Manfaat Minyak Ikan dari Cegah Kanker Sampai Cerdaskan Anak

manfaat minyak ikan
Minyak Ikan. Foto: Ist/Net

Manfaat minyak ikan saat ini banyak dicari orang karena khasiatnya yang sangat besar untuk kesehatan. Minyak ikan dikatakan para ahli gizi sebagai minyak sehat yang paling banyak kegunaannya untuk tubuh.

Minyak ikan sebelumnya banyak dibuat dari lemak ikan paus. Namun saat ini dibikin dari jaringan ikan dan hewan laut yang berminyak. Untuk memudahkan dikonsumsi minyak ikan juga banyak dibuat dalam bentuk suplemen.

Menurut sejarahnya, minyak ikan telah digunakan sejak ratusan tahun lalu. Dikutip dari Wikipedia, penggunaan minyak hati ikan Cod dilakukan warga miskin di Irlandia, Inggris, Islandia, ataupun Skotlandia yang terbiasa memberikannya untuk hewan ternak.

Hasilnya, hewan ternak menjadi sangat sehat. Karena besarnya manfaat minyak ikan itulah mereka lalu menggunakannya untuk mengobati nyeri sendi, hingga untuk menyembuhkan sakit flu dan batuk.

Minyak ikan diketahui kaya dengan nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Kandungan minyak ikan biasanya tersusun dari 30 persen asam lemak omega-3 dan 70 persen nutrisi penting lainnya.

Dalam 100 gram minyak ikan terdapat 900 kalori energi dan 100 gram total lipid. Termasuk asam lemak omega-3, docosahexaenoic acid (DHA), dan eicosapentaenoic acid (EPA).

Saat ini minyak ikan banyak tersedia dalam bentuk kapsul, pil, tablet, gel lunak, ataupun cairan. Untuk asupan harian kombinasi EPA dan DHA yang disarankan adalah antara 0,25 hingga 2 gram saja.

Manfaat Minyak Ikan untuk Kesehatan

Berikut ini berbagai manfaat minyak ikan yang diambilkan dariberbagai sumber dan hasil penelitian.

  • Mencegah dan Menyembuhkan Kanker

Kandungan asam lemak omega 3 dalam minyak ikan berkhasiat dalam menekan pertumbuhan sel kanker. Konsumsi minyak ikan bisa mencegah beragam jenis kanker seperti kanker usus besar, kanker prostat, ataupun kanker payudara.

  • Menyembuhkan Asma

Khasiat asam lemak omega 3 juga ampuh dalam meredakan dan mengatasi peradangan paru-paru. Mengonsumsi minyak ikan secara rutin efektif untuk melancarkan pernapasan dan menyembuhkan asma.

  • Melindungi Jantung dan Mencegah Hipertensi

Banyak penelitian yang membuktikan manfaat minyak ikan yang sangat ampuh dalam mencegah risiko serangan jantung. Orang yang rajin mengonsumsi asam lemak ini akan berkurang kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah.

Asupan asam lemak omega 3, DHA, an EPA juga ampuh dalam mengontrol dan menurunkan tekanan darah. Karena itu penbderita hipertensi disarankan mengonsumsi minyak ikan ini secara rutin.

  • Mengatasi Gejala ADHD

Penelitian menemukan kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi dalam minyak ikan juga berkhasiat dalam mengatasi ADHD. Anak-anak yang menderita konsentrasi rendah, disleksia, hiperaktif, atau emosi dan koordinasi yang buruk disarankan minum minyak ikan.

  • Menyembuhkan Peradangan

Manfaat minyak ikan lainnya juga dari kandungannya yang bersifat antiinflamasi yang ampuh mengatasi peradagangan. Konsumsi minyak ikan dapat meredakan rheumatoid arthritis maupun sakit peradangan lainnya.

  • Mengatasi Osteoartritis

Kandungan asam lemak omega-3 konsentrasi tinggi sangat ampuh mengatasi nyeri sendi dan pengeroposan tulang (osteoartritis). Sejumlah riset membuktikan keampuhan minyak ikan mengatasi penyakit tersebut.

  • Menurunkan Berat Badan

Buat anda yang menjalankan program diet sebaiknya memasukkan minyak ikan dalam menu diet anda. Selain mencegah obesitas, kandungan EPA dan DHA dalam minyak ikan ampuh dalam membakar lemak tubuh.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Penelitian juga menemukan manfaat minyak ikan dalam meningkatkan kesehatan mata dan mempertajamnya. Degenerasi makula pada penyakit mata akibat usia bisa diatasi dengan mengonsumsi asam lemak ini.

  • Meningkatkan Imunitas Tubuh

Minum minyak ikan secara teratur sangat baik untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh dan membat tubuh lebih kebal terhadap penyakit. Bahkan tubuh lebih tahan terhadap serangan flu, batuk dan pilek.

Berkhasiat Cerdaskan Anak

Asupan yang kaya asam lemak omega-3, DHA, dan EPA sangat baik untuk ibu hamil. Khususnya untuk pertumbuhan janin yang dikandungnya. Selain mencegah kelahiran cacat, minyak ikan juga akan membuat anak lebih cerdas.

Selain itu manfaat minyak ikan juga efektif untuk mengontrol diabetes, melancarkan sirkulasi darah, mengatasi penyakit Alzheimer, mengatasi artritis, dan membuat kulit lebih cerah dan kencang. (R9/HR-Online)

Loading...