Manfaat Daun Bidara, Mulai dari Mitos Pengusir Jin Sampai Berkhasiat untuk Kesehatan

manfaat daun bidara
Daun bidara. Foto: Istimewa

Tahukah anda jika manfaat daun bidara sudah dikenal sejak lama untuk berbagai kebutuhan. Daun bidara merupakan bahan obat tradisional yang sangat familiar bagi masyarakat di pedesaan dan pelosok. Yang menarik, masyarakat kita juga menggunakan daun tanaman ini untuk memandikan mayat.

Bahkan tradisi rukyah atau mengatasi kesurupan juga menggunakan daun ini. Benarkah daun bidara ampuh mengusir jin dan setan?

Namun daun bidara juga kaya dengan kandungan kimianya dari minyaknya. Karena itu tanaman ini juga merupakan herbal utama bagi industri kosmetik dan perawatan kecantikan.

Bidara atau widara (Ziziphus mauritiana) merupakan pohon kecil yang banyak tumbuh di kawasan kering. Tanaman ini populer pula dengan sebutan widara dara, rangga, bukol, atau kalangga.

Masyarakat Arab menyebutnya nabka. Sedangkan dalam bahasa Inggris populer dengan sebutan jujube, Chinese apple atau Indian plum. Kabarnya, mahkota duri pada kepala Jesus Kristus terbuat dari pohon ini.

Kandungan Daun Bidara

Manfaat daun bidara untuk kesehatan karena kandungannya yang lengkap. Dalam 100 gram daun bidara, menurut data Nutrisi USDA, terdapat energi (5,92 kcal), karbohidrat (17 gram), protein (0,8 gram, lemak (0,07 gram), dan air (81,6 gram)

Selain itu juga ada kandungan gula (5,4 gram), serat pangan (0.60 gram), kalsium25,6 mg (3%), fosfor26,8 mg (4%), zat besi, tiamina (vitamin B1), riboflavin (vitamin B2), niasin (vitamin B3).

Melalui proses destilasi bisa dihasilkan minyak daun bidara (Zizyphus spina-christi) yang kaya dengan kandungan kimianya. Seperti metil hexadecanoate, geranyl aseton, hexadecanol, metil octadecanoate, etil octadecanoate, farnesyl aseton C.

Daun yang muda sering dijadikan sayuran, sedangkan yang tua baik untuk pakan ternak. Bisa juga dengan cara membuat teh daun bidara atau direbus untuk diminum airnya sebagai jamu ataupun untuk mandi.

Mitos Daun Bidara Pengusir Jin

Keutamaan manfaat daun bidara ternyata sudah dikenal sejak lama. Bahkan, menurut sejumlah sumber, Rasulullah SAW telah memerintahkan para sahabatnya untuk menggunakan herbal ini untuk memandikan jenazah.

Hal ini karena kandungan mineral dan senyawa kimia dalam minyak daun bidara akan membuat mayat menjadi wangi lebih lama. Sejumlah tradisi masyarakat dalam memandingan jenasah juga menggunakan tanaman ini.

Yang menarik, daun bidara juga banyak dimanfaatkan untuk mengusir jin dan mengatasi kasus-kasus kerasukan setan. Meskipun mungkin sulit diterima akal, namun buktinya masalah bisa diatasi.

Manfaat Daun Bidara dan Cara Menggunakannya

Kandungan nutrisi dan senyawa kimia yang beragam membuat daun bidara sangat berkhasiat untuk kesehatan. Berikut ini, beragam manfaat daun bidara dan cara menggunakannya yang perlu anda tahu.

Menyembuhkan Demam

Kandungan kimia dalam minyak daun bidara efektif untuk meredakan demam dan panas tinggi. Selain dengan minum air rebusannya, anda bisa menggunakannya untuk mandi.

Bersifat Anti-mikroba

Senyawa kimia dalam daun bidara juga bersifat antimokroba dan ampuh dalam membasmi jamur, bakteri, atau patogen lain yang menyerang tubuh.

Mengontrol Gula Darah

Manfaat daun bidara lainnya adalah dalam membantu penderita diabetes. Hal ini karena minum air rebusan daun bidara juga efektif untuk mengontrol dan menurunkan kadar gula darah.

Melebatkan dan Menghitamkan Rambut

Kandungan kimia dan fitokimia dalam bubuk daun bidara sangat efektif untuk digunakan dalam perawatan rambut. Bahkan herbal ini ampuh dalam memanjangkan dan menghitamkan rambut.

Perawatan Kulit dan Mencerahkan Kulit

Penelitian membuktikan ampuhnya air rendaman daun bidara untuk perawatan kulit tubuh dan wajah. Termasuk mengatasi bercak merah dan gangguan kulit akibat paparan sinar ultraviolet dan radikal bebas.

Bersifat Menenangkan dan Mengatasi Depresi

Kandungan mineral dan zat aktif dalam bidara juga bersifat menenangkan dan membuat rileks saraf serta melancarkan aliran darah. Hal ini sangat efektif untuk mengatasi stres dan depresi.

Mencegah Kerusakan DNA

Untuk melindungi sel DNA manusia dari pengaruh buruk radiasi actinic ternyata bisa dilakukan dengan daun bidara. Sejumlah penelitian menemukan bahwa kandungan mineral herbal ini sangat ampuh untuk cegah kerusakan DNA.

Sebenarnya masih ada banyak manfaat daun bidara untuk kesehatan, perawatan kecantikan, maupun mengobati penyakit. Herbal yang kaya zat aktif ini bisa menjadi tanaman obat keluarga yang siap digunakan. (R9/HR-Online)

Loading...