Manfaat Biji Mangga, Atasi Penyakit Diare sampai Kanker

Manfaat Biji Mangga, Atasi Penyakit Diare sampai Kanker

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),- Manfaat biji mangga ternyata banyak juga.  Selama ini, mungkin kebanyakan orang tidak mengetahui manfaat yang terkandung. Biasanya, mereka lebih memilih membuangnya ketimbang memanfaatkannya.

Jika dipahami lebih dalam lagi, ternyata biji mangga masih memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Biji mangga sudah dijadikan objek penelitian para dokter.

Merekapun mengungkap kandungan yang ada dalam biji mangga. Apa sajakah manfaat biji mangga yang baik bagi kesehatan?

Menyembuhkan Penyakit Diare

Diare seringkali datang menyerang seseorang jika mengonsumsi makanan yang tidak baik, sehingga perut menjadi sakit. Hingga saat ini telah banyak obat-obatan yang diklaim mampu mengatasi diare.

Akan tetapi tahukah Anda bahwa biji mangga juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit diare. Tentunya biji dari buah mangga tidak langsung bisa dikonsumsi, karena harus melewati beberapa proses pengolahan.

Mengontrol Penyakit Diabetes

Sulit untuk dipercaya jika biji mangga dapat digunakan sebagai pengontrol penyakit diabetes. Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa ekstrak etanol dari biji mangga memiliki sifat antidiabetik yang begitu efektif dalam mengendalikan penyakit diabetes.

Bukan rahasia lagi jika beberapa orang yang telah menguji dan memanfaatkan biji dari buah mangga ini untuk mengatasi penyakit diabetes yang mereka derita.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Selain untuk mengontrok diabetes, ternyata manfaat biji mangga juga dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Biji mangga masuk dalam daftar penelitian dengan manfaat yang ampuh untuk menstabilkan serta menurunkan kadar kolesterol. Hal tersebut dikarenakan biji mangga memiliki antioksidan polifenol yang tinggi.

Meringankan Peradangan

Senyawa fenolik yang terdapat pada buah mangga dapat bertanggung jawab atas antioksidan serta anti inflamasi.

Sedangkan sifat anti inflamasi disini dapat meringankan gejala peradangan yang berkaitan langsung dengan sistem pencernaan tubuh.

Selain itu, biji mangga juga dapat meringankan penyakit kronis lainnya yang seringkali terdapat pada tubuh.

Berat Badan Menurun

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan berat badan, mungkin manfaat biji mangga yang satu ini dapat Anda gunakan untuk mengatasi berat badan.

Dalam biji mangga, terdapat kandungan yang dapat meningkatkan daya tahan glukosa serta dapat mengurangi obesitas.

Mengonsumsi secara rutin biji mangga yang telah diolah dapat menurunkan berat badan secara signifikan.

Mencegah Penyakit Kanker

Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa biji mangga dapat mencegah penyakit kanker dengan cukup baik.

Biji mangga yang mengandung antioksidan, fitokimia dan juga asam galat memiliki manfaat sebagai pencegah kanker payudara.

Efek antiproliferatif menunjukkan hasil yang positif bahwa ekstrak mangga dapat digunakan dalam hal kesehatan, termasuk kanker.

Setelah mengetahui manfaat biji manga, apakah Anda akan membuang begitu saja biji mangga yang tidak digunakan? Banyak sekali manfaat yang terkandung dalam biji mangga dan baik untuk dikonsumsi bagi orang-orang yang memiliki penyakit sebagaimana telah disebutkan. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...