Manfaat Buah Belimbing Bintang, Si Star Fruit yang Kaya Nutrisi

manfaat buah belimbing bintang
Buah belimbing bintang. Foto: Istimewa

Tahukah anda jika manfaat buah belimbing bintang ternyata sehebat julukannya sebagai star fruit. Buah belimbing bukan saja enak dibuat rujak, namun juga kaya akan serat dan sumber vitamin C. Sesuai dengan bentuknya, belimbing ini memang populer dengan sebutan star fruit.

Buah ini banyak terdapat di Asia dan Indonesia. Saat muda, buah ini berwarna hijau dan akan berubah kuning setelah matang.

Buah belimbing selain enak dimakan langsung dalam bentuk segar, juga bisa dijadikan bahan untuk es buah, dibuat rujak atau manisan, ataupun untuk dibuat minuman jus.

Beragam Manfaat Buah Belimbing Bintang

Buah belimbing bintang juga disebut belimbing manis, terutama untuk membedakan dengan belimbing wuluh yang asam. Nah, berikut ini beragam manfaat buah belimbing bintang untuk kesehatan.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Satu buah belimbing ini memberikan 50 persen kebutuhan tubuh terhadap vitamin C. Tingginya kandungan ini sangat berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menangkal penyakit, dan menguatkan tulang dan otot.

Mencegah dan Menyembuhkan Kanker

Belimbung juga kaya dengan kuersetin, epicatechin, asam galat dan flavonoid polifenol yang bersifat antioksidan. Karenanya manfaat buah belimbing bintang ampuh dalam mengatasi kanker, khususnya kanker hati. Zat ini juga ampuh menangkal radikal bebas.

Mengontrol Tekanan Darah

Minum jus buah ini juga memberikan khasiat buah belimbing untuk darah tinggi. Nutrisinya berkhasiat dalam mengontrol dan menurunkan tekanan darah tinggi dan menekan hipertensi.

Mengontrol Gula Darah dan Kolesterol

Manfaat buah belimbing bintang juga karena buah ini mengandung gula alami yang aman untuk dikonsumsi, termasuk oleh penderita diabetes. Buah ini juga berkhasiat mengontrol dan menurunkan kadar kolesterol dan gula darah.

Baik untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Kandungan vitamin C dan seratnya yang tinggi dalam buah ini membuatnya baik untuk menu diet menurunkan berat badan. Apalagi buah ini juga ampuh meningkatkan metabolisme tubuh.

Melancarkan Pencernaan

Manfaat buah belimbing bintang selain kaya serat juga mengandung mineral penting yang berguna untuk melancarkan pencernaan. Apalagi jenis serat belimbing ini juga berguna meningkatkan penyerapan nutrisi makanan oleh tubuh.

Menyembuhkan Peradangan

Belimbing juga mengandung gula alami yang berguna untuk mengatasi gangguan peradangan. Anda bisa makan buah segar ini maupun dibuat jus untuk mengatasi peradangan.

Menyembuhkan Sakit Maag

Kandungan terpenoid, flavonoid dan lendirdalam buah belimbing bintang bermanfaat dalam melindungi lambung dan mencegah kerusakan gastritis. Minum jus buah ini juga bisa meredakan sakit maag.

Meningkatkan Kesehatan Tulang Dan Gigi

Manfaat buah belimbing manis juga karena kandungan kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, dan seng yang baik untuk meningkatkan kepadatan tulang dan gigi. Penderita osteoporosis dan radang sendi bisa mencoba makan buah ini.

Meningkatkan Produksi dan Kualitas ASI

Buah asam manis ini ternyata juga baik dikonsumsi ibu yang sedang menyusui. Hal ini karena nutrisi buah ini berguna untuk merangsang produksi maupun meningkatkan kualitas ASI.

Membuat Kulit Sehat Dan Cantik

Kandungan antioksidan flavonoid dalam buah ini bukan saja ampuh menangkal radikal bebas namun juga berguna untuk membuat kulit tubuh dan wajah terlihat cerah dan cantik. Gunakan masker belimbing untuk perawatan wajah.

Kandungan Nutrisi dan Bahaya Buah Belimbing

Besarnya manfaat buah belimbing bintang karena kandungan nutrisinya yang juga cukup tinggi dan beragam. Star fruit juga dikenal sebagai sumber vitamin C karena memberikan separo dari kebutuhan harian tubuh.

Selain itu, dalam satu buah belimbing manis ini terkandung protein sebanyak 1 gram, serat (3 gram), vitamin B5, magnesium, folat, kalium, dan tembaga. Buah ini juga dikenal rendah kalori.

Meskipun banyak kandungan nutrisi yang penting untuk kesehatan, namun ada bahaya buah belimbing khususnya untuk memiliki gangguan ginjal. Hal ini karena belimbing peka terhadap racun yang tak mampu disaring ginjal.

Demikian berbagai manfaat buah belimbing bintang yang kaya vitamin C dan mineral penting untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda. (R9/HR-Online)

Loading...