Manfaat Gula Aren dari Tangkal Kanker Hingga Bantu Diet

Manfaat Gula Aren
Gula aren. Foto: Istimewa

Manfaat gula aren bukan saja dari rasanya yang manis sehingga sering dimanfaatkan untuk bumbu masak. Gula merah ini juga diketahui mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh.

Gula aren diperoleh dari pohon aren (Arenga pinnata Merr) melalui proses penyadapan air niranya. Dalam pembuatan menjadi gula aren umumnya menggunakan jenis bunga jantan yang lebih berkualitas dan lebih banyak hasilnya.

Namun banyak orang yang masih bingung perbedaan gula aren dengan gula jawa dan gula merah. Padahal kedua jenis gula ini masuk kelompok gula merah. Bedanya, gula Jawa adalah hasil penyadapan air nira dari pohon kelapa.

Selain asal niranya yang berbeda, warna gula aren juga lebih cerah ketimbang gula jawa atau gula kelapa. Begitu juga kandungan nutrisi maupun khasiat gula aren untuk kesehatan juga jauh lebih baik.

Manfaat Gula Aren untuk Kesehatan Tubuh

Selain berguna untuk menyedapkan masakan, manfaat gula aren untuk kesehatan tubuh juga sangat banyak. Berikut ini diantaranya.

Mengatasi Problem Anemia

Gula aren juga diketahui kaya dengan kandungan zat besi dan vitamin C yang sangat berguna dalam produksi sel darah merah. Karena itulah gula merah berkhasiat mengatasi masalah anemia.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Gula merah diketahui mengandung zat antioksidan yang berkhasiat dalam meningkatkan imunitas dan kekebalan tubuh. Menambahkan gula aren dalam masakan merupakan cara mengkonsumsi yang disarankan.

Menangkal Penyakit Kanker

Manfaat gula aren untuk kesehatan yang sangat penting adalah dalam menangkal dan mencegah kanker. Hal ini karena kandungan antioksidan gula merah ini yang cukup tinggi.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Meskipun rasanya yang manis, namun gula aren juga ampuh mengontrol kadar kolesterol tetap normal, sehingga baik untuk kesehatan jantung. Hal ini karena kandungan niasin atau vitamin B3 dalam gula merah yang tinggi.

Menghaluskan dan Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat gula merah lainnya adalah untuk melindungi kesehatan kulit dari radikal bebas. Hal ini karena kandungan niasin dan antioksidan dalam gula aren sangat baik untuk membuat kulit tubuh menjadi cerah dan halus.

TCL

Mempercepat Penurunan Berat Badan

Gula aren bisa menjadi alternatif pengganti gula pasir untuk anda yang menjalankan program diet. Apalagi kandungan kalorinya yang rendah, sehingga sangat baik untuk menu diet.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Mengonsumsi gula aren juga berkhasiat untuk melancarkan pencernaan. Hal ini karena kandungan serat dan mineral aktifnya. Lancarnya pencernaan akan menjauhkan tubuh dari berbagai penyakit.

Kandungan Gula Aren

Manfaat gula aren untuk kesehatan yang begitu banyak memang tak lepas dari kandungan nutrisi dan mineralnya yang juga banyak. Kandungan gula aren yang utama antara lain karbohidrat, protein, dan lemak.

Selain itu gula merah ini juga kaya dengan vitamin C dan niasin (vitamin B3). Begitu juga mineralnya juga beragam, seperti kalsium, fosfor, zat besi, dan lainnya.

Yang menarik, gula aren juga diketahui mengandung serat yang cukup tinggi. Hal ini tentunya sangat berguna untuk melancarkan pencernaan dan menjauhkan tubuh dari berbagai penyakit.

Sedangkan rasa manis pada gula aren berasal dari kandungan sukrosa dan fruktosa yang cukup tinggi. Ini merupakan gula alami yang baik untuk kesehatan, termasuk untuk penderita diabetes.

Bahaya Gula Merah Aren

Memang ada banyak manfaat gula aren untuk kesehatan tubuh. Apalagi gula aren juga diketahui memiliki kadar indeks glikemik yang rendah. Sehingga mengkonsumsi gula aren tidak akan meningkatkan gula darah dengan cepat.

Meskipun demikian gula aren juga tergolong gula merah yang mengandung unsur pemanis. Karena itu sangat disarankan bagi penderita diabetes untuk membatasi atau menjauhi mengkonsumsi gula aren ini.

Demikianlah informasi tentang berbagai kandungan dan manfaat gula aren untuk kesehatan. Menjalankan gaya hidup sehat tentunya merupakan langkah bijak untuk menjaga kesehatan tubuh. (R9/HR-Online)

Loading...