Lagi, Puting Beliung Pangandaran Sebabkan 10 Rumah Rusak di Mangunjaya

Puting Beliung Pangandaran
Rumah warga di Dusun Sukaraja, Desa Sukamaju, Kecamatan Mangunjaya, Pangandaran tertimpa pohon akibat puting beliung, Kamis (14/11/2019). Foto: Entang/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Bencana puting beliung Pangandaran, Jawa Barat bukan hanya menyebabkan rumah rusak di Kecamatan Padaherang dan Langkaplancar. Namun, 10 rumah juga dilaporkan rusak di Kecamatan Mangunjaya, Kamis (14/11/2019) sore.

“Laporan kerusakan akibat puting beliung yang terjadi Kamis kemarin kembali masuk ke kantor BPBD Kabupaten Pangandaran, kali ini dari Kecamatan Mangunjaya,” ujar Nana Ruhena, Kepala BPBD Kabupaten Pangandaran kepada HR Online, Jum’at (16/11/2019) pagi.

Menurutnya, sebanyak 10 rumah di Kecamatan Mangunjaya rusak karena tertimpa pohon akibat puting beliung yang menimpa Kecamatan Mangunjaya pada pukul 18.50 WIB.

“Laporannya tidak sekaligus, tapi satu persatu laporan masuk dari berbagai kecamatan, saat puting beliung kemarin itu,” katanya.

Kata dia, puting beliung terjadi di Dusun Sukaraja RT 02, dan RT 03, RW 09, Desa Sukamaju, Kecamatan Mangunjaya, Kabupaten Pangandaran.

“Atap rumah warga rusak di bagian atapnya, terjadi di Dusun Sukaraja RT 02 dan RT 03,” terangnya. 

Nana menuturkan, 10 rumah yang rusak di Kecamatan Mangunjaya, merupakan rumah milik Sadir, Triswandi, Karwe, dan Siswato di RT 02.

“Sementara di RT 03 yang rusak itu rumah bapak Muhtadin, Muhlasin, Saniah, Sakiem, Kamiem dan Sahro,” tuturnya.

Kondisi rumah warga tersebut, lanjut Nana, rata-rata mengalami rusak ringan. Pihaknya masih belum bisa menaksir jumlah kerugian akibat bencana puting beliung Pangandaran tersebut.

“Alhamdulillah dari semua peristiwa yang terjadi sore kemarin, tidak ada korban jiwa,” katanya.

Berita Terkait: Angin Puting Beliung Terjang Muruyungsari Pangandaran, 6 Rumah Rusak Berat

Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga Akibat Puting Beliung Pangandaran

Sementara itu, hujan deras yang disertai puting beliung Pangandaran pada Kamis (14/11/2019) juga menyebabkan sejumlah pohon tumbang dan menimpa rumah warga di Desa Maruyungsari, Kecamatan Padaherang. Akibatnya, sekitar 6 rumah tertimpa pohon dan rusak berat.

“Dari informasi awal, ada enam rumah warga di dusun tersebut yang mengalami rusak di bagian gentingnya. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu,” kata Nana Ruhena, kepala BPBD Pangandaran kepada HR Online.

Selain merusak rumah warga, puting beliung juga menyebabkan sejumlah pohon tumbang dan menghalangi jalan di Desa Maruyungsari, Kecamatan Padaherang.

Petugas gabungan diterjunkan untuk mengevakuasi sejumlah pohon besar yang tumbang menghalangi akses jalan di wilayah desa tersebut.

Bukan itu saja, hujan deras yang mengguyur Pangandaran sore ini juga mengakibatkan gudang Puskesmas Mangunjaya ambruk. Selain karena hujan, gudang tersebut juga berada di dekat sungai yang tanahnya cukup rentan.

Bahkan di Kecamatan Langkaplancar, akibat hujan deras dan puting beliung Pangandaran, listrik sempat padam di sejumlah wilayah.

Selain itu dua rumah juga dikabarkan rusak tertimpa pohon tumbang di RT 07, RW 02, Dusun Citarunggang, Desa Pangkalan, Kecamatan Langkaplancar.  (Entang/R7/HR-Online)

Loading...