Khasiat Susu Kambing Etawa Murni untuk Kesehatan

Khasiat susu kambing etawa murni untuk kesehatan karena memiliki kandungan nutrisi dan mineral yang lengkap.
Khasiat susu kambing etawa murni untuk kesehatan karena memiliki kandungan nutrisi dan mineral yang lengkap. Photo : Ilustrasi.

Khasiat susu kambing etawa untuk kesehatan karena memiliki kandungan nutrisi dan mineral yang lengkap. Berdasarkan penelitian, banyak yang bisa didapat dari khasiat susu kambing etawa bagi kesehatan tubuh.

Nutrisi lengkap yang terkandung dalam susu kambing etawa diantaranya kalsium, fosfor, sodium, flourin, dan betakasein. Kandungan nutrisi tersebut diklaim hampir setara dengan khasiat air susu ibu (ASI).

Dirangkum HR Online dari berbagai sumber, Kamis (21/11/2019), berikut ini sederet khasiat susu kambing etawa murni untuk kesehatan tubuh manusia.

Manfaat Minum Susu Kambing Etawa

Bisa Obati TBC dan Asma

Kandungan flourin dan betakasein dalam susu kambing etawa sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit TBC dan asma. Selain itu, berkhasiat juga meringankan bagi mereka yang memiliki masalah pada pernapasan.

Memperbaiki Sistem Pencernaan

Khasiat susu kambing etawa murni berikutnya adalah sangat baik bagi kesehatan pencernaan. Nutrisi yang terkandung di dalamnya bermanfaat untuk menenangkan masalah pada saluran pencernaan, serta dapat menekan rasa lapar. Jadi cocok dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalani diet.

Karena tidak terdapat protein kompleks, maka kandungan nutrisi dari susu kambing etawa mampu mengurangi dampak alergi jika dibandingkan susu sapi.

Tidak Menyebabkan Alergi

Tak sedikit yang mengeluhkan kalau ternyata susu sapi membuat alregi dan rentan akan penyakit pernapasan. Kandungan lemak tinggi dalam susu sapi jadi penyebab menumpuknya lendir yang bisa picu alregi.

Namun jangan khawatir karena susu kambing etawa menjadi alternatif yang ampuh guna mengatasi masalah tersebut. Pasalnya, gelembung-gelembung lemak dalam susu etawa cuma sepersembilan dari lemak yang terkandung dalam susu sapi. Dengan rutin konsumsi susu kambing etawa maka kamu bisa terbebas dari masalah iritasi lambung.  

Mengandung Asam Lemak Esensial

Khasiat susu kambing etawa murni untuk kesehatan karena diketahui memiliki kandungan asam lemak sekitar 35 persen, dibanding susu sapi yang kandungan asam lemaknya hanya 17 persen. Bahkan, manfaat dari susu kambing etawa akan lebih terasa khasiatnya jika dikonsumsinya masih dalam keadaan segar.

Bagi kamu yang tidak toleran terhadap laktosa, susu etawa pun berkhasiat untuk turunkan kolesterol tinggi. Selain itu, adanya asam lemak atau antimikroba seperti asam kaprat dan kaprilat dalam susu tersebut juga dapat memperbaiki kerusakan pada sistem pencernaan.

Agen Metabolik

Berdasarkan studi dan penelitian yang dilakukan terhadap susu kambing etawa mengungkap, bahwa susu tersebut erat kaitannya dengan peningkatan kemampuan dalam menyera tembaga dan zat besi, terutama bagi mereka yang sistem pencernaannya kurang bagus atau sudah rusak.

Kaya Kalsium

Tak sedikit orang yang mengonsumsi susu sapi agar asupan kalsium meningkat, sekaligus untuk mencegah terjadinya osteoporosis. Namun, ada baiknya mencoba minum susu kambing karena banyak mengandung kalsium dan juga asam amino triptofan.

Sebagai Nutrisi Baik dan Alami

Khasiat susu kambing etawa murni untuk kesehatan karena kambing sejak dulu dikenal sebagai binatang sodium bio-organis yang berkhasiat meningkatkan semangat, vitalitas, dan fleksibilitas.

Sodium bio-organik sendiri adalah elemen yang berfungsi menjaga persendian agar tetap sehat dan fleksibel. Sehingga, susu kambing etawa sering dijadikan obat untuk regenerasi sistem saraf di dalam tubuh.

Anti-inflamasi Alami

Secara alamiah susu kambing etawa dihomogenisasi. Jika dibandingkan dengan susu sapi, gelembung lemak yang ada pada susu kambing bisa memecahkan diri menjadi lebih kecil, sehingga berkhasiat untuk memudahkan sistem pencernaan dalam menyerap makanan.

Bagi yang punya masalah usus maupun gangguan pada pencernaan lain akibat inflamasi, maka khasiat susu kambing etawa murni bisa dirasakan jika dikonsumsi secara teratur. Karena, sifat probiotik yang ada dalam susu kambing mampu mendorong terhadap pengembangan sistem pencernaan dengan baik.   

Bagus untuk Bumil dan Menyusui

Susu kambing etawa sangat bagus untuk dijadikan gizi tambahan buat ibu hamil dan dampaknya akan menyehatkan janin. Selain itu, susu kambing etawa juga sangat baik bagi ibu menyusui untuk melancarkan ASI.

Menyehatkan Kulit

Khasiat susu kambing etawa murni juga dapat menyehatkan kulit. Perlu diketahui bahwa susu kambing etawa bisa digunakan sebagai lulur dan masker wajah.

Hal ini bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori wajah dan menghaluskan kulit agar terhindar dari berbagai permasalahan kulit, salah satunya jerawat. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...