Keuntungan Menggunakan Rem ABS pada Motor dan Mobil, Wajib Tahu!

Keuntungan Menggunakan Rem ABS
Rem ABS pada motor. Foto: Ist/Net

Keuntungan menggunakan rem ABS sudah dirasakan oleh banyak pemilik motor dan mobil. ABS atau Anti Lock Braking System itu sendiri adalah fitur keamanan terbaru yang banyak diminati saat ini.

Dengan menghadirkan fitur ABS pada kendaraan, maka pengereman bisa dilakukan dengan baik. Pengendara tak perlu was-was apabila harus mengerem di jalanan yang licin maupun saat hujan.

Kemampuan rem ABS tersebut didukung oleh komponen yang ada di dalamnya. Mulai dari sensor kecepatan, katup pengereman, pompa dan kontroler.

Keuntungan Gunakan Rem ABS pada Motor

Anda para pengendara sepeda motor akan merasakan banyak keuntungan apabila menggunakan rem ABS. Keuntungan tersebut adalah:

Tetap Aman Meski Mengerem Mendadak

Salah satu keuntungan yang bisa anda rasakan dari penggunaan rem ABS pada sepeda motor yaitu tetap terjamin keamanannya saat harus mengerem mendadak.

Pasalnya, sistem ABS memungkinkan rem tak terkunci apabila motor mengerem mendadak. Dengan adanya fitur ini, anda bisa melewati medan berpasir maupun basah karena air hujan.

Anda bisa menempuh perjalanan dengan medan seperti apapun, tanpa perlu khawatir akan slip. Berbeda dengan non-ABS yang bisa tergelincir saat diukur dengan kecepatan yang sama.

Penggunaan sistem rem non-ABS memang beresiko membahayakan diri sendiri dan pengendara lain. Tak heran jika banyak pengendara motor yang beralih menggunakan rem ABS.

Berkendara Terasa Lebih Stabil

Keuntungan menggunakan rem ABS pada sepeda motor lainnya yaitu berkendara akan terasa lebih stabil saat pedal rem ditekan penuh.

Perlu anda ketahui, sistem rem ABS tak akan langsung mencengkeram roda sepeda motor secara langsung, akan tetapi awalnya perlahan.

Rem ABS akan membuat suply rem hidrolik yang mengarah ke piston rem bekerja dengan jeda waktu tertentu. Dengan demikian, roda sepeda motor tak akan langsung terhenti.

Karena tak langsung berhenti, maka pengendara bisa lebih stabil dan mudah mengendalikan laju sepeda motor. Berbeda dengan rem non-ABS yang seringkali membuat pengendaranya meliuk-liuk sampai kehilangan keseimbangan.

Baca Juga: Rem Motor Berbunyi, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Dalam hal ini, rem ABS memiliki sistem kerja tersendiri dengan menyematkan sensor yang mampu mendeteksi penguncian roda.

Saat sudah terdeteksi, sensor akan langsung mengirimkan sinyal ke modulator. Dari sini, instruksi berjalan ke piston rem yang ada di roda agar mengendur.

Ketika penguncian roda berkurang, maka tekanan piston rem akan meningkat. Pengendara sepeda motor pun bisa mengerem secara aman dan stabil.

Keuntungan Menggunakan Rem ABS pada Mobil

Keuntungan penggunaan rem ABS tak hanya bisa dirasakan pada sepeda motor saja, akan tetapi juga mobil. Untuk mengetahui apa saja keuntungannya, anda bisa simak ulasan berikut.

Tampil Modern dan Berkelas

Salah satu dari sekian banyak keuntungan menggunakan rem ABS pada mobil yang akan anda rasakan yaitu bisa tampil modern dan berkelas.

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan rem ABS adalah teknologi terbaru dan memiliki nilai yang tinggi. Dengan menggunakan sistem ini, maka mobil yang anda miliki bisa terkesan modern.

Untuk diketahui juga bahwa fitur terbaru ini belum diterapkan di semua mobil yang ada di pasaran. Hanya ada beberapa mobil yang sudah merasakan kecanggihannya.

Dengan alasan tersebut, apabila mobil anda dilengkapi dengan rem ABS, maka kesan berkelas dan tangguh sudah pasti tersemat pada mobil anda.

Anda pun bisa tampil keren dan lebih percaya diri saat membawa mobil kesayangan untuk pergi jalan-jalan kemanapun itu.

Mengendalikan Besarnya Tekanan

Perlu untuk anda ketahui, sistem rem ABS juga bisa mengendalikan besarnya tekanan saat mengendarai mobil. Namun sayangnya, keuntungan menggunakan rem ABS tersebut tak bisa dirasakan di sembarang mobil.

Hanya mobil mewah dan mahal yang dilengkapi sistem rem ABS dengan kemampuan tersebut. Dengan adanya pengendalian, maka setiap roda mobil bisa diatur lajunya.

Penggunaan rem ABS terbukti mampu membuat pengendara merasa aman dan nyaman selama menempuh perjalanan dengan mobil.

Perjalanan juga akan terasa menyenangkan. Maka dari itu, anda jangan pandang sebelah mata fitur terbaru yang berkualitas ini.

Dengan melihat banyaknya keuntungan menggunakan rem ABS, baik pada motor maupun mobil, tak heran jika banyak pecinta otomotif yang beralih ke sistem tersebut. (R10/HR-Online)

Loading...