Manfaat Panglay untuk Kesehatan, Ampuh Mengobati Penyakit Liver

Manfaat panglay bagi kesehatan sudah dikenal sejak ratusan tahun silam oleh masyarakat Asia Tenggara.
Manfaat panglay bagi kesehatan sudah dikenal sejak ratusan tahun silam oleh masyarakat Asia Tenggara. Photo : Net/Ist.

Manfaat panglay bagi kesehatan sudah dikenal sejak ratusan tahun silam oleh masyarakat Asia Tenggara. Panglay atau bangle merupakan salah satu jenis tanaman rempah-rempah yang bermanfaat untuk kesehatan, dan tanaman ini biasa tumbuh di pekarangan rumah.

Tanaman panglay/bangle atau dalam bahasa latinnya bernama zingiber cassummunar roxb, memiliki batang semu yang tingginya antara 1-1,5 meter, dan membentuk rumpun namun tidak terlalu padat. Sedangkan, bentuk daunnya lonjong hijau dan di bagian ujungnya tipis.

Dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (07/11/2019), ada beragam manfaat panglay untuk kesehatan tubuh kita. Kandungan senyawa yang dimiliki tanaman rempah tersebut mampu mengobati berbagai macam penyakit.

Beragam Khasiat dan Manfaat Panglay

Kandungan Senyawa

Tanaman panglay kaya akan asam organik, mineral, lemak, albuminoid, sineol dan tanim yang memiliki bau khas aromatik, rasanya pahit dengan sedikit pedas.

Zat yang terkandung dalam panglay itu bermanfaat sebagai obat pembersih darah, pencahar (laksan), penurun panas atau antipiretik, peluruh dahak (expectorant), antiicteric buat penderita hepatitis, pembasmi cacing, dan peluruh kentut (karminatif).

Khasiat

Terlepas dari banyaknya manfaat senyawa tersebut, sebenarnya tanaman panglay sudah sejak dulu dipakai sebagai bahan untuk pengobatan. Mulai dari bagian daun, batang, hingga akarnya berkhasiat untuk menyembuhkan beragam jenis penyakit.

Secara umum, pengobatan menggunakan tanaman panglay ini adalah dengan cara dikeringkan, direbus, kemudian air rebusannya diminum. Bisa juga ditumbuk sampai halus, lalu oleskan pada bagian anggota tubuh yang sakit/luka.

Cara Pengolahan Panglay

Masuk Angin

Cara pengolahan panglay untuk mengobati masuk angin, sebelumnya cuci hingga bersih lalu parut rimpang panglay, kemudian saring hasil parutan tersebut, tambahkan sedikit air dan campurkan madu sebanyak 1 sendok makan sebelum diminum. Konsumsi dua kali sehari, pagi dan sore.

Sakit Kuning/Liver

Manfaat panglay untuk kesehatan salah satunya bisa mengobati penyaki kuning atau liver. Cara pengolahannya, parut rimpang panglay 1 atau 2 jari, lalu saring dan campur dengan sedikit air. Tambahkan pula madu satu sendok makan. Minum secara rutin 2 sampai 3 kali dalam sehari.

Lemah Jantung

Bagi yang punya keluhan lemah jantung, panglay bisa dijadikan obat alternatif yang murah dan mudah didapat. Cara pengolahannya, parut panglay kemudian hasil parutannya direbus dengan air, lalu diminum secara rutin setiap sore.

Nyeri Sendi atau Reumatik

Manfaat panglay bisa untuk mengobati nyeri sendi atau reumatik. Caranya, parut panglay dan hasil parutannya dicampurkan dengan air, aduk sampai menjadi seperti bubur. Setelah itu, balurkan ke bagian sendi yang sakit.

Cacingan

Panglay juga berkhasiat untuk mengobati penyakit cacingan pada anak-anak. Cara pengolahannya, tumbuk halus atau iris panglay, kemudian rebus dengan ketumbar, temu hitam, serta tangkai daun sirih. Setelah itu dinginkan, lalu air rebusan tersebut saring dan minum.

Sakit Kepala

Manfaat panglay untuk kesehatan, termasuk untuk mengobati sakit kepala. Cara pengolahannya, ambil panglay secukupnya, cuci hingga bersih lalu parut. Selanjutnya, campurkan hasil parutan dengan air supaya menjadi adonan hingga menyerupai bubur. Kemudian, tempelkan hasil olahan tersebut ke bagian dahi atau pelipis.   

Masuk Angin pada Balita

Balita yang mengalami masuk angin bisa diatasi dengan tanaman rempah yang satu ini. caranya, tumbuk panglay, kemudian campurkan dengan sedikit air, lalu balurkan ke bagian perut sampai kaki balita.

Perut Terasa Mulas

Manfaat panglay untuk kesehatan, salah satunya berkhasiat untuk mengobati perut yang terasa mulas. Cara pengolahannya, rebus daun panglay dengan merica. Jika air rebusan tersebut sudah tinggal ¼ gelas, saring lalu minum.

Bisa juga dengan cara panglay diiris tipis-tipis bersama jahe dan lempuyang wangi. Setelah itu, rebus sampai airnya tinggal ½ gelas. Kemudian, saring air rebusan tersebut, lalu minum.  

Demam

Untuk mengobati demam dengan menggunakan panglay ada beberapa cara, diantaranya panglay dicuci sampai bersih, lalu tumbuk. Cara seperti ini digunakan sebagai kompres untuk menurunkan demam.

Cara lainnya, parut rimpang panglay yang sudah dicuci sebelumnya, kemudian campurkan sedikit air dan madu sebanyak satu sendok makan, lalu minum. Konsumsi sehari dua kali, pagi dan sore.

Turunkan Berat Badan

Manfaat panglay untuk kesehatan tak hanya mengobati penyakit saja, tapi bisa juga untuk menurunkan berat badan yang terlalu gemuk. Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah kelebiha berat badan dengan menggunakan panglay.

Cara yang pertama, rebus panglay dan daun jati secukupnya dengan air 1,5 gelas. Biarkan hingga tersisa satu gelas, lalu saring air, setelah itu minum pagi dan sore hari.

Cara kedua, parut panglay secukupnya, kemudian oleskan ke bagian perut. Cara ketiga, parut panglay ukuran ½ jari, lalu peras dan air hasil perasan tersebut dicampurkan dengan satu sendok makan jeruk nipis, temu hitam, dan madu sebanyak dua sendok makan untuk diminum 2 sampai 3 kali sehari. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...