Rabu, Oktober 27, 2021
BerandaBerita TerbaruManfaat Rumput Laut Bagus untuk Diet Hingga Tingkatkan Libido

Manfaat Rumput Laut Bagus untuk Diet Hingga Tingkatkan Libido

Selain enak untuk sop buah, manfaat rumput laut ternyata sangat besar untuk kesehatan tubuh. Rumput laut bahkan telah menjadi makanan yang populer di Korea, Jepang maupun Cina.

Mungkin ada diantara anda yang belum tahu apa itu rumput laut. Pengertian rumput laut singkatnya merupakan tumbuhan laut yang umumnya tumbuh di sekitar dekat perairan laut asin dan berbatu.

Tanaman ini juga dikenal sebagai sayuran laut yang menjadi sumber makanan makhluk laut. Ada banyak jenis rumput laut, dari yang berwarna hijau, merah, coklat maupun hitam.

Selain menjadi makanan ikan dan hewan laut, manfaat rumput laut untuk kesehatan tubuh karena kandungan nutrisinya yang sangat melimpah. Kandungan rumput laut diantaranya protein, karbohidrat, vitamin A, B12, C, E, K, kalsium, magnesium, folat, mangan, sodium, kalium, yodium, zat besi, tembaga, kolin dan fosfor.

Rumput laut juga dikenal rendah kalori, kaya serat, dan mengandung antioksidan yang berkhasiat untuk kesehatan. Makan rumput laut secara rutin akan membuat anda sehat dan terlihat awet muda.

Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan

Besarnya kandungan nutrisi dari manfaat rumput laut membuat sayuran laut ini sering digunakan sebagai bahan olahan makanan sehat. Berikut ini khasiat rumput laut yang sebaiknya anda tahu.

Menangkal Kanker

Rumput laut kaya dengan zat antioksidan dan fucoidan. Zat tersebut efektif dalam menangkal dan menghambat perkembangan sel kanker. Mengonsumsi rumput laut dapat mencegah kanker payudara atau kanker usus besar.

Menjaga Kesehatan Jantung

Sejumlah penelitian menemukan bahwa makanan berserat tinggi seperti alga atau rumput laut mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Jenis karbohidratnya yang bernama fucans ampuh dalam mencegah pembekuan darah.

Menangkal Kerusakan Sel

Manfaat rumput laut juga karena kandungan flavonoid dan karotenoid yang berkhasiat dalam mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas dan polutan jahat. Konsumsi makanan ini akan membuat tubuh selalu sehat dan bebas penyakit.

Mengatasi Hipertensi dan Kolestrol

Rumput laut juga mengandung asam lemak omega-3 dan antioksidan yang berguna untuk menekan kolesterol jahat (LDL) dan hipertensi. Kandungan ini mencegah terjadinya pembekuan darah.

Melancarkan Pencernaan

Kandungan vitamin C dan serat yang cukup tinggi dalam rumput laut membuatnya berguna untuk melancarkan pencernaan. Kandungan polisakaridanya juga berguna menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Menjaga Kadar Hormon

Kandungan vitamin K dalam tanaman laut ini berguna dalam menjaga kelenjar adrenal. Hal ini akan menjaga keseimbangan hormon tubuh dan meningkatkan fungsi kerja organ tubuh.

Meningkatkan Libido

Siapa sangka jika manfaat rumput laut juga dipercaya mampu meningkatkan gairah dan libido tubuh. Kandungan zat aktifnya juga dipercaya dapat meningkatkan kesuburan.

Baik untuk Ibu Hamil

Kandungan zat besi dalam rumput laut diketahui cukup tinggi. Zat besi berguna untuk mencegah tubuh lesu dan lemah. Mineral ini sangat penting untuk ibu hamil agar terhindar dari anemia.

Menyembuhkan Luka Lebih Cepat

Manfaat rumput laut lainnya adalah dalam mempercepat penyembuhan luka. Kandungan vitamin K dalam tanaman ini berfungsi mendorong trombosit dalam membekukan darah pada luka sehingga cepat kering.

Menurunkan Berat Badan

Tingginya serat dalam rumput laut berguna membuat perut kenyang lebih lama. Sehingga baik untuk menurunkan berat badan. Karena itu penting memasukkan bahan ini ke dalam menu diet sehat anda.

Menjaga Kesehatan Tulang

Rumput laut juga banyak mengandung kalsium dan magnesium yang baik untuk menguatkan tulang dan gigi. Makan rumput laut secara rutin berguna untuk menekan risiko osteoporosis.

Demikianlah berbagai manfaat rumput laut bagi kesehatan tubuh. Mengkonsumsi tanaman laut ini secara rutin akan membuat tubuh selalu sehat, cantik dan awet muda. (R9/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru