Bukan Mistik, Ini Manfaat Bunga Melati bagi Kesehatan Tubuh

manfaat bunga melati
Bunga dan teh melati. Foto: Istimewa

Selama ini manfaat bunga melati lebih sering untuk tabur bunga di tempat pemakaman. Wanginya bunga melati dan warnanya yang putih seakan melambangkan harapan ahli waris terhadap keluarganya yang telah dikubur. Bunga melati merupakan salah satu jenis tanaman yang sangat terkenal.

Bunga dengan bentuk yang indah ini juga sering dirangkai untuk berbagai acara seremonial penting. Melati (Jasminum) merupakan jenis tanaman merambat yang banyak jenisnya. Ada 200 spesies asli melati dari keluarga zaitun (Oleaceae) ini. Yang terkenal diantaranya melati putih (Jasminum sambac) dan melati gambir (Jasminum officinale).

Manfaat bunga melati juga sering digunakan untuk dijadikan minuman, penyedap rasa teh, ataupun untuk penambah rasa makanan. Bunga ini juga sering digunakan untuk aromaterapi atau perawatan kecantikan.

Hal ini karena kandungan dalam bunga melati yang bersifat antibakteri dan antioksidan. Juga ada zat kimia seperti methyl salisilat, benzil acetat dan turunan alkohol seperti benzil alkohol, lynaol, indole, dan Z. Jasmone.

Beragam Manfaat Bunga Melati Untuk Kesehatan

Kandungan bunga melati yang unik membuatnya mengeluarkan bau wangi yang kuat dan dijadikan minyak atau ekstrak bunga melati. Berikut berbagai manfaat bunga melati untuk kesehatan yang sebaiknya anda tahu.

Melancarkan Peredaran Darah

Kandungan kimia dalam bunga melati berkhasiat dalam menghangatkan tubuh dan membuat peredaran darah menjadi lancar. Anda bisa minum teh bunga melati atau dengan menggosokkan minyak melati pada tubuh.

Melembabkan Kulit

Sifat antioksidan dan zat aktif dalam kandungan bunga melati berguna untuk membuat kulit lebih lembab dan pori-pori kulit lebih terbuka. Mengoleskan minyak melati akan membuat kulit lebih sehat dan lebih segar.

Mengatasi Sesak Nafas

Manfaat bunga melati lainnya adalah untuk meredakan dan mengatasi sesak nafas. Minum rebusan air bunga melati secara rutin akan membuat pernafasan lebih lega dan tak lagi merasakan sesak.

Menangkal Kanker

Kandungan zat aktif dalam bunga melati juga bersifat anti-karsinogenik dan anti-virus berguna untuk menangkal penyakit yang disebabkan virus dan menekan risiko kanker. Konsumsi minuman ekstrak melati untuk hasil yang optimal.

Mengontrol Gula Darah dan Kolesterol

Minum teh bunga melati dengan madu sangat baik untuk menyeimbangkan dan mengontrol gula darah dan kolesterol dalam tubuh. Lakukan ini secara teratur terutama untuk mencegah naiknya kelesterol dan gula darah.

Menangkal Stres dan Membuat Tidur Nyeyak

Manfaat bunga melati juga dari bau harumnya yang memiliki efek menenangkan. Jadikan sebagai aroma terapi di kamar agar tidur anda lebih nyaman dan nyenyak. Tidur yang berkualitas berguna untuk tubuh lebih sehat.

Menangkal Penuaan Dini

Kandungan antioksidan ampuh untuk menangkal radikal bebas. Didukung banyaknya zat aktif dalam melati juga baik untuk menangkal penuaan dini dan membuat kulit lebih kencang dan cerah.

Mendukung Program Diet

Bunga melati kaya dengan kandungan antioksidan dan Epigallocatechin Gallate yang ampuh membakar lemak dan menurunkan berat badan. Untuk hasil yang efektif minum campuran teh bunga melati dan teh hijau secara teratur.

Mengatasi Sakit Kepala dan Demam

Nutrisi dan kandungan minyak atsiri juga memberikan manfaat bunga melati dalam meredakan demam sekaligus menyembuhkan sakit kepala. Untuk melakukannya cukup dengan menumbuk segenggam bunga melati lalu menempelkannya pada dahi.

Mengatasi Sakit Mata

Manfaat bunga melati juga ampuh mengatasi berbagai jenis sakit mata seperti belekan, mata merah, ataupun iritasi. Remas atau tumbuk segenggam bunga melati lalu tempelkan di atas kelopak mata sambil memejam beberapa saat.

Menguatkan dan Menyuburkan Rambut

Kandungan zat kimia dalam minyak melati juga berkhasiat untuk menyuburkan dan menguatkan rambut. Anda yang mengalami kebotakan atau rambut rontok bisa mencoba meneteskan rebusan bunga melati di kulit kepala.

Itulah beragam manfaat bunga melati bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Anda bisa mengolahnya menjadi minuman, mengoleskan minyak melati ke tubuh, atau menjadikannya aromaterapi. (R9/HR-Online)

Loading...