Kredit Ruko Murah? Simak Dulu Informasi Lengkapnya di Sini!

Kredit Ruko
Ilustrasi Rumah Toko. Foto: Ist/Net

Kredit ruko bisa jadi investasi yang menguntungkan di masa depan. Ada beberapa informasi yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli ruko secara kredit.

Selain kredit rumah, kredit rumah toko atau yang biasa disebut dengan ruko ini juga sering menjadi incaran masyarakat. Ruko juga termasuk dalam properti yang biasanya digunakan untuk tempat usaha dan juga tempat tinggal.

Bangunan ruko ini minimal terdiri dari dua lantai bahkan bisa mencapai 5 lantai. Untuk dua lantai, lantai pertama ini digunakan untuk tempat usaha sedangkan lantai atas digunakan sebagai tempat tinggal. 

Selain bisa digunakan sendiri, ruko ini bisa menjadi investasi properti yang menggiurkan. Anda pun tidak harus membeli ruko tersebut secara cash, namun bisa juga membeli dengan sistem kredit dimana sudah ada dua bank yang menawarkan kredit untuk properti ini.

Bank Pemberi Kredit Ruko

Sampai saat ini baru ada dua bank saja yang memberikan kredit kepemilikan ruko yang pertama adalah BTN sedangkan yang kedua adalah Bank Mandiri Syariah. Untuk kredit ruko bank BTN atau Bank Tabungan Negara memberikan penawaran yang menarik bagi masyarakat yang menginginkan kredit rumah toko murah.

Fasilitas yang diberikan pun sangat menguntungkan bagi pebisnis. Dalam menawarkan kredit tersebut BTN melakukan klaim bahwa akan memberikan suku bunga yang kompetitif, selain itu juga ditunjang dengan proses pengajuan maupun penerimaan yang mudah dengan jangka waktu pembayaran sampai dengan 15 tahun.

Kredit ruko dari BTN ini cukup menarik lantaran menyediakan perlindungan dengan menggunakan asuransi jiwa kredit, asuransi kebakaran sampai dengan gempa bumi.

Sebagai tambahannya adalah Anda yang ingin memiliki ruko ini harus menambahkan beberapa biaya seperti provisi, administrasi, premi asuransi, serta biaya transaksi agunan dan juga biaya notaris.

Untuk Mandiri Syariah memberikan pembiayaan ruko yang diberikan khusus perorangan atau badan usaha yang skemanya adalah pembiayaan jual beli. Fitur yang ditawarkan oleh Mandiri Syariah adalah pembiayaan maksimal hingga 80% untuk kepemilikan ruko yang baru serta sebesar 75% untuk ruko bekas.

Sementara itu margin yang ditetapkan adalah fixed sehingga tidak akan mengalami perubahan. Perbedaan kredit ruko Mandiri Syariah dengan BTN adalah tenor pembiayaan dimana Mandiri Syariah memiliki jangka waktu 10 tahun.

Sebagai catatan, kredit yang ditawarkan ini, Anda harus mengagunkan ruko yang Anda kredit tersebut. Jika cicilan kredit macet maka bank bisa menarik kembali ruko tersebut.

Memilih Ruko yang Tepat

Setelah Anda tahu bank pemberi kredit ruko, hal yang tidak boleh Anda lupakan selanjutnya adalah tips memilih ruko yang tepat. Salah memilih ruko hanya akan membuat Anda mendapatkan ruko yang tidak sesuai dengan keinginan.

Agar bisa mendapatkan ruko yang tepat, Anda harus menentukan ruko sesuai dengan bisnis Anda. Sebelum membeli pastikan jika Anda mempertimbangkan bisnis atau usaha yang ingin digeluti atau dikembangkan.

Perhatikan lokasi ruko yang akan Anda beli apakah menguntungkan untuk usaha yang sedang Anda kembangkan tersebut atau tidak. Tidak hanya itu saja pastikan ruko tersebut dekat dengan target konsumen Anda, agar daya jual bisnis Anda tinggi.

Selanjutnya yang bisa dilakukan adalah memilih sistem pembelian. Seperti yang diungkapkan sebelumnya bahwa pembelian ruko ini bisa dilakukan dengan sumber pinjaman dari pihak bank.

Pertimbangkan Cash Flow

Sebelum kredit rumah toko, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan cash flow dari usaha yang Anda jalankan tersebut. Supaya lebih ringan pilih developer yang bisa memberikan diskon. Dengan hal ini setidaknya Anda akan diringankan dengan pengeluaran biaya cicilan ruko yang lebih ringan saat melakukan kredit.

Terakhir, perhatikan detail ruko seperti struktur fondasi dan bangunannya. Pastikan fondasinya benar-benar kokoh agar bisa menampung beban berat yang ada di ruko tersebut.

Cek Kondisi Bangunan Sebelum Kredit Ruko

Agar tidak salah pilih disarankan Anda untuk melakukan pengecekan kondisi nyata ruko terlebih dahulu jangan hanya terpukau dengan gambar. Dengan survei langsung tersebut Anda akan melihat sendiri kekurangan dan kelebihan ruko tersebut.

Memang masih sedikit bank yang menawarkan kredit kepemilikan rumah toko ini sehingga pilihan Anda terbatas dimana hanya memilih satu diantara dua pilihan.

Untuk bisa mendapatkan kredit ruko terbaik Anda bisa bertanya langsung kepada pihak bank tentang fasilitas apa saja yang Anda dapatkan, kelebihan, tata caranya seperti apa, dan lain sebagainya. Dengan informasi yang detail ini, Anda akan bisa menentukan pilihan yang benar-benar tepat. (R11/HR-Online)

Loading...