Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaArtikelManfaat Jamur Kuping Ternyata Ampuh Usir Penyakit Mematikan

Manfaat Jamur Kuping Ternyata Ampuh Usir Penyakit Mematikan

Dibalik bentuknya yang unik, manfaat jamur kuping bagi kesehatan tubuh ternyata sangat luar biasa. Jamur kuping bahkan mampu mengatasi dan mengusir berbagai penyakit degeneratif yang mematikan.

Jamur kuping (Auricularia auricular) dikenal sebagai tanaman yang tumbuh liar. Jamur ini memiliki habitat dengan menempel pada batang kayu yang kering ataupun pada pohon yang telah roboh.

Jamur dari spesies Heterobasidiomycetes (jelly fungi) ini mudah dikenali dari bentuknya yang mirip daun telinga atau kuping manusia. Jamur ini juga berwarna coklat tua agak kemerahan dengan tekstur agak kenyal.

Jamur kuping banyak dimanfaatkan sebagai bahan makanan yang sangat enak. Tak sedikit rumah makan dan restoran ternama yang menyajikan olahan makanan dengan bahan jamur yang satu ini.

Selain rasa masakannya yang lezat, manfaat jamur kuping bagi kesehatan tubuh juga sangat besar. Hal ini karena kandungan nutrisinya yang sangat berkhasiat. Bahkan jamur ini telah digunakan sebagai bahan obat tradisional sejak lama.

Nutrisi yang terdapat dalam setiap 100 gram jamur kuping terdiri dari kandungan energi sebanyak 284 kkal, protein 9,25 gram, dan karbohidrat 73 gram. Jamur kuping juga kaya serat dan air.

Kandungan lainnya ada kalsium sebanyak 159 mg, natrium (35 mg), magnesium (83 gr), fosfor (184 mg), dan kalium (754 mg). Kandungan vitaminnya diantaranya riboflavin, thianin, dan niacin.

Manfaat Jamur Kuping Bagi Kesehatan Tubuh

Saat ini banyak orang yang telah membudidayakan jamur kuping setelah diketahui khasiatnya yang luar biasa. Berikut ini beragam manfaat jamur kuping bagi kesehatan tubuh dan mengobati beragam penyakit.

  • Mengatasi Kanker dan Penyakit Degeneratif

Lendir dalam jamur kuping juga efektif dalam mengatasi berbagai penyakit degeneratif. Jamur ini ampuh menangkal dan mengatasi kanker, meredakan hipertensi, dan menghambat penggumpalan darah.

  • Menurunkan Kolesterol

Manfaat jamur kuping yang mampu meningkatkan sirkulasi darah juga berdampak positif dalam menurunkan kadar kolesterol darah. Konsumsi jamur ini akan berguna untuk menurunkan trigliserida dan kolesterol LDL dalam darah.

  • Melancarkan Sirkulasi Darah

Kandungan jamur kuping juga bersifat antikoagulan yang dapat mengencerkan darah dan mencegah pembekuan darah. Aliran darah yang lancar dan terjaga sangat berguna untuk mencegah komplikasi berbagai penyakit.

  • Menekan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Jamur kuping diketahui banyak mengandung zat antioksidan yang ampuh menangkal radikal bebas. Manfaat jamur kuping untuk jantung karena ampuh menurunkan kolesterol sehingga menekan risiko penyakit kardiovaskular.

  • Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dalam jamur ini sangat berguna untuk melancarkan pencernaan. Kandungan ini juga berguna untuk mengatasi gangguan perut seperti diare dan BAB tidak lancar.

  • Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat dan kalori jamur kuping yang rendah juga berguna untuk dijadikan menu diet menurunkan berat badan. Seporsi jamur kuping yang dikonsumsi setiap hari mampu memenuhi 50% kebutuhan serat harian tubuh.

  • Mencegah Penyakit Anemia

Penyakit anemia terutama disebabkan kurangnya zat besi yang berfungsi dalam pembentukan sel darah. Karena itu makan seporsi jamur kuping mampu mencukupi hingga 21% kebutuhan zat besi harian anda.

  • Menangkal Racun

Manfaat jamur kuping juga bisa diperoleh dari kandungan lendirnya yang ampuh untuk menangkal racun. Jika anda mengalami keracunan dari makanan, segera makan jamur ini untuk mengatasinya.

  • Meredakan Wasir

Kandungan serat yang tinggi dalam jamur kuping bukan hanya amouh untuk melancarkan pencernaan namun juga bisa meringankan atau meredakan wasir. Apalagi jamur juga ampuh melancarkan darah yang baik untuk meringankan wasir.

  • Baik untuk Penderita Diabetes

Jamur kuping juga sangat baik untuk menjadi menu diet ketat bagi penderita diabetes. Selain seratnya yang tinggi, jamur ini juga rendah gula sehingga aman dan baik dikonsumsi orang yang menderita diabetes.

Cara Mengolah Jamur Kuping

Untuk mendapatkan manfaat jamur kuping secara optimal bisa dilakukan dengan berbagai cara. Termasuk dengan mengolahnya sebagai masakan yang lezat. Makan secara berkala makanan ini agar berguna untuk tubuh.

Alternatif lainnya adalah dengan mengolah ramuan jamur kuping. Caranya dengan direbus dalam air mendidih lalu saring dan minum airnya setiap hari sesuai kondisi kesehatan anda.

Takaran yang dianjurkan untuk membuat ramuan jamur kuping adalah 10 gram jamur kuping dengan 5 hingga 6 gelas air. Bisa ditambahkan jahe biar lebih nikmat. Namun saat memasak jangan gunakan panci aluminium.

Demikianlah segudang manfaat jamur kuping bagi kesehatan tubuh yang ampuh dalam menangkal dan mengatasi berbagai penyakit berbahaya. Semoga informasi ini bermanfaat ya. (R9/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img