnya ketika memakan makanan yang tidak tepat bagi diri sendiri.

Sebaiknya, bagi Anda yang memiliki asam urat, dianjurkan untuk menghindari beberapa makanan daging yang memiliki lemak tinggi, ataupun makanan yang berasal dari laut, pada malam hari.

Ataupun meminum minuman yang mengandung alkohol atau kandungan gula tinggi di dalamnya. Karena hal ini dipastikan, asam urat Anda akan bereaksi pada malam hari jika tidak teliti terlebih dahulu sebelum makan.

Dan itulah beberapa penyebab asam urat kambuh terjadi pada malam hari yang kurang dimengerti oleh sebagian orang. Diharapkan Anda segera mengatasi masalah penyakit asam urat ini ke dokter agar tidak berkepanjangan atau lebih buruk lagi. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...