10 Manfaat Jeruk Lemon yang Belum Banyak Terungkap

manfaat jeruk lemon
Buah lemon. Foto: Istimewa

Selama ini manfaat jeruk lemon lebih identik dengan masalah perawatan kecantikan. Selain banyak digunakan sebagai masker wajah, minuman ini juga baik untuk mendukung program diet menurunkan berat badan. Selain itu berkhasiat juga untuk mengatasi masalah kesehatan lainnya.

Rasanya yang asam memang sangat nikmat untuk dijadikan minuman yang menyegarkan. Baik dengan dicampur susu, teh, atau bahan lain. Baik diminum dingin ataupun panas, semuanya terasa sangat nikmat.

Dibandingkan jeruk nipis, jeruk lemon jauh lebih populer sebagai minuman yang nikmat. Apalagi rasanya yang tak terlalu kecut seperti jeruk nipis. Selain itu, kandungan nutrisi jeruk lemon juga sangat tinggi dan beragam.

Kandungan Jeruk Lemon

Jeruk lemon mengandung banyak nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Kandungan jeruk lemon antara lain asam sitrat, vitamin C, asam folat, vitamin B5, B3, B1, B2, dan vitamin E.

Selain itu, dibalik manfaat jeruk lemon juga diketahui kaya dengan mineral penting, seperti potasium, kalsium, kalium,magnesium, zat besi, niasin, fosfor, folat, dan senyawa penting lainnya.

Nutrisi dalam buah lemon juga berguna dalam mendukung pembentukan kolagen dalam tubuh. Senyawa ini sangat dibutuhkan untuk menguatkan tulang dan sendi serta menyehatkan kulit tubuh dan wajah.

Manfaat Jeruk Lemon untuk Kesehatan dan Kecantikan

Dengan beragamnya nutrisi yang terkandung dalam buah ini membuat ada banyak manfaat jeruk lemon untuk kesehatan. Berikut ini berbagai keutamaan jeruk kuning ini.

Untuk Detoks Tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam lemon merupakan antioksidan yang sangat efektif untuk mendetoks tubuh dari racun-racun yang masuk sekaligus untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Mencegah dan Mengatasi Kanker

Keutamaan lainnya adalah manfaat lemon untuk kanker. Dalam buah jeruk lemon terdapat 22 senyawa anti kanker seperti limonin dan flavonol glikosida yang ampuh menghambat pertumbuhan sel-sel tumor dan kanker.

Mengatasi Jerawat dan Komedo

Manfaat jeruk lemon untuk wajah karena kandungan antioksidannya yang ampuh menyembuhkan jerawat, komedo, dan melindungi kulit wajah. Gosokkan irisan lemon ke wajah dan kemudian biarkan sesaat sebelum dibilas. Lakukan rutin agar hasilnya maksimal.

Melancarkan Pencernaan

Minum buah jeruk lemon juga sangat baik untuk mengatasi sembelit dan berbagai gangguan pencernaan. Bahkan buah ini akan membuat pencernaan lebih lancar, sehingga jauh dari gangguan penyakit perut.

Mengontrol Tekanan Darah

Buah lemon yang kaya zat aktif juga berkhasiat dalam mengontrol tekanan darah dan membantu meringankan tekanan akibat stres. Dengan minum lemon akan membuat tubuh lebih tenang.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat jeruk lemon untuk diet karena kandungan vitamin C, pektin, dan seratnya yang sangat baik untuk mempercepat menurunkan berat badan. Masukkan buah ini dalam menu diet anda untuk hasil yang efektif.

Meningkatkan Produksi Sel Darah Putih

Vitamin C dan mineral penting dalam jeruk lemon juga berguna dalam meningkatkan produksi sel darah putih dan melindungi serta mencegah terjadinya kerusakan sel secara oksitatif.

Mengatasi Stretch Marks

Sifat asam dari lemon berguna untuk proses regenerasi sel-sel kulit. Bahkan manfaat jeruk lemon juga berguna untuk mengatasi stretch marks yang sering muncul pada kulit wajah dan tubuh.

Meremajakan dan Mencerahkan Kulit

Selain penting untuk proses regenerasi sel-sel kulit, jeruk lemon juga berguna untuk meremajakan kulit dan membuat wajah lebih cerah dan halus. Bahkan tanda penuaan dini berupa guratan di wajah bisa hilang.

Menangkal Bakteri

Buah jeruk lemon juga bersifat antibakteri yang ampuh membunuh bakteri dan virus yang menyerang tubuh. Minum jeruk lemon hangat akan berkhasiat melegakan tenggorokan yang gatal, sakit perut, gangguan lainnya.

Demikianlah berbagai manfaat jeruk lemon untuk kesehatan dan kecantikan. Mengkonsumsi rutin minuman buah ini baik untuk kesehatan meski tidak disarankan dilakukan setiap hari. (R9/HR-Online)

Loading...