Manfaat Buah Salak dan Bijinya Ampuh Atasi Diare Hingga Cegah Diabetes

manfaat buah salak
Buah salak. Foto: Istimewa

Dibalik rasanya yang sepat manis tersimpan banyak manfaat buah salak untuk kesehatan. Bahkan biji buah salak yang keras juga bisa direbus untuk diminum airnya karena khasiatnya yang banyak.

Buah salak (Salacca zalacca) memiliki bentuk yang unik dengan kulit buah bersisik yang tajam. Bahkan, orang barat menyebut buah ini dengan sebutan buah ular, karena bentuk kulit dan buahnya yang seperti kulit ular.

Kulit buah salak yang tajam membuat tak sedikit orang yang kesulitan untuk mengupasnya. Bahkan artis sekelas Nia Ramadhani saja takut mengupasnya. Mungkin anda juga pernah tertusuk saat mengupas kulitnya.

Manfaat buah salak juga sangat baik untuk tubuh karena kandungan nutrisinya yang sangat banyak. Buah salak kaya dengan kandungan karbohidrat, protein, vitamin A, B2, vitamin C, zat besi, kalsium, dan beta karoten.

Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan

Rasa manis yang agak asam sepat mengindikasikan kandungan antioksidan yang tinggi. Nutrisi ini berkhasiat untuk menangkal radikal bebas dan menyembuhkan berbagai penyakit. Berikut beragam manfaat buah salak untuk kesehatan lainnya.

Menyembuhkan Diare

Para orang tua sering memberikan buah salak saat ada anak atau anggota keluarga yang diare atau mengalami gangguan buang air besar (BAB). Hanya dengan makan beberapa buah saja, diare langsung mampet.

Khasiat buah salak ini karena sifat antioksidan dan asamnya yang mampu menetralisir penyebab sakit perut tersebut. Apalagi buah ini juga diketahui kaya dengan zat aktif yang berkhasiat.

Meningkatkan Kecerdasan Otak

Buah salak juga banyak mengandung potasium, beta-karoten, dan pektin yang berguna untuk meningkatkan dan melancarkan aliran darah ke otak. Karena itulah makan buah ini secara rutin berguna meningkatkan daya ingat otak.

Karena manfaat buah salak yang dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan otak membuat buah ini populer dengan sebutan memori fruit. Buah ini juga berkhasiat meredakan stres dan menekan risiko penyakit neurodegenaratif.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kandungan kalium dalam salak juga berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Sifat antioksidan buah ini juga berguna meredakan ketegangan arteri atau pembuluh darah, sehingga baik untuk kesehatan sistem kardiovaskular.

Begitu juga kandungan potasium-nya bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan jantung. Makan salak setelah mengonsumsi makanan berminyak juga berguna untuk menetralkan kadar koleterol tubuh.

Menyehatkan Mata

Manfaat buah salak juga dari kandungan vitamin A yang tinggi. Vitamin ini sangat berguna untuk meningkatkan kesehatan mata dan mengatasi gangguan penglihatan, termasuk rabun jauh.

Untuk memberikan khasiat yang lebih baik untuk mata, ada baiknya membuat jus dari campuran buah salak dengan wortel atau tomat. Biar lebih enak dan berkhasiat, tambahkan madu.

Mencegah Diabetes

Buah salak juga diketahui mengandung pterostilbene yang berguna dalam menurunkan dan mengendalikan glukosa darah. Nutrisi ini juga berfungsi mengontrol kadar gula dalam darah dan mencegah penyakit diabetes.

Khasiat Biji Buah Salak yang Tak Kalah Ampuhnya

Selain manfaat buah salak, bijinya yang keras juga berkhasiat untuk membantu menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Selama ini banyak orang yang membuang bijinya karena dianggap tidak berguna.

Ada beberapa cara mengonsumsi dan mengambil manfaat biji salak. Cara pertama dengan membuatnya menjadi bubuk sehingga mudah diolah, diseduh atau untuk campuran dengan bahan minuman lain.

Cara lainnya adalah dengan merebus biji-biji salak dengan air hingga mendidih dan bijinya menjadi empuk. Setelah itu airnya disaring dan diminum airnya saat masih hangat.

Ada banyak khasiat biji buah salak untuk kesehatan yang telah banyak dijalani masyarakat. Berikut ini khasiatnya:

  • Melancarkan pencernaan tubuh
  • Untuk melancarkan peredaran darah
  • Meningkatkan kekuatan otot tubuh
  • Bisa menjadi sumber energi untuk tubuh
  • Meningkatkan memori dan kecerdasan otak
  • Meningkatkan stamina tubuh
  • Meningkatkan kesehatan usus
  • Mencegah dan menangkal hipertensi
  • Untuk meringankan sakit asam urat
  • Meningkatkan kesehatan lambung

Demikianlah berbagai manfaat buah salak maupun khasiat bijinya yang keras. Dengan mengkonsumsi secara berkala tentunya berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. (R9/HR-Online)

Loading...