Ketika Dikonsumsi, Ini Manfaat Pepaya untuk Rambut

Ketika Dikonsumsi, Ini Manfaat Pepaya untuk Rambut

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),- Tidak hanya untuk tubuh, ternyata ada manfaat pepaya untuk rambut ketika dikonsumsi. Selama ini memang banyak orang mengonsumsi pepaya sebagai buah diet, tapi dibalik itu semua ada manfaat untuk rambut yang akan dirasakan saat dimakan secara teratur. Belum percaya? Di bawah ini, daftar manfaat pepaya untuk rambut yang akan Anda rasakan digunakan!

Melebatkan Rambut

Dalam pepaya, terkandung nutrisi yang bisa berguna untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Untuk merasakan manfaatnya dengan segera, silahkan dikonsumsi setidaknya seminggu tiga kali dalam jangka waktu panjang, maka akan mengurangi penipisan rambut.  

Mengobati Ketombe

Manfaat pepaya untuk rambut ketika dikonsumsi adalah sebagai obat untuk membersihkan ketombe. Dengan adanya antioksidan di dalam pepaya dan dimakan setidaknya satu iris setiap hari, bisa mengikis kulit kering yang menempel pada kepala dan rambut. Juga, mendorong pergantian sel yang sehat dan dapat menyehatkan batang rambut Anda kemudian.

Tidak hanya obat bagi ketombe, pepaya bisa mengurangi minyak berlebih dalam kepala dan merevitalisasi rambut dengan baik.

Membuat Rambut Cepat Panjang

Tidak hanya bisa melebatkan rambut, rajin makan pepaya juga menjadi bisa menjadi usaha Anda dalam memperpanjang rambut. Dari pada menggunakan obat kimia, makan pepaya jelas lebih bermanfaat dan tidak berbahaya.

Menjaga Kesehatan Rambut

Di dalam buah pepaya terkandung vitamin A yang berfungsi untuk menjaga kesehatan rambut. Tanpa dicampur dengan makanan apapun, makan pepaya apa adanya secara teratur akan baik untuk kesehatan rambut Anda.

Membuat Rambut Bercahaya

Apabila Anda tidak menyukai rambut yang kusam dan tidak enak dipandang, maka rajin mengonsumsi pepaya bisa menjadi kunci. Manfaat pepaya untuk rambut selain mengobati ketombe dan menebalkan juga bisa membuat rambut tampak bercahaya dengan alami.

Membosankan memang jika setiap hari harus mengonsumsi pepaya secara langsung. Kalau begitu, Anda bisa membuatnya menjadi masker rambut yang pasti lebih sehat daripada menggunakan masker rambut berbahan kimia.

Caranya:

  1. Haluskan 1 cangkir besar pepaya matang dengan blender sampai lunak
  2. Tambahkan 1 sdm olive oil dan setengah gelas jus lidah buaya
  3. Campurkan bahan-bahan tadi sampai rata
  4. Aplikasikan pada rambut secara menyeluruh dan diamkan antara 15-30 menit
  5. Bilas sampai bersih
  6. Lakukan seminggu dua kali

Tidak hanya daging buahnya saja yang berguna untuk kesehatan rambut, biji pepaya juga bisa dijadikan masker yag untuk penangkal ketombe.

Cara membuatnya tidak sulit, yaitu dengan menumbuk biji pepaya yang sebelumnya sudah dicuci bersih sampai halus dan campurkan dengan minyak zaitun atau minyak kelapa. Setelahnya, aplikasikan pada batang rambut secara merata.

Banyak sekali bukan manfaat pepaya untuk rambut ketika dikonsumsi? Apalagi mengingat rasanya yang manis dan juga bisa untuk diet, pasti tidak masalah untuk memakannya dengan rajin. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...