Manfaat Garam Himalaya Lebih Baik Daripada Garam Dapur?

Manfaat Garam Himalaya
Bentuk garam Himalaya sepeti kristal dan berwarna merah muda. Foto: Istimewa/Net

Belakangan banyak orang yang penasaran dengan manfaat garam Himalaya. Hal ini karena ada produk permen yang dibuat dari garam Himalaya populer dan disukai di Malaysia karena khasiatnya yang banyak.

Garam Himalaya ini bentuknya pun berbeda dengan garam dapur. Jika garam dapur warnanya putih biasa, maka garam Himalaya bentuknya seperti Kristal kecil dan berwarna pink.

Garam ini disebut garam Himalaya karena asalnya adalah dari pegunungan Himalaya. Manfaat garam Himalaya ini pun tentu berbeda dengan garam pada umumnya.

Garam Himalaya merupakan garam batu yang dihasilkan dari kawasan tambang di kawasan Punjab, Pakistan. Bentuknya yang seperti kristal agak besar dengan warna merah muda ternyata berasal dari mineral batuan.

Baca Juga: Benarkah Manfaat Buah Durian Ampuh Meningkatkan Gairah?

Dilihat dari asal dan bentuknya, garam Himalaya sangat berbeda dengan garam dapur yang dibuat dari air laut. Begitu juga kandungan nutrisinya juga berlainan. Namun garam Himalaya juga banyak digunakan untuk menyedapkan masakan.

Manfaat Garam Himalaya untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi dan mineralnya membuat khasiat garam himalaya untuk kesehatan juga sangat baik. Berikut ini khasiatnya yang sebaiknya anda tahu.

  • Meningkatkan Elektrolit Tubuh

Aktivitas fisik yang tinggi seperti olahraga akan membuat elektrolit tubuh berkurang. Namun dengan minum air campuran sedikit garam Himalaya dengan madu dan perasan jeruk dapat mencegah dehidrasi dan meningkatkan elektrolit tubuh.

  • Meredakan Asma

Manfaat garam Himalaya juga bisa untuk aroma terapi khususnya untuk meredakan penyakit asma. Asap dari garam ini yang terhirup juga berguna dalam mengencerkan lendir dan mengatasi peradangan.

  • Untuk Detoksifikasi Tubuh

Manfaat garam Himalaya lainnya, garam ini berkhasiat dalam proses detoksifikasi tubuh. Kandungan mineral garam Himalaya baik untuk mengatasi radikal bebas dan racun dalam tubuh. Merendamkan kaki dalam air garam ini cukup ampuh dalam mendetoksifikasi dan mengusir racun dari dalam tubuh.

  • Mengatasi Sakit Tenggorokan

Seperti halnya garam dapur, garam Himalaya juga berkhasiat dalam mengatasi sakit tenggorokan dan meredakan batuk. Berkumur dengan air garam Himalaya berkhasiat dalam membunuh bakteri dan mengencerkan dahak.

  • Meningkatkan Produksi Kolagen

American Academy of Dermatology melaporkan manfaat garam Himalaya yang efektif meregenerasi sel kulit dan membantu produksi kolagen tubuh. Campurkan garam ini dengan air dan minyak zaitun untuk membasuh muka agar kencang dan cerah.

  • Meredakan Asam Lambung

Mineral dalam garam Himalaya juga ampuh untuk meredakan dan mengatasi asam lambung yang naik. Garam ini bersifat sebagai antasida yang mampu menetralisir dan meredakan penyakit asam lambung.

  • Melemaskan Otot dan Meredakan Stres

Manfaat garam Himalaya juga ampuh untuk melemaskan otot sekaligus meredakan stres. Dengan berendam dalam air yang telah dicampur garam Himalaya akan membuat tubuh lebih segar dan lebih bersemangat.

Beda Garam Himalaya dan Garam Dapur

Baik garam dapur maupun garam Himalaya sama-sama mengandung natrium klorida yang membuatnya terasa asin. Meskipun begitu ada banyak perbedaan manfaat garam Himalaya ketimbang garam dapur.

Dibandingkan garam dapur, garam Himalaya bersifat lebih alami. Hal ini karena dalam proses pembuatannya tidak melalui pemurnian. Sedangkan kristal garam dapur yang terbentuk harus dimurnikan dahulu.

Kandungan yang terdapat dalam garam Himalaya juga berlainan dengan garam dapur. Garam Himalaya lebih kaya kandungan mineralnya, termasuk zat besinya. Karena itu manfaat garam Himalaya ini dianggap lebih baik daripada garam pada umumnya.

Sebagai perbandingan, dalam 1 gram garam Himalaya terdapat 0,03 mg zat besi dan natrium 368 mg natrium. Sedangkan dalam garam dapur terdapat 0,01 mg zat besi dengan kandungan natrium mencapai 381 mg.

Meskipun garam Himalaya mengandung banyak mineral yang berguna untuk kesehatan namun tingginya natrium klorida juga ada bahaya garam himalaya jika dikonsumsi berlebihan.

Itulah informasi tentang beragam manfaat garam Himalaya untuk kesehatan, semoga bisa menambah pengetahuan Anda. (R9/HR-Online)

Loading...