Lowongan CPNS 2019 di Kementerian Pertahanan, Ini Syaratnya!

Lowongan CPNS 2019 di Kementerian Pertahanan
Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto saat memeriksa pasukan di Kementerian Pertahanan beberapa waktu lalu. Foto: Istimewa.

CPNS 2019, (harapanrakyat.com),– Kementerian Pertahanan (Kemhan) mengeluarkan pengumuman pendaftaran CPNS 2019. Lowongan CPNS 2019 di Kementerian Pertahanan ini berjumlah 552 formasi.

Melaui rilis di situs resminya, Kementerian yang dipimpin oleh Prabowo Subianto ini membuka beberapa alokasi penempatan.

Alokasi tersebut yakni sebanyak 216 formasi ditempatkan di Satuan Kerja dan Sub Satuan Kerja Unit Organisasi Kemhan, 104 formasi untuk ditempatkan di Mabes TNI, 105 di TNI AD, 13 di TNI AL, dan 114 ditempatkan di TNI AU.

Seperti halnya lowongan CPNS 2019 lainnya, lowongan CPNS 2019 di Kementerian Pertahanan ini juga dibuka untuk formasi umum dan formasi khusus.

Formasi khusus ditujukan untuk pelamar lulusan terbaik (Cumlaude) dari Perguruan Tinggi dengan akreditasi A dan Program Studinya pun memiliki akreditasi A.

Selain lulusan Cumlaude, formasi khusus juga ditujukan untuk pelamar Disabilitas yang memiliki keterbatasan fisik atau berkebutuhan khusus.

Selanjutnya lowongan CPNS 2019 di Kementerian Pertahanan juga membuka formasi khusus untuk putra dan putri Papua dan Papua Barat. Kriterianya, menamatkan pendidikan di wilayah Papau ataupun Papua Barat. Serta memiliki garis keturunan dari orang tua, baik ayah maupun ibu yang tercatat sebagai orang asli Papua dan Papua Barat.

Khusus untuk formasi terakhir harus dibuktikan dengan Surat Akte Kelahiran, Fotocopy KTP dan Kartu Keluarga dari ayah Kandung. Selain itu juga melampirkan surat keterangan domisili yang dikeluarkan oleh Lurah ataupun Kepala Desa asal pendaftar.

Baca Juga: Masalah yang Mungkin Anda Hadapi Saat Daftar CPNS 2019, Ini Solusinya

Berbeda dengan seleksi CPNS di kementerian atau lembaga lain, lowongan CPNS 2019 di Kementerian Pertahanan juga dibuka untuk Tenaga Pengamanan Siber (Cyber Security).

Pendaftar yang akan melamar posisi ini merupakan tenaga khusus yang bertugas mencegah dan mengamankan sumber daya telematika dari kriminalitas.

Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi untuk Tenaga Pengamanan Siber ini, yaitu, khusus yang sudah berpengalaman di bidang kemanan siber minimal 2 tahun. Hal ini harus dibuktikan lewat sertifikat yang dikeluarkan lembaga internasional atau bisa juga sertifikat dari lembaga nasional.

Kriteria yang terpenting untuk Tenaga Pengaman Siber ini adalah memiliki keahlian di bidang pengamanan siber (Cyber Security). Tentunya ini juga harus dibuktikan lewat sertifikat keahlian dari lembaga terpercaya.

Lowongan CPNS 2019 di Kementerian Pertahanan, Apa Saja Syaratnya?

Untuk melamar CPNS 2019 di Kementerian Pertahanan, ada persyaratan umum dan persyaratan khusus yang harus dipenuhi. Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat di situs resmi Kemhan GO ID.

Selanjutnya pendaftaran dilakukan secara online melalui situs SSCASN BKN GO ID. Terlebih dahulu Anda siapkan NIK (Nomor Induk Kependudukan) untuk mendaftar di situs tersebut.

Dokumen yang harus Anda upload saat daftar CPNS 2019 online di situs SSCASN BKN GO ID, terdiri diri:

Surat lamaran

Surat lamaran untuk melamaar lowongan CPNS 2019 di Kementerian Pertahanan ini wajib ditulis tangan dengan dibubuhi materai Rp 6.000. Jangan lupa ditandatangani dan gunakan pena berwarna hitam. Selanjutnya scan aslinya untuk kemudian diunggah saat pendaftaran CPNS 2019.

Foto

Foto yang diminta adalah foto berukuran 3 x 4 dengan latar warna merah. Disyaratkan foto tidak memakai kacamata dan juga penutup kepala, kecuali bagi wanita yang berhijab. Ukuran foto 120 kb sampai 200 kb. Foto ini jangan lupa juga untuk discan ya.

KTP atau Suket

Dokumen yang diperlukan untuk melamar lowongan CPNS 2019 di Kementerian Pertahanan selanjutnya adalah KTP. Jika tidak ada KTP maka bisa diganti dengan Suket (Surat Keterangan) yang dikeluarkan oleh Disdukcapil. Seperti biasa scan KTP atau Suketnya ya.

Kartu Keluarga

Kartu Keluarga (KK) ini jangan lupa scan juga, karena dibutuhkan sebagai salah satu dokumen yang harus diunggah saat daftar CPNS 2019 online.

Ijazah dan Transkrip Nilai Asli

Jika tidak ada Ijazah atau Transkrip Nilai yang asli maka bisa berupa fotokopi, hanya saja harus dilegalisir terlebih dahulu. Scan dalam bentuk PDF ya.

SK Akreditasi BAN-PT

Selanjutnya, dokumen yang dibutuhkan untuk mengisi lowongan CPNS 2019 di Kementerian Pertahanan adalah Surat Keterangan Akreditasi BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi).

STR (Surat Tanda Registrasi)

STR ini diperlukan bagi Anda tenaga kesehatan yang ingin mendaftar CPNS 2019 di Kementerian Pertahanan.

Dokumen Tambahan Lainnya

Bagi yang ingin mengisi lowongan CPNS 2019 di Kementerian Pertahanan formasi Tenaga Pengamanan Siber, maka lampirkan sertifikat keahlian dalam bentuk PDF ukurannya tak boleh lebih dari 800 kb.

Begitupun dengan penyandang Disabilitas, diperlukan surat keterangan dokter terkait jenis atau tingkat disabilitasnya. Surat Keterangan ini diunggah dalam bentuk PDF dengan ukuran tak lebih dari 300 Kb.

Itulah dokumen yang harus disiapkan oleh para pendaftar CPNS 2019 di Kementerian Pertahanan. Pendaftarannya akan dibuka mulai 11 November 2019.

Tahapan Seleksi Lowongan CPNS 2019 di Kementerian Pertahanan

Anda bisa mengunggah semua dokumen persyaratan pada pukul 13.00 WIB pada tanggal 11 November 2019. Batas waktunya sampai 20 November 2019 pukul 23.59 WIB.

Apabila dinyatakan lulus administrasi, pelamar bisa mencetak kartu peserta ujian melalui situs SSCASN BKN GO ID.

Tahapan selanjutnya, setelah seleksi administrasi adalah seleksi SKD (Seleksi Kompetisi Dasar) dengan menggunakan CAT (Computer Assisted Tes).

Usai SKD, maka ada Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang terdiri dari SKB Jabatan oleh BKN dan SKB Instansi oleh Unit Organisasi. SKB ini termasuk juga tes kesehatan, tes psikologi, tes mental idiologi, dan tes kesegaran jasmani.

Bagaimana tertarik mengisi lowongan CPNS 2019 di Kementerian Pertahanan? Jika ya, persiapkan dokumennya dari sekarang ya. (Ndu/R7/HR-Online)

Loading...