Senin, Agustus 8, 2022
BerandaBerita TerbaruManfaat Kacang Almond yang Ampuh untuk Diet dan Cerdaskan Otak

Manfaat Kacang Almond yang Ampuh untuk Diet dan Cerdaskan Otak

Meskipun tak berbeda dengan jenis kacang lainnya namun manfaat kacang almond untuk kesehatan tubuh ternyata sangatlah besar. Kacang almond sangat baik untuk ibu hamil, pria, maupun anak-anak.

Almond (Prunus dulcis) juga populer dengan nama badam atau amandel dan masih dalam keluarga Rosaceae. Tanaman yang sejenis dengan persik ini diambil buahnya yang terlapisi cangkang yang keras.

Nah, biji buah almond ini rasanya manis dan bisa dimakan setelah direndam terlebih dahulu. Karena itu pula biji buah ini disebut sebagai kacang almond. Sedangkan kulit cangkangnya biasanya dibuat minyak.

Manfaat kacang almond luar biasa karena kandungannya yang sangat penting untuk kesehatan. Nutrisinya mencakup asam lemak omega-3, asam lemak omega-6, vitamin E, fosfor, seng, kalsium, protein, serta serat larut dan tidak larut.

Cara mengonsumsi kacang almond biasanya dimakan mentah atau untuk campuran hidangan manis dan gurih karena rasanya yang renyah dan manis. Namun disarankan almond direndam terlebih dahulu sebelum dimakan untuk menghilangkan racunnya.

Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan dan Kecantikan

Merendam buah almond sebelum dimakan tak hanya membuang racunnya, namun juga zat asam fitat serta menguraikan unsur glutennya yang berkhasiat. Berikut ini manfaat kacang almond untuk kesehatan dan kecantikan.

  • Meningkatkan Imunitas Tubuh

Penelitian menemukan mengonsumsi kacang almond yang direndam lebih dahulu memberikan efek prebiotik yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Prebiotik penting untuk menangkal penyakit usus.

  • Meningkatkan Kesehatan Jantung

Mengonsumsi kacang almond secara rutin mampu menyuplai protein, magnesium, dan kalium yang dibutuhkan jantung. Apalagi nutrisi almond bersifat antioksidan yang juga baik meningkatkan kesehatan jantung.

  • Meningkatkan Tekanan Darah

Manfaat kacang almond juga dari kandungan kalium yang tinggi namun kadar natrium yang rendah. Ini berguna untuk mengontrol dan menurunkan tekanan darah. Asam folat dan magnesiumnya juga baik untuk mencegah penyumbatan arteri.

  • Mengurangi dan Mengontrol Kolesterol

Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dalam kacang almond ampuh dalam menurunkan kolesterol jahat. Begitu juga dengan kandungan vitamin E efektif meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah.

  • Mengatasi Sembelit

Buat anda yang menderita sembelit kronis sangat disarankan makan kacang almond. Mengonsumsi kacang almond yang direndam terlebih dahulu mampu menyuplai jumlah serat tubuh dan mengatasi gangguan sembelit.

  • Melancarkan Pencernaan

Manfaat kacang almond yang direndam juga baik untuk melancarkan pencernaan. Nutrisinya yang lengkap dalam kacang ini juga berguna melindungi tubuh terhadap penyakit yang mengancam pencernaan.

  • Baik Untuk Kehamilan

Manfaat almond untuk ibu hamil maupun janinnya juga sangat besar. Nutrisinya akan menambah tenaga dan menguatkan kesehatan ibu dan kandungan asam folat juga bisa menangkal bayi lahir cacat.

  • Meningkatkan Fungsi Otak

Ahli gizi menyatakan makan 4 sampai 6 kacang almond setiap hari selain berguna sebagai tonik bagi otak juga efektif dalam meningkatkan fungsi otak maupun mempertajam daya ingat.

  • Menurunkan Berat Badan

Besarnya manfaat kacang almond untuk diet juga wajib masuk dalam menu diet. Selain khasiatnya dalam menyingkirkan lemak tubuh dan menurunkan berat badan, kandungan seratnya juga akan membuat anda kenyang lebih lama.

Kacang Almond Ampuh Mencegah Penuaan Dini

Dari segi kecantikan, kandungan nutrisi kacang almond juga berguna untuk proses regenerasi sel-sel kulit, artinya kacang almond mampu mencegah penuaan dini. Makan almond setiap pagi akan sangat berguna untuk melindungi kulit dan membuatnya wajah terlihat lebih kencang, lebih cerah, dan bebas kerutan.

Itulah berbagai manfaat kacang almond untuk kesehatan dan kecantikan yang sangat besar. Mengonsumsi secara rutin almond sangat berguna untuk mencegah berbagai risiko penyakit sekaligus membuat wajah lebih cantik. (R9/HR-Online)