Sering Disepelekan, Manfaat Lobak Putih Ampuh Cegah Kanker dan Bersihkan Kulit Wajah

manfaat lobak putih
Lobak putih. Foto: Istimewa

Selama ini banyak orang yang meremehkan manfaat lobak putih. Hal ini pula yang menyebabkan lobak putih kalah populer dibandingkan sayuran hijau atau berwarna yang lebih dianggap berkhasiat untuk kesehatan. Benarkah demikian? Mari kita simak ulasannya.

Lobak putih (Raphanus raphanistrum var sativus) populer juga dengan sebutan daikon atau lobak Jepang. Sayuran yang berasal dari Tiongkok ini masih satu keluarga dengan kol atau kubis meski bentuknya lebih mirip wortel.

Meskipun lobak putih bukanlah sayuran asli Indonesia, namun belakangan banyak petani yang telah menanamnya. Apalagi sebagai sayuran, lobak putih sangat nikmat dimasak menjadi lauk untuk sajian buat keluarga.

Ada banyak manfaat lobak putih untuk kesehatan tubuh. Karena sayuran ini kaya vitamin B, C, dan vitamin K. Sayuran ini juga banyak mengandung fosfor, kalsium, kalium, natrium, zat besi, tembaga, dan seng.

Sayuran ini diketahui juga mengandung banyak nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Dalam 100 gram lobak putih terdapat 21 kalori, 4,2 gram karbohidrat, 0,9 gram protein, rendah lemah (0,1 gram) dan serat (1,4 gram).

Segudang Manfaat Lobak Putih Untuk Kesehatan

Dengan beragam kandungan-kandungan nutrisinya, membuat sayuran sangat baik untuk menjadi menu harian anda. Berikut ini segudang manfaat lobak putih untuk kesehatan yang sebaiknya anda tahu.

Mengatasi Sakit Tenggorokan dan Peradangan

Lobak putih kaya dengan kandungan vitamin C dan mineral yang berguna untuk meredakan demam dan sakit tenggorokan. Sayuran ini juga berkhasiat untuk menyembuhkan sakit peradangan dan gangguan empedu.

Mencegah Penyakit Kanker

Sayuran ini kaya dengan antioksidan yang ampuh untuk menangkal radikal bebas dan kanker. Bahkan di Korea lobak putih populer digunakan untuk menghambat pertumbuhan dan membunuh sel kanker.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat lobak putih untuk kolesterol karena ampuh dalam menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida dalam darah. Hal ini karena kandungan serat dan nutrisinya yang akan membuat jantung lebih sehat.

Menyehatkan Organ Hati

Lobak putih juga berkhasiat dalam mengusir racun dari tubuh, termasuk racun yang menyerang hati. Mengkonsumsi lobak putih secara teratur dalam membuat tubuh mendetoksifikasi tubuh dari racun.

Melancarkan Pencernaan dan Metabolisme

Nutrisi dalam lobak putih juga berguna untuk melancarkan pencernaan sekaligus meningkatkan metabolisme tubuh. Kondisi ini akan membuat tubuh lebih tahan terhadap serangan penyakit.

Untuk Perawatan Kulit Wajah

Manfaat lobak putih untuk kecantikan juga karena kandungan vitamin C, B kompleks, zinc, dan fosfor yang berkhasiat untuk perawatan kulit wajah. Masker sayuran ini ampuh melembabkan kulit, meredakan jerawat dan menghaluskan wajah.

Mengatasi Infeksi Jamur

Semua penyakit infeksi akibat jamur juga bisa diatasi dengan lobak putih. Kandungannya yang bersifat anti jamur ampuh mengatasi serangan jamur, khususnya jamur candida albicans penyebab infeksi tubuh.

Baik untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Sayuran ini juga perlu menjadi menu diet anda karena kandungan serat dan nutrisinya yang akan mempercepat menurunkan berat badan. Apalagi sayuran ini juga dapat melancarkan pencernaan yang baik untuk diet.

Mengatasi Radang Tulang Rawan

Manfaat lobak putih lainnya adalah dalam meredakan radang tulang rawan dan osteoporosis. Hal ini karena kandungan vitamin C dan antioksidannya yang berkhasiat dalam dalam pembentukan kolagen tubuh.

 Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan potasium yang tinggi dalam sayuran ini juga membuatnya ampuh dalam menjaga natrium dan kalium tubuh, sehingga baik untuk mengendalikan dan menurunkan tekanan darah dan hipertensi.

Demikianlah beragam manfaat lobak putih untuk kesehatan dan kecantikan yang perlu lebih dioptimalkan lagi. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menggunakannya, baik dengan dimasak ataupun untuk masker wajah. (R9/HR-Online)

Loading...