Lagi, Siswa MAN 1 Darussalam Ciamis Juara 1 Kompetisi Robotik Tingkat Nasional

Untuk kesekian kalinya, siswa MAN 1 Darussalam, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, meraih juara 1 Kompetisi Robotik Madrasah Nasional
Untuk kesekian kalinya, siswa MAN 1 Darussalam, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, meraih juara 1 Kompetisi Robotik Madrasah Nasional tingkat MA. Foto : Istimewa.

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Untuk kesekian kalinya, siswa MAN 1 Darussalam, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, meraih juara 1 Kompetisi Robotik Madrasah Nasional tingkat MA yang diselenggarakan di Grand City Mall, Surabaya, pada 16-17 November 2019.

Kompetisi Robotik Madrasah ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan Kementerian Agama melalui Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, dan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.

Ada tiga kategori yang dilombakan dalam kompetisi Robotik Madrasah yang ke V ini. Pertama, kategori rancang bangun mesin otomatis, kedua, kategori robot pemilah sampah, dan ketiga kategori Robot Challange dengan menggunakan teknologi IoT (Internet of Things).

MAN Darussalam Ciamis sendiri, meraih juara 1 kategori rancang bangun mesin otomatis Kompetisi Robotik Madrasah tingkat nasional.

Tim Robotik MAN Darussalam Ciamis terdiri dari dua orang siswa yakni, Ahmad Syahdi Al Khowarizmi (XII IPA 1), dan Miftah Farid (XII IPA 2), dengan guru pembimbing Lutfi Husni Taufiq.

Hal itu dikatakan Kepala MAN 1 Darussalam Ciamis, Idan Nurdiana, kepada HR Online, yang mengaku bangga karena siswanya bisa terus berprestasi di berbagai bidang, salah-satunya bidang teknologi robotik.

“Siswa yang sudah kelihatan bakatnya terus kita bimbing dan arahkan agar semakin matang dan mampu berprestasi,” katanya, Senin (18/11/2019).

Idan juga menyebutkan, di MAN Darussalam Ciamis tidak hanya mengajarkan ngaji dan menulis Arab, namun sekarang sudah maju dengan pengembangan berbagai teknologi.

“Prestasi ini akan kita pertahankan, bahkan akan terus kita tingkatkan. Terima kasih kepada semua pihak atas dukunganya, sehingga siswa kita bisa berprestasi terus,” ucap Idan. (Jujang/R3/HR-Online)

Loading...