Kolam Renang Tirta Winaya Memprihatinkan, Warga Minta Pemkab Ciamis Berbenah

Pintu masuk Kolam Renang Tirta Winaya
Kawasan Kolam Renang Tirta Winaya di Kelurahan Sindangrasa, Ciamis. Foto: Jujang/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Kolam Renang Tirta Winaya yang berada di Kelurahan Sindangrasa, Kecamatan Ciamis yang dikelola oleh milik Pemerintah Kabupaten Ciamis saat ini kondisinya tidak terawat.

Hal ini dikeluhkan para pengunjung yang sengaja ingin berenang di kolam renang yang dibangun sejak zaman Belanda itu.

Pantauan di lapangan, sejumlah fasilitas di dalam kolam renang Tirta Winaya banyak yang rusak. Di bagian toilet, banyak tulisan curat coret yang menambah kesan kumuh disertai bau yang tidak sedap.

Selain itu, bagian bawah kolam renang terlihat berwarna hitam dan kotor. Pun dengan air kolamnya yang berwarna hijau dan tidak bersih.

Hal ini dikeluhkan Anwar (37) warga Handapherang, Kecamatan Cijeungjing. Anwar yang pergi berenang bersama rekan-rekannya mengaku kecewa dengan fasilitas kolam renang yang tak terurus.

“Sudah lama tidak ke sini. Pas ke sini kondisi kolam renang sudah sangat kumuh, tak terawat. Ini menambah ketidaknyamanan pengunjung,” ujar Anwar, Kamis (14/11/2019).

Selain kondisinya yang perlu pembenahan, Dia pun mengeluh gatal-gatal sesudah berenang di kolam renang Tirta Winaya ini.

“Saya tidak bohong, langsung gatal gatal. Ini dirasakan bukan sama saya saja, teman saya pun sama,” ungkapnya.

Anwar mengaku prihatin dan menyayangkan dengan kondisi kolam renang ini. Sebab, selain tidak sehat, juga perlu pengelolaan dan perawatan yang benar.

Kata dia, jika kolam renang tersebut dikelola dn dirawat dengan baik, tentu akan menjadi salah satu pendapatan asli daerah (PAD).

“Kalau seperti ini mana bisa jadi andalan PAD, kondisi seperti ini tidak mungkin mendatangkan pengunjung,” katanya.

Dia menyarankan, apabila Pemda tidak mampu mengelola dengan baik, maka bisa dikerjasamakan dengan pihak ketiga.

“Kolam renang Tirta Winaya ini potensi besar dibangun dengan anggaran besar pemerintah, sayang tidak terurus. Jika dikelola pihak ketiga, mungkin lain ceritanya,” pungkas  Anwar. (Jujang/R6/HR-Online)

Loading...