Kamis, Mei 19, 2022
BerandaBerita TerbaruKesehatan Mental Terganggu Akibat Kebiasaan Bangun Tidur Langsung Buka HP

Kesehatan Mental Terganggu Akibat Kebiasaan Bangun Tidur Langsung Buka HP

Kesehatan mental terganggu akibat kebiasaan bangun tidur langsung membuka HP. Meski hanya 15 menit mengecek ponsel, namun tetap saja dampaknya berbahaya hingga membuat kesehatan mental terganggu.

Sebagian besar orang pasti langsung membuka ponsel ketika buka mata di pagi hari. Takut tertinggal informasi atau menghilangkan kantuk menjadi alasan mengapa seseorang membuka HP saat bangun tidur.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh IDC, sebuah perusahaan data internasional, mengungkap, sekitar 80 persen pengguna HP di Amerika Serikat punya kebiasaan membuka HP saat bangun tidur. Kebiasaan itulah yang dapat menyebabkan kesehatan mental terganggu.

Dirangkum dari berbagai sumber, Jum’at (29/11/2019), berikut ini adalah dampak negatif bagi kesehatan yang ditimbulkan dari kebiasaan membuka HP saat bangun tidur di pagi hari.

Memicu Stres dan Ganggu Kesehatan Mental

Langsung mengecek HP sebelum beranjak dari tempat tidur dapat memicu stres dan kecemasan yang akhirnya kesehatan mental menjadi terganggu.

Sebab, kedamaian dan ketenangan fikiran sudah terganggu sebelum kita memulai aktivitas. Saat membuka HP, kita langsung disibukkan oleh hal-hal yang terlewati sebelumnya.

Pesan singkat, tumpukkan email, serta berita berkonten negatif yang menjejali mata saat mengecek HP di pagi hari bisa menganggu pikiran, sehingga kita akan merasa berat untuk menjalani hari.

Sebuah penelitian di Universitas Gothenburg Swedia, selama satu tahun sempat mengukur dampak yang ditimbulkan dari penggunaan HP pada orang yang berusia 20 tahunan.

Hasilnya, kebiasaan membuka HP saat bangun tidur berkaitan langsung dengan masalah kesehatan mental. Hal itu terlihat dari adanya peningkatan angka depresi.

Memicu Pola Makan Buruk

Saat buka HP ketika bangun tidur, belum apa-apa kita langsung sibuk membandingan diri dengan orang lain. Hal tersebut merupakan gejala dari adanya gangguan pada kesehatan mental.

Belum apa-apa kita sudah dibuat jengkel, bete, kesal, bahkan merasa iri oleh kehidupan orang lain yang terlihat di media sosial lebih bahagia.

Hal ini membuat suasana hati memburuk, mood untuk sarapan hilang, dan kesehatanpun terganggu.

Bahkan, kondisi tersebut bisa berdampak pada pilihan menu makanan yang tidak baik, dan bisa memicu pada kondisi FOMO atau tear of missing out.

Kondisi itu muncul ditandai dengan perasaan sedih, terpuruk, dan tertinggal lantaran tak mampu mengikuti sesuatu yang sedang banyak disukai orang.  

FOMO juga bisa membuat kamu mengambil sebuah keputusan yang bisa memperburuk kesehatanmu, salah satunya dengan memilih menu makanan yang tidak sehat.

Sulit Fokus

Menurut sebuah studi yang dilakukan University of British Columbia, ketika kita kurangi waktu mengecek pesan masuk di HP, maka stres yang dirasakan oleh kita akan turun sehingga bisa terhindar dari risiko gangguan kesehatan mental.

Selain itu, langsung mengecek HP ketika bangun tidur juga bisa membuat kamu kesulitan untuk tetap fokus pada tugas atau aktivitas yang menjadi prioritas kamu.

Jadi sebaiknya ketika bangun tidur itu ambil jeda dan luangkan waktu untuk menjernihkan hati dan pikiran agar kesehatan mental tidak terganggu.

Sulit Membuat Prioritas yang Tepat

Jika bangun tidur sudah dihadapkan dengan berbagai macam informasi, maka otak kita akan sulit membedakan mana yang harus diprioritaskan. Hal itu karena kita akan kesulitan untuk membuat prioritas.

Akhirnya otak kita pun akan dipkasa untuk lebih bereaksi pada urusan orang lain dibanding fokus urusan diri kamu sendiri. Ini menjadi salah satu indikasi kesehatan mental sudah terganggu.

Sebaiknya kamu minum dulu segelas air putih ketika bangun tidur di pagi hari. Pulihkan kondisimu hingga benar-benar terjaga sebelum membuka HP.

Membuang Waktu

Mungkin awalnya niat kamu hanya mengecek ponsel selama 5 menit saja, tetapi tanpa disadari setelah 15 menit kemudian kamu masih juga sibuk memeriksa HP di tempat tidur.

Hal tersebut hanya membuang-buang waktu saja sehingga bisa mengakibatkan jadwal aktivitas harianmu menjadi terganggu. (Eva/R3/HR-Online)

- Advertisment -