Link Pendaftaran CPNS 2019 Online Dibuka 11 November, Tak Bisa Diakses di Smartphone

Link Pendaftaran CPNS 2019
Alur pendaftaran CPNS 2019 di portal SSCASN BKN GO ID. Foto: BKN

CPNS 2019, (harapanrakyat.com),– Informasi terkait pendaftaran CPNS 2019 telah diumumkan akhir Oktober 2019 lalu. Bagi pelamar bisa mengakses link pendaftaran CPNS 2019 untuk mendaftar secara online pada 11 November 2019.

Pembukaan pendaftaran CPNS 2019 mulai 11 November sampai 25 November 2019 dan dilakukan secara onlie melalui link SSCASN BKN GO ID. Sebelum mendaftar, pastikan Anda telah mempersiapkan sejumlah dokumen yang diperlukan.

Selain itu, perlu diingat untuk mendaftar CPNS 2019 online hanya bisa dilakukan melalui komputer atau laptop. Link pendaftaran CPNS 2019 tidak bisa diakses melalui smartphone maupun tablet.

Baca Juga: Masalah yang Mungkin Anda Hadapi Saat Daftar CPNS 2019, Ini Solusinya!

Walaupun pendaftaran CPNS 2019 secara online baru dibuka apda 11 November 2019 mendatang, namun portal SSCASN BKN GO ID sebenarnya sudah bisa diakses dari sekarang. Hanya saja baru menampilkan bagian mukanya saja.

Beberapa menu yang terdapat pada portal tersebut, seperti SSCN untuk Papua Barat, dan SSP3K, serta SSCN Dikdin masih belum bisa diakses. Ketika diklik malah tampil peringatan error dan tulisan ‘This Page Isn’t Working’.

Dokumen yang harus diunggah di link pendaftaran CPNS 2019

Jika sudah dibuka pada 11 November nanti, ada beberapa dokumen CPNS 2019 yang harus Anda unggah pada portal SSCASN BKN GO ID, yakni:

KTP

Jika tidak memiliki KTP, pelamar bisa menggantinya dengan Suket (Surat Keterangan) yang dikeluarkan oleh Disdukcapil. Suket ini merupakan pengganti jika KTP tidak ada.

Pas Foto dan Swafoto

Pas Foto yang dimaksud menggunakan latar merah dengan ukuran 4×6. Sementara swafoto atau foto selfie adalah foto diri sambil memegang KTP atau Suket dan kartu informasi akun. Pastikan kedua foto ini sudah Anda siapkan sebelum akses link pendaftaran CPNS 2019 di portal SSCASN BKN GO ID.

Surat Lamaran

Surat lamaran harus ditulis tangan dengan menggunakan tinta hitam. Surat lamaran ini ditujukan kepada instansi yang akan Anda lamar. Anda bisa melihat informasinya terlebih dahulu di Kementerian atau Lembaga yang akan Anda lamar.

Misalnya jika Anda ingin melamar ke Kementerian Hukum dan HAM, maka surat lamaran ditujukan kepada Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia di Jakarta.

Ijazah asli dan Transkrip Nilai

Kedua dokumen ini scan terlebih dahulu dan satukan dalam satu file PDF ya. Nantinya kedua dokumen ini harus diunggah di link pendaftaran CPNS 2019 portal SSCASN BKN GO ID.

Akreditasi BAN PT

Akreditasi BAN PT untuk perguruan tinggi maupun program studi ini juga harus discan untuk kemudian diunggah ke portal SSCASN BKN GO ID.

Dokumen Pendukung Lainnya

Dokumen pendukung lainnya ini disesuaikan dengan formasi dan jabatan yang akan Anda lamar. Setiap Kementerian atau Lembaga meminta dokumen pendukung yang berbeda.

Misalnya ada lembaga yang meminta sertifikat TOEFL. Ada juga lembaga yang meminta SIM atau sertifikat keahlian lainnya. Dokumen pendukung ini satukan dalam satu file PDF juga untuk kemudian diunggah di link pendaftaran CPNS 2109 yakni di portal SSCASN BKN GO ID.

Alur Pendaftaran CPNS 2019

Pendaftaran CPNS 2019 melalui online akan dimulai dari tanggal 11 November sampai 25 November 2019. Agar tak bingung berikut alur pendaftarannya, catat baik-baik ya.

Buat Akun

Anda harus membuat akun di link SSCASN BKN GO ID. Di sini Anda hanya butuh NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang tertera pada KTP Anda dan juga Nomor Kartu Keluarga (KK).

Selanjutnya, unggah pas foto yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Ingat latarnya harus merah dan ukkurannya 4×6. Foto yang diunggah di link pendaftaran CPNS 2019 harus dalam format JPG.

Jika sudah, jangan lupa cetak Kartu Informasi Akunnya. Kartu ini antinya akan digunakan saat Anda diminta swafoto (selfie) sambil memegang KTP dan Kartu Informasi Akun ini.

Log In ke Link Pendaftaran CPNS 2019

Setelah Anda berhasil membuat akun. Selanjutnya Anda log in di portal SSCASN BKN GO ID, gunakan NIK dan password saat mendaftar sebelumnya.

Unggah Swafoto

Anda kemudian akan diminta untuk meng-upload foto selfie di link pendaftaran CPNS 2019. Anda harus berfoto sambil memegang KTP dan Kartu Informasi Akun yang sudah Anda cetak usai pembuatan akun.

Lengkapi Biodata

Setelah Anda selesai meng-upload swafoto, selanjutnya Anda akan diminta untuk melengkapi data diri Anda. Pastikan nama, tempat tanggal lahir, alamat dan sebagainya terkait diri Anda diketik dengan betul.

Pilih Formasi dan Jabatan

Saat memilih formasi dan jabatan di suatu instansi, pastikan sesuai dengan kualifikasi pendidikan, lokasi formasi dan juga lokasi tesnya.

Ingat, bagi Anda yang mendaftar di link pendaftaran CPNS 2019, Anda hanya bisa memilih 1 formasi dan 1 jabatan saja. Karena NIK yang Anda pakai hanya untuk 1 formasi dan 1 jabatan saja.

Unggah Dokumen yang Diminta

Selanjutnya Anda unggah dokumen yang telah discan. Dokumen ini disesuaikan dengan persyaratan yang ditentukan oleh instansi yang Anda lamar.

Perlu diingat, dokumen yang Anda unggah harus dapat dibaca. Artinya jangan buram atau terlipat apalagi rusak. Karena jika salah unggahan dokumennya, Anda dipastikan tidak akan bisa lulus seleksi administrasi.

Simpan Data

Selesai mengunggah dokumen Anda di link pendaftaran CPNS 2019, Anda tinggal simpan data dan cek terlebih dahulu di form resume. Pastikan semua data sudah terisi lengkap dan benar.

Cetak Kartu Pendaftaran SSCASN 2019

Terakhir yang perlu Anda lakukan adalah mencetak kartu pendaftaran SSCASN 2019. Simpan kartu ini baik-baik, karena kartu pendaftaran SSCASN 2019 ini merupakan bukti Anda telah melakukan proses pendaftaran dengan tuntas.

Itulah dokumen dan alur di link pendaftaran CPNS 2019 di portal SSCASN BKN GO ID. Catat baik-baik, jangan sampai salah. Semoga beruntung ya. (Ndu/R7/HR-Online)

Loading...