Manfaat Daun Cincau, Lebih Sehat yang Hijau atau Hitam?

manfaat daun cincau
Es cincau hitam dan es cincau hijau. Foto: Istimewa

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui manfaat daun cincau untuk kesehatan. Padahal es cincau termasuk salah satu minuman cukup populer di masyarakat Indonesia. Bahkan, minuman pendingin perut ini selalu dicari orang untuk berbuka puasa saat Ramadhan.

Yaps, berbuka puasa rasanya belum lengkap tanpa meneguk kesegaran minuman es cincau setelah seharian berpuasa. Ada cincau yang berwarna hijau dan ada juga yang hitam, semuanya enak dan sangat nikmat.

Perlu Anda tahu bahwa cincau merupakan bahan yang sangat baik untuk melegakan tenggorokan dan melancarkan pencernaan. Karena itulah makanan ini sangat baik dikonsumsi setelah seharian berpuasa.

Manfaat Daun Cincau untuk Kesehatan

Pernahkah anda merasakan minuman cincau yang tak hanya menghilangkan haus saat kita berbuka puasa, namun juga membuat tenggorokan terasa lebih lega. Berikut ini beragam manfaat daun cincau untuk kesehatan.

Mengatasi Sakit Tenggorokan

Daun cincau yang digunakan untuk membuat minuman cincau mengandung kalsium, fosfor dan mineral yang sangat berguna untuk melegakan tenggorokan. Termasuk menyembuhkan sakit tenggorokan.

Melancarkan Pencernaan

Daun cincau juga kaya dengan kandungan serat yang sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Jika anda mengalami sembelit atau sulit BAB cobalah diatasi dengan minum cincau hijau.

Menyembuhkan Sakit Diare

Selain kaya dengan kandungan serat, cincau hijau juga mengandung vitamin B yang berguna untuk melawan bakteri penyebab diare. Sifat bikin adem perut setelah mengkonsumsi makanan ini akan membantu dalam meredakan sakit perut.

Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Manfaat daun cincau juga dari kandungan kalium dan serat tinggi yang berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah dan mengatasi hipertensi. Minum rebusan daun cincau secara rutin untuk hasil yang efektif.

Meningkatkan Imunitas dan Daya Tahan Tubuh

Daun cincau juga banyak mengandung antioksidan yang berkhasiat meningkatkan sistem imunitas dan daya tahan tubuh. Daun ini juga ampuh untuk mencegah dan menangkal radikal bebas sekaligus menangkal kanker.

Mengatasi Demam

Cincau hijau ternyata banyak mengandung polifenol, alkaloid, saponin dan fosfor yang sangat baik untuk meredakan demam. Minum rebusan daun cincau juga dapat mengatasi tubuh yang mengalami panas tinggi.

Bersifat Anti Inflamasi

Daun cincau diketahui mengandung klorofil yang tinggi. Hal ini berguna sebagai anti inflamasi untuk mengatasi pembengkakan pada tubuh. Tinggal tumbuk saja daun cincau dan tempelkan pada tubuh yang bengkak.

Mencegah Osteoporosis

Manfaat daun cincau lainnya karena kandungan kalsium dan fosfor dalam daun cincau berguna untuk pembentukan kalsium fosfat. Zat ini sangat penting untuk menguatkan tulang sekaligus mencegah terjadinya osteoporosis.

Meredakan Nyeri Otot

Daun cincau rupanya mengandung dimetil kurin-1 dimetoidida yang berkhasiat mengatasi gangguan pada otot. Seperti nyeri otot, otot kaku dan pegal. Tumbukan daun ini atau diminum rebusannya ampuh meredakannya.

Perbedaan Manfaat Daun Cincau Hijau dan Hitam

Cincau yang selama ini dikenal dan banyak dikonsumsi masyarakat ada dua jenis, yaitu cincau hijau dan hitam. Ternyata kedua jenis ini dibuat dari bahan dan cara yang berbeda sehingga manfaatnya juga berlainan.

Namun tahukah anda mana yang lebih baik dan lebih sehat manfaat daun cincau hijau dengan yang hitam? Yuk simak perbedaan kedua jenis bahan minuman yang sangat populer ini.

Cincau hijau yang dibuat menjadi minuman es itu dibuat dari daun cincau. Daun ini dicampur air lalu diperas yang kemudian air perasannya didinginkan menjadi agar-agar cincau.

Sedangkan cincau hitam dibuat dari campuran tepung dan gula yang diolah hingga menjadi agar-agar yang padat. Dari segi nutrisi, cincau hitam jauh lebih rendah manfaatnya untuk kesehatan dibandingkan cincau hijau.

Bahkan sering mengonsumsi cincau hitam bisa mengundang bahaya. Hal ini karena cincau hitam mengandung karbohidrat sederhana yang dapat memicu diabetes. Asam lambung juga akan naik sehingga buruk untuk yang berpenyakti lambung.

Demikianlah beragam manfaat daun cincau hijau untuk kesehatan yang begitu besar. Selain baik untuk pencernaan dan diet, minuman ini juga nikmat melegakan tenggorokan kalau diminum saat cuaca panas dan terik. (R9/HR-Online)

Loading...