Senin, November 29, 2021
BerandaBerita TerbaruManfaat Berjalan Nyeker untuk Kesehatan, Salah Satunya Hilangkan Stres

Manfaat Berjalan Nyeker untuk Kesehatan, Salah Satunya Hilangkan Stres

Manfaat berjalan nyeker untuk kesehatan sudah dikenal sejak zaman nenek moyang kita dulu. Namun, berkembangnya zaman sangat berpengaruh pada cara kita berjalan, sehingga banyak yang tidak menyadari akan manfaat berjalan nyeker untuk kesehatan.

Kini, jarang sekali terlihat orang berjalan tanpa alas kaki alias nyeker di jalan-jalan beton maupun aspal. Padahal, zaman dulu nenek moyang kita selalu berjalan nyeker di atas tanah.

Karena saat ini kondisi peradabannya sudah jauh berbeda, sehingga ketika kita ada kesempatan untuk berjalan di kawasan terbuka hijau, coba lepaskan alas kaki kita dan kita pun akan merasakan manfaat berjalan nyeker untuk kesehatan tubuh.

Dirangkum HR Online dari berbagai sumber, Senin (25/11/2019), ternyata ada 11 manfaat yang bisa kita dapatkan dengan berjalan tanpa alas kaki untuk menjaga agar tubuh tetap sehat. Berikut ini ulasannya;

11 Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki

Menjaga Kesehatan Kaki

Manfaat berjalan nyeker untuk kesehatan yang pertama adalah menjaga agar kaki kita selalu sehat. Karena, berjalan tidak menggunakan alas kaki merupakan olahraga yang sangat baik bagi kaki kita.

Sebab, berjalan nyeker bisa memperkuat sekaligus meregangkan otot-otot yang kaku, ligamen dan tendon pada bagian pergelangan kaki dan juga betis. Selain itu, sangat bagus pula untuk mencegah ketegangan lutut, cedera, dan masalah kesehatan punggung.

Berjalan nyeker juga bisa membantu menjaga agar postur tubuh tetap tegak, mengurangi risiko munculnya kapalan dan rasa kaku di bagian telapak kaki, kekuatan fleksor meningkat dan bermanfaat buat mereka pemilik kaki datar.

Melancarkan Aliran Darah

Saat ini penyakit jantung sudah menghantui banyak orang. Mereka yang menderita penyakit tersebut sangat disarankan untuk rutin berjalan tanpa alas kaki guna melancarkan aliran darah.

Dengan begitu, mereka akan merasakan manfaat berjalan nyeker untuk kesehatan jantungnya, sehingga hidupnya pun akan semakin berkualitas.

Detoksifikasi

Tanah alami memiliki muatan ion negatif yang sangat berperan dalam proses membuang racun dari tubuh, mengurangi efek ketika terjadi peradangan, irama fisiologis, serta sinkronisasi siklus hormonal, sekaligus untuk menenangkan pikiran. Jadi, mulai sekarang jangan ragu-ragu untuk melepas alas kaki ketika main di pantai.

Menyeimbangkan Energi Dalam Tubuh

Berikutnya, manfaat berjalan nyeker untuk kesehatan yaitu bisa membantu menyeimbangkan energi yang ada di dalam tubuh. Karena, saat kekuatan dalam tubuh seimbang, maka kita pun bisa merasakan kedamaian.

Menghilangkan Stres dan Meningkatkan Mood

Berjalan tanpa menggunakan alas kaki juga dapat membantu mengurangi risiko depresi atau kecemasan berlebihan. Ketika berjalan di atas bebatuan, kita akan merasakan adanya stimulasi dari otot kaki.

Hal itulah yang mampu meredakan stres, sekaligus dapat menyegarkan pikiran kita dari hal-hal negatif. Dengan begitu, maka berjalan nyeker selain baik untuk fisik, juga bagus untuk ketenangan pikiran.  

Membuat Otot Kaki Lebih Rileks

Menggunakan sepatu yang berlebihan atau dalam jangka waktu lama akan membuat kaki terasa lelah, dan hal ini merupakan salah satu akibat dari ketidaksempurnaan pada bentuk sepatu untuk kaki kita.   

Rasa lelah di kaki terjadi akibat gerak otot-otot kaki yang tidak leluasa. Sebab, menggunakan sepatu dalam waktu lama akan membuat kaki kita cegera. Untuk itu, coba berjalan dengan kaki telanjang supaya otot-otot bisa lebih rileks.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Sebuah studi mengungkap, berjalan tanpa menggunakan alas kaki dapat memengaruhi proses fisiologis, serta mampu tingkatkan relaksasi.

Selain itu, bagi mereka yang bersentuhan secara langsung dengan tanah juga punya kualitas tidur malam yang baik dibanding dengan mereka yang tidak berjalan nyeker secara berkala.  

Menyembuhkan Insomnia

Manfaat berjalan nyeker untuk kesehatan, termasuk bisa menyembuhkan insomnia. Berjalan-jalan di rerumputan atau tanah dengan kaki telanjang bisa membuat kualitas tidur meningkat, dan meminimalisir kadar kortisol.

Mempercepat Proses Penyembuhan Tubuh

Berjalan nyeker juga akan mempercepat proses penyembuhan di dalam tubuh, dan mekanise perbaikan pada jaringan tubuh dapat bekerja secara baik. Maka, cobalah berjalan tanpa menggunakan alas kaki dan dapatkan manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Membantu Turunkan Berat Badan

Manfaat berjalan kaki bisa membantu dalam proses menurunkan berat badan bagi mereka yang mengalami obesitas. Berjalan-jalan akan terasa lebih menyenangkan saat kita melakukannya di atas tanah atau rumput tanpa menggunakan alas kaki.   

Mengasah Kepekaan

Ternyata berjalan nyeker juga dapat mengasah kepekaan, karena dengan berjalan tanpa memakai alas kaki kita akan selalu memperhatikan medan yang akan dipijak, seperti menghindari daerah yang kasar. (Eva/R3/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru