Hebatnya Manfaat Buah Mangga Mulai Cegah Kanker Hingga Atasi Asma

manfaat buah mangga
Buah mangga. Foto: Istimewa

Dibalik rasanya yang manis, manfaat buah mangga ternyata sangat besar. Buah ini pun baik untuk kesehatan maupun untuk perawatan kecantikan. Apalagi buah mangga muda yang asam identik dengan wanita yang ngidam.

Mangga merupakan buah tropis asli yang berasal dari Asia Tenggara dan Indonesia. Ada banyak sekali jenis mangga yang dikenal masyarakat, baik yang berkulit hijau ataupun kuning.

Buah mangga memiliki cita rasa yang manis dengan tekstur daging buah yang lembut. Buah ini sangat enak dimakan langsung, apalagi yang matang dari pohonnya. Mangga juga enak dibuat es buah, di jus, atau dibuat manisan.

Manfaat Buah Mangga yang Wajib Anda Tahu

Ada banyak manfaat buah mangga untuk kesehatan karena kandungan nutrisinya yang tinggi. Berikut ini keutamaan dan khasiat buah mangga yang belum banyak diketahui.

Melawan dan Mencegah Kanker

Buah mangga kaya dengan polifenol dan beta-karoten. Penelitian Harvard School of Public Health Amerika Serikat, menemukan manfaat mengonsumsi beta-karoten berkhasiat menangkal kanker prostat dan kanker usus besar.

Riset lain juga telah menguji efek polifenol dalam melawan kanker. Hasilnya,  ternyata mineral ini efektif dalam menekan kanker, khususnya kanker payudara dan kanker usus besar.

Menekan Risiko Penyakit Jantung

Manfaat buah mangga juga karena kandungan potasium, vitamin, dan serat yang ampuh dalam menekan risiko sakit jantung dan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Karena itu makan buah mangga secara rutin sangat disarankan.

Mengatasi Penyakit Asma

Kandungan zat aktif dan beta-karoten dalam mangga juga berkhasiat dalam menekan risiko sekaligus mengatasi penyakit asma. Jika anda menderita asma disarankan asupan kombinasi mangga, pepaya, dan wortel.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan yang baik dan lancar akan menjauhkan tubuh dari penyakit. Buah mangga yang kaya serat dan air berkhasiat mencegah konstipasi atau sembelit dan melancarkan pencernaan tubuh.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Manfaat buah mangga juga untuk menangkal kerusakan mata. Hal ini karena kandungan zat antioksidan zeaxanthin yang ampuh dalam mencegah degenerasi makula yang umumnya dialami orang yang telah berusia lanjut.

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Mangga yang kaya dengan vitamin K berguna meningkatkan penyerapan kalsium tubuh. Hal ini tentunya penting untuk meningkatkan kesehatan tulang terutama untuk orang yang telah beranjak tua.

Meningkatkan Rambut Sehat

Buah mangga yang kaya beragam jenis vitamin juga berguna untuk menjaga kesehatan rambut. Mengkonsumsi buah mangga bermanfaat untuk membuat rambut selalu sehat.

Mencerahkan dan Mengencangkan Wajah

Manfaat buah mangga untuk wajah karena kandungan vitamin A dan C yang tinggi. Vitamin A berguna mendukung produksi sebum dan kolagen yang berfungsi untuk melembabkan dan mengencangkan kulit.

Kandungan Buah Mangga

Mangga merupakan buah yang dikenal rendah kalori, tapi sangat tinggi gizinya. Ada sangat banyak kandungan buah mangga untuk kesehatan dan kecantikan. Bahkan ada 20 jenis vitamin buah mangga.

Kandungan nutrisi dalam 165 gram buah mangga terdapat 99 kalori, karbohidrat sebanyak 24,7 gram, protein (1,4 gram),lemak (0,6 gram), dan kandungan serat (2,6 gram).

Untuk vitamin buah mangga diantaranya vitamin A, B1, B2, B5, B6, B9 (folat), C,E, dan vitamin K. Rendahnya kandungan lemak maupun serat yang tinggi tentunya memberikan manfaat buah mangga untuk diet.

Mangga juga kaya mineral, seperti potasium, kalsium, tembaga, magnesium, mangan, niasin, fosfor, selenium, asam pantotenik, dan zat besi. Bahkan buah ini kaya zat antioksidan polifenol yang sangat baik untuk tubuh.

Terdapat 12 Jenis Polifenol dalam Buah Mangga

Yang menarik, ada 12 jenis polifenol dalam buah mangga. Termasuk jenis antosianin, kaempferol, katekin, quercetin, asam benzoat, rhamnetin, dan mangiferin.

Mangiferin dalam buah mangga termasuk jenis polifenol yang paling kuat. Sejumlah penelitian menemukan khasiat mangiferin yang ampuh menangkal kerusakan sel akibat kanker dan diabetes dari radikal bebas.

Kandungan zat antioksidan yang tinggi dalam mangga sangat efektif melindungi sel-sel tubuh dari polutan dan radikal bebas. Makan buah mangga secara rutin sangat berguna melindungi kulit agar selalu sehat dan cantik.

Demikianlah beragam manfaat buah mangga yang belum banyak diketahui. Namun, karena mangga juga cukup tinggi kandungan gulanya, sebaiknya porsi konsumsinya dibatasi tidak lebih dari 2 buah sehari. (R9/HR-Online)

Loading...