Manfaat Bermain Catur Ini Jarang Diketahui Lho!

Manfaat Bermain Catur

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Siapa sih yang tidak pernah merasakan manfaat bermain catur? Permainan catur sering diperlombakan oleh masyarakat untuk menguji seberapa bagus taktik yang dimiliki untuk memenangkan pertandingannya.

Permainan catur juga sering dimanfaatkan masyarakat untuk mengisi waktu luang mereka, bahkan juga dijadikan sebuah hobi. Tidak hanya itu, ternyata permainan ini memiliki banyak manfaat. Berikut ini manfaat bermain catur;

Menyembuhkan Penyakit Stroke

Selain sebagai hobi, catur juga dapat bermanfaat membantu menyembuhkan penyakit stroke. Sebab, catur mampu mengembangkan motorik seorang penderita stroke.

Gerakan bidik alur permainan catur sangat membantu memulihkan gerakan. Selain itu, strategi yang dibuat dalam permainan catur juga mampu melatih otak.

Sehingga perpaduan gerakan dan otak dapat secara cepat memulihan stroke.

Meningkatkan Kreativitas

Manfaat bermain catur selanjutnya yaitu dapat meningkatkan kreatifitas Anda dalam menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi.

Mengapa demikian? Sebab dalam bermain catur Anda akan dilatih untuk lebih kreatif menyusun starategi, untuk mendapatkan jalan keluar dalam sebuah permainan.

Sehingga hal tersebut berpengaruh terhadap kehidupan sehari-hari yang dijalani .

Mampu Mencegah Alzheimer

Alzheimer merupakan penurunan daya ingat, daya berpikir, berbicara serta perubahan tingkah laku.

Pengidap penyakit tersebut biasanya akan mudah lupa dengan berbagai macam nama benda. Lupa akan pengalaman yang telah dialami. Bahkan juga lupa dengan pembicaraan yang baru saja diperbincangkan.

Oleh sebab itu, dengan bermain catur ini Anda dapat melatih daya ingat, pikiran dan percakapan.

Mampu Meningkatkan IQ

Banyak orang yang mengatakan bahwa permainan catur ini adalah permainan orang-orang yang cerdas. Namun juga ada yang mengatakan bahwa dengan bermain catur orang akan menjadi pintar.

Menurut beberapa peneliti, bermain catur secara rutin kurang lebih selama 4 bulan akan melatih peningkatan IQ pada otak Anda. Sebab, otak akan terbiasa melihat dan menghitung strategi pemecahan.

Melatih Konsentrasi

Saat bermain catur, Anda akan membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Menyusun taktik dan strategi setiap langkah bidak catur untuk berpindah tempat.

Sekali saja Anda salah dalam melangkahkan bidak, maka akan berakibat fatal. Sehingga, permainan catur ini dapat melatih konsentrasi otak Anda dalam kehidupan sehari-hari.

Melatih Kesabaran

Manfaat bermain catur ini juga dapat melatih kesabaran diri Anda. Mengapa tidak? Sebab dalam bermain catur membutuhkan waktu yang tidak lama dan tidak sedikit.

Namun, sebenarnya waktu yang dibutuhkan dalam permainan catur tergantung pada seberapa cepatkah taktik dan strategi yang digunakan untuk menyelesaikan masalah.

Oleh karena itu, permainan ini sangat menguji kesabaran diri Anda.

Itulah beberapa manfaat bermain catur yang belum banyak diketahui oleh masyarakat. Ini dapat Anda jadikan sebagai pedoman, mengingat betapa banyaknya manfaat yang dari permainan ini.

Permainan ini juga sangat baik dimainkan oleh anak-anak. Sebab bermain catur dapat berdampak positif bagi anak untuk melatih daya pikir dan kekuatan otaknya. (Deni/R4/HR-Online)