Kolam Kering Akibat Kemarau, Wisata Cogekan Pangandaran Berhenti Beroperasi

wisata cogekan Pangandaran
Kolam wisata Cogekan di Desa Kertajaya, Kecamatan Mangunjaya, Kabupaten Pangandaran kering akibat kemarau panjang. Foto: Entang/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),– Kemarau panjang tahun 2019 bukan hanya membuat warga kesulitan air bersih, namun dampaknya juga dirasakan salah satu destinasi wisata di Dusun Cogekan, RT 9 RW 3, Desa Kertajaya, Kecamatan Mangunjaya, Kabupaten Pangandaran.

Wisata Cogekan Pangandaran ini terkenal sebagai tempat pemancingan yang banyak dikunjungi pemancing dari berbagai daerah. Kini tempat wisata tersebut, terpaksa berhenti beroperasi lantaran dilanda kekeringan.

“Ada 2 hektar lahan yang dijadikan tempat wisata kolam di Kertajaya, saat ini kondisinya kering kerontang. Padahal kalau sedang banyak airnya kolam itu jadi salah satu destinasi wisata mancing dan jala ikan,” ujar Kasman, Sekretaris Desa Kertajaya kepada HR Online, Selasa (12/11/2019).

Kasman menuturkan, selama ini wisata Cogekan Pangandaran mengandalkan saluran air yang tidak jauh dari lokasi.

“Tapi ya itu sama saja airnya di sana juga kering, hal ini juga karena Sungai induk Citanduy pun airnya menyusut drastis,” katanya.

Akibat dari kekeringan itu, lanjut Kasman, kolam wisata Cogekan Pangandaran yang biasa didatangi para pemancing pun terpaksa berhenti beroperasi.

“Dengan terhentinya kolam tersebut akibat kekeringan, otomatis aktifitas warga yang berjualan pun terhenti,” tuturnya.

Padahal, kata Kasman, destinasi wisata pemancingan di Desa Kertajaya saat ini telah menerima bantuan dari provinsi sebesar Rp 100 juta.

“Ya alhamdulillah pihak Pemprov Jabar memberikan bantuan untuk destinasi wisata Cogekan ini. Saya harap ke depan pihak Pemkab atau pun pusat dapat memberikan bantuan juga untuk lokasi wisata yang satu ini,” katanya.

Sementara itu, di tempat yang sama sekertaris camat Mangunjaya, Ntung Casmudi, mengatakan destinasi wisata mancing ini sebelum dilanda kekeringan selalu dikunjungi oleh para penghoby mancing mania dari berbagai daerah.

“Jadi pengunjungnya bukan hanya dari Pangandaran saja, ada juga dari Ciamis ataupun Cilacap.  Namun untuk saat ini, kita hanya bisa pasrah mengingat saat ini sedang kemarau,” ucap Ntung. 

Apabila destinasi wisata Cogekan Pangandaran ini diberi bantuan yang cukup, Ntung mengaku optimis, bukan hanya akan jadi area mancing saja, akan tetapi bisa juga dibuat arena bermain air.

“Lokasinya juga cukup luas, semoga saja ke depan pihak pemerintah memberikan bantuan untuk destinasi wisata di Kertajaya Mangunjaya ini,” pungkasnya. (Entang/R7/HR-Online) 

Loading...