Khasiat Daun Bunga Sepatu, Bisa Obati Keputihan Hingga Kanker

Daun bunga sepatu memiliki khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit
Daun bunga sepatu memiliki khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Photo : Net/Ist.

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Daun bunga sepatu memiliki khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit, diantaranya keputihan, diabetes, hingga kanker. Daun bunga sepatu juga berkhasiat untuk membuang racun dalam tubuh, penangkal radikal bebas, dan lain-lain.

Seperti dilakukan Gus Maswan (54), seorang ahli pengobatan alternatif syaraf melalui pijit, warga Purwodadi, Desa Waringinsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat, yang sering memanfaatkan daun bunga sepatu untuk mengobati pasiennya.

Menurut Gus Maswan, pohon yang memiliki nama latin Hibiscus rosa-sinensis L itu mudah didapat. Dirinya mengetahui khasiat daun tersebut dari gurunya ketika belajar di salah satu pondok pesantren di Jawa Timur.

“Jarang yang mengetahui kalau daun bunga sepatu memiliki banyak manfaat. Ini obat warisan turun-temurun,” tuturnya, kepada HR Online, saat ditemui di rumahnya, Selasa (05/11/2019).

Lanjut Gus Maswan, sudah terbukti banyak penyakit yang sembuh setelah diobati oleh daun bunga sepatu sebagai obat alternatif. Dia mencontohkan, beberapa waktu lalu ada warga Dusun Sindanggalih, Desa Langensari, datang ke rumahnya dengan keluhan punya penyakit eksim yang sudah menahun tak kunjung sembuh.

Warga tersebut sudah berupaya mengobati penyakit kulitnya itu, termasuk mencoba berbagai obat medis dan alternatif. Mulai dari yang harganya murah hingga yang mahal, namun tak kunjung sembuh juga.

“Saya sarankan pada orang tersebut untuk merebus 7 helai daun bunga sepatu, lalu air rebusannya dibikin menjadi satu gelas untuk diminum, dan daunnya dioleskan ke bagian kulit yang terkena eksim. Alhamdulillah, dengan izin Allah, penyakit eksimnya sembuh,” terang Gus Maswan.

Di tempat yang sama, Darno, warga Dusun Sindanggalih, Desa Langensari, membenarkan, penyakit eksim yang diderita istrinya selama kurang lebih dua tahun, kini sembuh dengan daun bunga sepatu.

“Setelah istri saya rutin minum air rebusan daun bunga sepatu, dan mengoleskan ampas daunnya pada bagian kulit yang terkena eksim, kini penyakit istri saya sembuh. Obatnya murah meriah, daun bunga sepatu banyak, tinggal nyari di pekarangan rumah,” ungkapnya.

Darmo juga menambahkan, setelah eksim istrinya sembuh, dirinya langsung menyarankan kepada semua saudaranya agar rutin mengonsumsi daun bunga sepatu untuk menjaga kesehatan tubuh. (Sugeng/R3/HR-Online)

Loading...