Lulus Tes Komputer, 2 Kepala Dusun di Ciamis Ini Akhirnya Dilantik

Kepala Dusun di Ciamis
Pelantikan Kepala Dusun di Desa Gereba, Kecamatan Cipaku, Kabubpaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (13/11/2019). Foto: Edji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Dua Kepala Dusun di Ciamis, tepatnya di Desa Gereba, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis akhirnya dilantik setelah sebelumnya lulus dalam seleksi Pilkadus beberapa waktu lalu.

Adalah Agung Ginanjar dan Agus Ganda yang dilantik dan diambil sumpahnya oleh Kepala Desa Icih Hendarsih, sebagai kepala Dusun di Gedung Olahraga Desa Geraba, Rabu (13/11/2019).

Agung Ginanjar terpilih sebagai Kepala Dusun Gereba, sementara Agus Ganda terpilih sebagai Kepala Dusun Ciawitali. Keduanya merupakan calon Kadus yang dinyatakan lulus dalam seleksi Pilkadus lalu.

Proses seleksi Pilkadus yang cukup ketat sempat menarik perhatian warga net. Pasalnya Panitia Pemilihan mengadakan berbagai tes untuk para calon Kadus, diantaranya tes komputer dan tes keagamaan.

Berita Terkait: Pemilihan Kepala Dusun di Ciamis, Calon Kadus Dites Komputer

Icih Hendarsih, Kepala Desa Gereba mengatakan, pengambilan sumpah dan dilantiknya dua Kepala Dusun di desanya merupakan bentuk kepercayaan, kehormatan dan amanat Undang-undang.

“Pelantikan dan pengambilan sumpah hendaklah dijadikan momentum sekaligus dimaknai sebagai titik awal yang baik, untuk turut serta bertanggungjawab dalam penyelenggaraan Pemerintah Desa. Serta memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ucap Icih dalam sambutannya.

Lanjut Icih, setelah diambil sumpah dan dilantik, Kepala Dusun terpilih harus segera menyesuaikan diri dengan tugas-tugasnya sebagai kepala Dusun.

“Pelajari, pahami dan laksanakan semua peraturan perundang-undangan yang mengatur desa, terutama yang berkaitan dengan Tupoksinya Kepala Dusun,” katanya.

Icih menegaskan, Kepala Dusun yang baru dilantik diharapkan dapat melaksanakan Tupoksinya dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya.

“Sebagai orang yang dituakan di dusunnya masing-masing, harus bisa menjadi teladan baik dalam bersikap maupun bertindak,” tegasnya.

Icih menambahkan, agar kedua Kepala Dusun terpilih dapat melaksanakan konsolidasi serta menjalin kerja sama kemitraan dengan BPD dan semua elemen masyarakat.

“Sebab, sebagai Aparatur pemerintah Desa, Kepala Dusun punya kewajiban harus mengabdi kepada masyarakat bangsa dan negara,” pungkasnya. (Edji/R7/HR-Online)

Loading...