Manfaat Ikan Bebeong untuk Kesehatan, Bisa Cegah Kanker Usus

Manfaat ikan bebeong untuk kesehatan karena memiliki kandungan gizi tinggi dan kaya akan nutrisi.
Manfaat ikan bebeong untuk kesehatan karena memiliki kandungan gizi tinggi dan kaya akan nutrisi. Photo : Net/Ist.

Manfaat ikan bebeong untuk kesehatan karena memiliki kandungan gizi tinggi dan kaya akan nutrisi. Selain itu, manfaat ikan bebeong untuk kesehatan juga bisa didapat dengan harga yang terjangkau.

Dikutip dari Wikipedia, ikan bebeong atau baung ini masih sekerabat dengan ikan lele (bangsa Siluriformas). Nama marganya Hemibagrus berasal dari bahasa Latin hemi, yang artinya “setengah” atau “separuh”.

Di Indonesia, ikan jenis lele ini menyebar terbatas di sungai-sungai Pulau Jawa, dan di Jawa Barat, dikenal dengan nama beong atau bebeong.

Ikan bebeong yang memiliki bentuk fisik mirip ikan lele, namun kulitnya lebih halus serta perawakannya ramping. Namun, manfaat ikan bebeong untuk kesehatan sangat banyak, salah satunya bisa mencegah kanker usus.

Selain rasanya yang gurih, tekstur daingnya juga lembut, juga harganya terjangkau. Sehingga, tak heran kalau ikan bebeong sangat dikenal di daerah Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Kepulauan Riau.

Ikan bebeong mengandung gizi dan nutrisi yang sangat banyak, diantaranya bisa mencegah penyakit anoreksi, yakni penyakit yang melemahkan nafsu makan. Kamu juga harus tahu manfaat dan khasiat lainnya dari ikan bebeong.

Manfaat Ikan Bebeong untuk Kesehatan

Sumber Protein Hewani

Protein hewani sangat baik bagi kesehatan tubuh karena dapat melengkapi gizi lainnya. Ikan beong ini kaya akan protein sehingga cocok dijadikan sebagai nutrisi harian kamu.

Sumber Kalori

Setiap orang membutuhkan kalori, namun jumlah kebutuhannya tidak sama, tergantung proses metabolisme dalam tubuhnya masing-masing.

Semakin banyak beraktifitas maka akan semakin banyak pula kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Jadi, asupan kalorinya harus disesuaikan dengan kebutuhan kalorinya.

Jika tidak, organ tubuh akan drop, misalnya tubuh seseorang menjadi sangat kurus. Ikan bebeong menjadi sumber kalori lantaran punya manfaat sebagai penambah energi.

Mengandung Lemak HDL

Ikan baung atau bebeong mengandung lemak HDL yang baik bagi kesehatan karena sifat HDL tidak jenuh, tidak menempel atau mengendap pada dinding pembuluh darah.

Selain itu, lemak HDL yang terkadung dalam ikan bebeong juga berfungsi untuk menyapu lemak jahat LDL, sehingga kamu akan terhindar dari berbagai jenis penyakit, seperti kolesterol dan penyakit jantung.

Manfaat Ikan Bebeong untuk Tingkatkan Nafsu Makan

Kandungan protein dan nutrisi dalam ikan bebeong sangat bermanfaat untuk meningkatkan berat badan. Bagi kamu yang ingin menambah berat badan, konsumsi ikan beong sangat dianjurkan.

Semakin banyak asupan nutrisi dalam tubuh maka tubuh pun bisa menjadi gemuk. Selain itu, manfaat dari ikan bebong ini juga cocok sebagai terapi dalam proses penyembuhan anoreksi.

Tingkatkan Hormon Kewanitaan dan Pria

Manfaat ikan bebeong juga bisa untuk mempengaruhi kadar hormon, baik hormon wanita maupun laki-laki.

Dengan rutin mengonsumsi ikan bebeong, maka hormon kewanitaan dan hormon pria pun akan meningkat.

Menghaluskan Kulit

Jika kamu ingin memiliki kulit yang halus, cukup mengonsumsi ikan bebeong, cara mengolahnya bisa digoreng maupun dibakar.

Banyaknya kandungan vitamin B dan vitamin C dalam ikan beong sangat bagus untuk merawat kesehatan kulit.

Mencegah Penyakit Asma

Asma merupakan penyakit penyempitan pada saluran pernafasan yang membuat penderitanya menderita sesak nafas.

Untuk menyembuhkan penyakit tersebut bisa memanfaatkan kandungan vitamin, protein, dan nutrisi yang ada dalam ikan bebeong.

Manfaat Ikan Bebeong Bisa Cegah Kanker Usus

Serat daging ikan beong yang halus membuat usus akan terhindar dari iritasi. Diketahui sel kanker dapat tumbuh di mana saja, termasuk di bagian usus.

Oleh sebab itu kamu harus hati-hati menjaga saluran pencernaan, karena bukan tidak mungkin mutasi sel terjadi akibat adanya iritasi di usus.

Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Luka yang susah sembuh bisa diakibatkan oleh banyak faktor, misalnya karena lambatnya proses regenerasi sel.

Biasanya yang menjadi faktor penyebabnya adalah buruknya kondisi darah yang rendah trombosit, dan manfaat ikan bebeong mampu mengatasi luka tersebut.

Sebagai Penstabil Mood

Tidak mudah seseorang bisa mendapatkan obat penstabil mood lantaran harus disertai dengan resep dokter.

Berbeda dengan penstabil mood alami dari makanan, terutama ikan bebeong. Kamu tinggal ke pergi ke pasar ikan untuk mendapatkannya.

Dengan beragam manfaat ikan bebeong yang bisa didapat untuk kesehatan, maka kamu jangan ragu untuk mengonsumsi ikan yang memiliki nama Hemibagrus ini, karena sudah terbukti khasiatnya juara. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...