Seabreg Manfaat Omega 3 untuk Kesehatan dan Kecantikan

manfaat omega 3
Sumber makanan penghasil omega 3. Foto: Ist/Net

Ada banyak manfaat omega 3 untuk kesehatan yang sangat besar. Omega 3 merupakan jenis asam lemak esensial yang identik dengan makanan yang diperoleh dari laut.

Omega 3 tidak dapat dihasilkan sendiri oleh tubuh sehingga harus didapatkan dari makanan. Nutrisi banyak terdapat dalam ikan salmon, sarden, tuna, udang, atau lobster. Biji-bijian dan kacang-kacangan juga banyak omega 3.

Asam lemak Omega 3 diketahui ada tiga jenis yang sangat dibutuhkan tubuh, yaitu DHA, ALA, dan EPA. Perbedaan lebih pada asal senyawa ini.

DHA atau docosahexaenoic acid banyak terdapat dalam rumput laut dan minyak ikan. Begitu juga dengan EPA (Aisocaspentaenoic Acid) yang juga banyak terkandung dalam ikan laut.

Sedangkan ALA atau Alpha-Linolenic Acid umumnya terdapat dalam biji-bijian, kacang-kacangan, ataupun daging sapi yang berkualitas. Dalam tubuh, ALA bisa diubah menjadi DHA atau EPA meskipun harus dalam jumlah besar.

Manfaat Omega 3 untuk Kesehatan

Sebagai asam lemak esensial yang tidak bisa dihasilkan sendiri oleh tubuh, anda harus mengunsumsi makanan sumber omega 3 untuk mencukupi kebutuhan tubuh. Berikut beragam manfaat omega 3 untuk kesehatan tubuh.

  • Mengatasi Penyakit Autoimun

Penyakit autoimun terjadi karena sistem imunitas tubuh justru menyerang sel baik karena dianggap sel asing. Diabetes tipe 1 sebenarnya merupakan bentuk autoimun karena sel penghasil insulin pada pankreas diserang sistem kekebalan tubuh.

Penelitian menemukan bahwa memberikan asupan omega 3 yang cukup dan terus menerus mampu meredakan penyakit autoimun. Omega 3 juga terbukti ampuh mengobati multiple sclerosis, kolitis ulserativa, rheumatoid arthritis, lupus, dan penyakit Crohn.

  • Meningkatkan Kesehatan Jantung

Tak sedikit penelitian yang membuktikan orang yang sering makan ikan laut jantungnya lebih sehat. Manfaat omega 3 untuk jantung karena menurunkan trigliserida sekitar 15 – 30% dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Omega 3 juga mampu menurunkan tekanan darah, mencegah penggumpalan trombosit darah, dan mencegah pengerasan arteri. Bahkan omega 3 mampu mencegah peradangan pada organ tubuh.

  • Menangkal Penyakit Kanker

Manfaat omega 3 lainnya adalah khasiatnya dalam menangkal dan menekan risiko kanker. Penelitian menemukan asupan omega 3 menurunkan risiko kanker usus besar, kanker prostat, dan kanker payudara.

  • Mengatasi Kecemasan dan Depresi

Oomega 3 juga sangat baik untuk kesehatan mental. Dengan mengonsumsi ikan laut secara rutin berguna menenangkan, meredakan kecemasan, dan mengatasi depresi.

EPA adalah jenis omega 3 yang ampuh dalam melawan depresi, bahkan khasiatnya setara obat antidepresan. Karena itu saat stress sebaiknya segera makan saja ikan laut yang kaya EPA.

  • Meningkatkan Kecerdasan Otak

Manfaat omega 3 untuk otak juga sangat besar, khususnya untuk bayi yang sedang dalam masa tumbuh kembang. DHA menyumbang sekitar 40 % asam lemak tak jenuh ganda pada otak dan 60 % untuk retina mata.

Memberikan asupan makanan yang kaya omega 3 akan membuat anak makin cerdas otaknya, matanya lebih tajam, dan mentalnya lebih tenang dan sehat. Asupan ini juga mampu menangkal risiko autisme ataupun cerebral palsy.

  • Meningkatkan Ketajaman Mata

DHA dalam omega 3 berperan penting untuk meningkatkan fungsi otak dan retina mata. DHA bahkan mampu menangkal risiko degenerasi makula. Makan ikan laut sangat berguna untuk meningkatkan kesehatan mata.

Merawat Kecantikan Wajah

Manfaat omega 3 untuk kulit juga sangat besar. DHA dalam omega 3 sangat penting untuk membangun struktural dan membran sel kulit. Ini sangat berguna untuk membuat kulit menjadi lembut, lentur, lembab, kencang, dan bebas kerutan.

Begitu juga jenis EPA berfungsi mengontrol produksi minyak pada kulit dan mengatur cairan kulit. EPA juga ampuh dalam mengusir radikal bebas dan bakteri yang menyerang kulit, dan melindungi kulit selalu sehat.

Demikianlah berbagai manfaat omega 3 untuk kesehatan dan kecantikan tubuh yang sangat penting. Mengonsumsi ikan laut dan makanan sumber omega 3 perlu rutin dilakukan agar kesehatan tubuh selalu terjaga. (R9/HR-Online)