Lagi, Rumah Ambruk di Ciamis Setelah Diguyur Hujan Deras

Rumah Ambruk di Ciamis
Rumah ambruk milik Ukip, warga Dusun Ciulu, RT 24/06, Desa Ciulu, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, setelah diguyur hujan deras, Sabtu sore (02/11/2019),. Foto : Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Rumah ambruk yang disebabkan karena hujan lebat kembali terjadi di Ciamis. Musibah tersebut kali ini menimpa rumah milik Ukip, warga Dusun Ciulu, RT 24/06, Desa Ciulu, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

FK Tagana Kecamatan Banjarsari, Uju Suparman, membenarkan adanya kejadian rumah ambruk tersebut.

Berita terkait : Diguyur Hujan, Rumah Seorang Nenek di Ciamis Ambruk

Menurutnya, robohnya rumah milik Ukip diduga akibat kondisi atau bangunan sudah lapuk. Sehingga, saat hujan lebat atap kayu tersebut tidak kuat dan akhirnya ambruk.  

“Kondisi rumahnya memang sudah rapuh, sehingga saat hujan deras atap rumah bagian dapurnya ambruk,” katanya kepada HR Online, Rabu (06/11/2019).

Uju menambahkan, untuk kejadian rumah ambruk milik Ukip ini terjadi kemarin pada hari Sabtu sore (02/11/2019). “Namun, kami baru mendapatkan laporannya hari ini,” ucapnya. 

Kepala Desa Ciulu, Ramli Mahmud saat dikonfirmasi HR Online membenarkan adanya kejadian tersebut. 

“Benar pada hari Sabtu kemarin ada lagi rumah warga kami yang mengalami kerusakan akibat guyuran hujan,” katanya.

Menurutnyam, kerusakan ini diakibatkan kondisi bangunan rumah yang memang sudah dalam kondisi lapuk, sehingga tidak mampu menahan derasnya guyuran hujan hingga terjadi ambruk di bagian atapnya.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Hanya saja pemilik rumah saat ini terpaksa harus diungsikan ke rumah kerabatnya, sambil menunggu perbaikan rumahnya yang saat ini dalam kondisi rusak,” tuturnya.

Untuk upaya perbaikan rumah ambruk tersebut, kata Ramli, pihaknya masih belum bisa memastikan apakah bantuan dari pemerintah akan segera turun atau tidak.

“Saat ini kami sudah melakukan koordinasi dengan pihak terkait. Mudah-mudahan saja bisa ada bantuan untuk perbaikan rumah warga kami ini,” pungkasnya. (Suherman/R5/HR-Online)

Loading...