Khasiat dan Manfaat Bunga Rosella yang Nikmat Dijadikan Teh

manfaat bunga rosella
Teh dan bunga rosella. Foto: Istimewa

Besarnya manfaat bunga rosella untuk kesehatan membuat herbal ini pernah menjadi minuman teh yang banyak diburu orang. Teh bunga rosella bukan hanya nikmat, namun juga bisa menghangatkan badan saat musim dingin. Selain itu teh ini juga ampuh dalam mencegah berbagai penyakit.

Bunga rosela (Hibiscus sabdariffa) merupakan spesies bunga asal Afrika yang ternyata kerap menjadi bahan konsumsi di negara asalnya. Diantaranya bunga ini sering dibuat menjadi selai atau jeli untuk roti.

Sejumlah negara di Afrika sering menggunakan bunga ini untuk salad buah, untuk isian kue ataupun dibuat minuman dengan tambahan tetes tebu, merica dan garam. Bubuk biji rosela juga sering untuk campuran minum kopi.

Penelitian menemukan manfaat bunga rosella karena kandungan nutrisinya yang baik untuk kesehatan. Diantaranya vitamin A, B1, B2, B3, vitamin C, kalsium, kalium, fosfor, natrium, beta karoten, omega 3, antosianin, dan gosipetin.

Rosella juga kaya protein dan unsur lain yang bermanfaat. Bahkan bunga yang bentuknya cantik ini mengandung 18 jenis asam amino yang sangat berkhasiat. Termasuk zat arginin yang ampuh untuk meremajakan sel tubuh.

Mungkin karena popularitas di negara asalnya, membuat bunga rosela juga dimanfaatkan orang di berbagai negara lain untuk kesehatan tubuh. Paling umum, bunga ini dibuat untuk dijadikan minuman teh yang nikmat.

Dalam cara mengolah bunga rosella atau membuat teh rosella cukup mudah. Tinggal menjemur bunga rosella hingga kering yang kemudian diseduh dengan air panas. Persis seperti kita membuat umumnya minuman teh.

Manfaat Bunga Rosella Bagi Kesehatan Tubuh

Ada banyak manfaat bunga rosella bagi kesehatan tubuh karena kandungan mineral dan zat aktifnya. Berikut ini beragam khasiat bunga rosella kering yang sebaiknya anda tahu.

Menjaga Kesehatan Hati

Penelitian terhadap orang yang kelebihan berat badan dengan minum ekstrak bunga rosella selama 3 bulan, ternyata mampu menyembuhkan steatosis hati atau penumpukan lemak pada organ hati dan mengoptimalkan fungsi hati.

Menurunkan dan Mengendalikan Kolesterol

Penelitian terhadap 60 orang penderita diabetes yang minum teh bunga rosella dalam sebulan turun kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliseridanya. Sebaliknya, lemak baik (HDL) justru meningkat.

Studi lain mengenai manfaat bunga rosella terhadap penderita sindrom metabolik yang minum ekstrak herbal ini memperlihatkan perubahan yang serupa. Kolesterolnya turun dan kadar HDL-nya naik.

Mengendalikan Tekanan Darah

Senyawa dalam bunga rosella juga berkhasiat mengendalikan tekanan darah sistolik dan diastolik. Riset terhadap 65 orang penderita hipertensi yang minum teh rosella turun tekanan darah sistoliknya dalam 6 minggu.

Mengatasi Serangan Bakteri

Manfaat bunga rosella juga ampuh dalam melawan dan mengatasi infeksi bakteri. Serangan E. coli yang menyebabkan diare bisa diatasi dengan herbal ini. Termasuk bronkitis, pneumonia, ataupun infeksi saluran kemih.

Mencegah Radikal Bebas

Teh bunga rosella diketahui kaya zat antioksidan yang ampuh melawan radikal bebas yang bisa merusak sel-sel tubuh. Herbal ini juga baik untuk melindungi kulit dan tubuh dari berbagai polutan.

Efek Samping Bunga Rosella yang Perlu Diketahui

Selain manfaat bunga rosella untuk kesehatan, herbal ini juga memiliki efek yang sebaiknya diketahui dengan baik. Efek samping bunga rosella ini karena kandungan asamnya yang tinggi.

Beberapa dampak yang pernah terjadi diantaranya gangguan pencernaan, diare, ataupun gangguan ginjal. Minuman rosella juga sebaiknya dilakukan setelah makan agar tidak menyebabkan sakit perut.

Konsumsi ekstrak daun rosella juga tidak dianjurkan pada penderita darah rendah maupun orang yang sedang menggunakan hydrochlorothiazide. Sebab bisa menimbulkan reaksi obat.

Takaran yang dianjurkan untuk konsumsi ekstrak bunga atau minuman teh herbal ini adalah satu gelas sehari. Itupun jangan terlalu kental. Sebab minuman bunga rosella yang bening saja sudah ampuh khasiatnya.

Demikianlah beragam keutamaan dan manfaat bunga rosella bagi kesehatan. Dengan minum teh rosella atau ekstrak bunga ini akan membuat tubuh sehat dan terjauh dari penyakit. (R9/HR-Online)

Loading...
Loading...