Manfaat Buah Kedondong untuk Diet, Jantung Hingga Kontrol Kolesterol

manfaat buah kedondong
Buang Kedondong. Foto: Istimewa

Kebanyakan kita mengenal manfaat buah kedondong untuk dijadikan rujak atau manisan. Rasa buah kedondong yang asam manis sangat enak dipadu dengan gula merah pedas. Banyak pula wanita hamil yang mengidam buah ini. Tapi tahukah Anda bahwa buah kedondong ini baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh.

Kedondong (Spondias dulcis) adalah sejenis pohon besar khas daerah tropis. Ketinggian tumbuhan ini bisa mencapai 20 meter dan umumnya sangat menyukai dataran rendah sebagai habitatnya.

Buah kedondong memiliki bentuk bulat lonjong sekepalan tangan dengan warna kulit hijau. Namun saat matang kulitnya berubah menjadi kuning. Bentuk biji agak unik dengan banyak serabut yang keras.

Buah kedondong juga dikenal dengan nama dondong. Ada banyak jenis atau varietas tanaman, termasuk yang berat buahnya bisa mencapai berat 1 kg per buahnya. Jenis ini dikenal sebagai kedondong raksasa atau kedondong Karimunjawa.

Manfaat Buah Kedondong untuk Kesehatan

Selain dimakan langsung atau dirujak, buah kedondong juga telah dibuat menjadi aneka produk makanan seperti dodol atau selai. Berikut ini beragam manfaat buah kedondong untuk kesehatan karena kandungan nutrisinya.

Meningkatkan Vitalitas

Buah kedondong dikenal sangat kaya dengan kandungan gula sukrosa yang berguna untuk menambah energi dan meningkatkan vitalitas tubuh. Jika tubuh merasa lemas dan tak bersemangat, makan saja buah ini.

Mencegah Dehidrasi

Buah kedondong juga diketahui kaya dengan kandungan seratnya dan airnya. Ini sangat berguna untuk melancarkan sekaligus mengatasi gangguan pencernaan. Makan buah ini juga baik untuk mencegah dehidrasi.

Bersifat Antioksidan dan Meningkatkan Imunitas

Manfaat buah kedondong selanjutnya adalah kandungan vitamin C yang ampuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Buah ini juga dikenal dengan fungsi antioksidan terbaik dalam menangkal radikal bebas penyebab penyakit.

Mengobati Luka

Buah kedondong diketahui kaya vitamin A dan zat aktif yang sangat berguna untuk meredakan dan mengobati luka borok atau akibat terbakar. Konsumsi buah ini untuk penyembuhan luka dari dalam.

Menurunkan Berat Badan

Selain kaya serat, buah kedondong juga rendah lemak. Termasuk kandungan karbohidrat dan proteinnya. Besarnya manfaat kedondong untuk diet karena bisa mempercepat menurunkan berat badan dan perlu masuk dalam menu diet anda.

Menyehatkan Jantung

Manfaat buah kedondong juga diketahui dari kandungan gizinya yang lengkap dan berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung. Makan buah ini secara berkala sangat baik untuk mencegah penyakit jantung.

Mengendalikan Kadar Kolesterol

Kandungan vitamin C dan antioksidan buah kedondong juga bermanfaat dalam meningkatkan metabolisme tubuh sekaligus mengendalikan dan mengontrol kadar kolesterol. Disarankan makan buah ini sehabis mengkonsumsi makanan yang berlemak seperti daging. Tentu akan membantu mengontrol kadar kolesterol.

Meredakan Batuk

Manfaat buah kedondong lainnya adalah untuk meredakan dan mengobati batuk. Buah ini biasanya dihaluskan lalu ditambah garam sedikit untuk diminum dua kali sehari untuk menyembuhkan batuk.

Mengatasi Anemia

Buah kedondong banyak mengandung zat besi yang baik dalam meningkatkan jumlah sel darah merah dan mengatasi anemia. Karena itulah buah ini sangat baik dikonsumsi ibu hamil dan penderita anemia.

Menyehatkan Tulang dan Gigi

Buah ini juga banyak mengandung fosfor dan kalsium yang baik untuk meningkatkan kesehatan tulang dan gigi. Makan buah ini secara rutin sangat disarankan untuk menguatkan tulang dan gigi.

Efek Samping Buah Kedondong

Selain manfaat buah kedondong untuk kesehatan yang sangat banyak, namun mengkonsumsi buah ini juga perlu dibatasi, karena bisa memberikan dampak buruk. Khususnya untuk ibu yang sedang hamil.

Rasa asam pada buah kedondong tentunya mengindikasikan tingginya kandungan asam pada buah ini. Namun tingkat keasaman buah ini akan makin menurun seiring tingkat kematangan buahnya.

Makan kedondong muda yang asam bisa berbahaya untuk ibu hamil, terutama jika porsi atau jumlahnya berlebihan. Selain akan bisa menyebabkan gangguan pencernaan, juga dapat menimbulkan rasa panas pada perut.

Kondisi ini tentunya dapat berisiko terhadap janin yang sedang dikandungnya. Jika kondisinya lebih parah tentunya bisa berisiko terjadinya keguguran. Karena itulah ibu hamil yang makan buah kedondong muda agar membatasi jumlahnya.

Demikianlah beragam manfaat buah kedondong untuk kesehatan yang lumayan banyak. Karena itu mengkonsumsi buah ini secara rutin tentunya akan sangat baik untuk tubuh, namun asal tidak berlebihan. (R9/HR-Online)

Loading...