Kulit Bawang Merah dan Segudang Manfaat Mengejutkan untuk Kesehatan

Kulit bawang merah maupun bawang bombay ternyata memiliki manfaat yang tak terduga untuk kesehatan dan kecatikan.
Kulit bawang merah maupun bawang bombay ternyata memiliki manfaat yang tak terduga untuk kesehatan dan kecatikan. Foto : Ilustrasi.

Kulit bawang merah maupun bawang bombay ternyata memiliki manfaat yang tak terduga untuk kesehatan dan kecantikan. Kandungan nutrisi yang cukup tinggi dalam kulit bawang merah dan bawang bombay dipercaya berkhasiat untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan.

Manfaat dan khasiat dari kulit bawang tersebut bisa didapat dengan cara mengolahnya terlebih dahulu untuk dijadikan ramuan perawatan kesehatan dan kecantikan.

Dirangkum dari berbagai sumber, Jum’at (22/11/2019), berikut ini manfaat mengejutkan yang bisa didapat dari kulit bawang merah dan bawang bombay.

Manfaat Kulit Bawang untuk Kesehatan

Kaya Vitamin

Kulit bawang merah dan bawang bombay merupakan sumber vitamin A, vitamin C, vitamin E, serta mengandung antioksidan lainnya yang bagus bagi kesehatan dan kecantikan. Seperti kandungan flavonoid, terutama quercetin.

Kandungan tersebut punya sifat antioksidan dan antiinflamasi. Selain itu, terdapat pula kandungan antioksidan fenilpropanoid di dalamnya yang bisa melawan proses penuaan hingga melindungi jantung.

Redakan Rasa Gatal dan Atasi Kram Otot

Untuk menghentikan rasa gatal akibat gigitan serangga, sekaligus menenangkan peradangan, gosokkan beberapa lembar kulit bawang merah atau bawang bombay pada bekas gigitan serangga.

Sedangkan, untuk mengatasi kram otot, kamu cukup memasukkan kulit bawang dengan takaran 1 sendok makan ke dalam secangkir air panas, lalu biarkan hingga meresap. Setelah itu, minum air tersebut sebelum makan malam.

Meringankan Masalah pada Kulit

Kulit bawang merah berkhasiat mengatasi masalah pada kulit, seperti pustula, papula, kulit bernanah, serta masalah kulit lainnya. Untuk mengatasinya, gunakan campuran kulit bawang dengan minyak zaitun, lalu oleskan pada kulit yang bermasalah. Setelah itu, biarkan sekitar 5 menit saja, dan cuci bersih menggunakan air dingin.

Melembutkan Rambut

Kulit bawang merah juga bisa dimanfaatkan sebagai kondisioner untuk mengatasi masalah rambut. Cukup mencampurkan kulit bawang dengan satu cangkir air hangat. Kemudian, usapkan ke rambut dan diamkan selama 5-10 menit. Lalu, bilas menggunakan air dingin.

Menjadkan Kulit Wajah Glowing

Ingin punya kulit wajah glowing ternyata tak perlu mahal, cukup dengan menggunakan masker berbahan kulit bawang merah atau bawang bombay, kulit wajahpun akan tampak glowing.

Cara membuat masker tersebut, campurkan kulit bawang secukupnya dengan satu sendok makan yogurt. Kemudian, aduk sampai menjadi pasta kental, lalu oleskan pada kulit wajah. Biarkan selama 10 menit, dan setelah itu cuci dengan air hangat.

Menyehatkan Kulit Kepala

Kulit bawang merah selain berkhasiat untuk melembutkan rambut, juga bisa menyehatkan kulit kepala. Untuk membuat hair musk, campurkan kulit bawang dengan madu, lalu oleskan campuran tersebut ke bagian akar rambut.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, diamkan selama 60 menit, setelah itu baru dibilas hingga bersih, dan kamu pun bisa lihat hasilnya.

Kulit Bawang Tingkatkan Kesehatan Secara Signifikan

Kulit bawang kaya akan antioksidan, flavanoid, dan serat makanan yang mampu meningkatkan kesehatan kulit. Selain itu, kulit bawang juga mengandung pigmen tinggi dan dikenal sebagai quercetin yang mampu mencegah terjadinya penyumbatan arteri, mengurangi hipertensi, memiliki sifat sebagai penenang yang kuat, serta mampu mengatasi insomnia.

Tangkal Radikal Bebas dan Kanker

Selain itu, kualitas antibakteri, antioksidan, serta antijamur yang kuat yang dimiliki kulit bawang juga mampu menangkal radikal bebas dan menghancurkan penyebab utama kanker.

Berdasarkan penelitian menunjukan kulit bawang banyak mengandung serat tidak larut, sehingga mendukung gerakan peristaltik yang akurat dari usus besar. Serat yang tidak larut ini mampu menghilangkan racun dari usus yang sudah terkumpul, mengatur pH, serta mencegah pembentukan sel kanker.

Untuk mendapatkan manfaat dan khasiatnya, kulit bawang dapat ditambahkan ke berbagai rebusan atau sup. Penggabungan kulit bawang ke dalam makanan mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2, kanker usus besar, masalah gastrointestinal, dan juga masalah kegemukan atau obesitas. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...