Manfaat Sarang Burung Walet untuk Kecantikan, Bikin Wajah Glowing

Manfaat sarang burung walet untuk kecantikan dan kesehatan tubuh sudah dipercaya sejak zaman dulu. Hingga sekarang pun sudah terbukti manfaat sarang burung walet untuk kecantikan secara ilmiah mampu memberikan asupan kebutuhan nutrisi.
Manfaat sarang burung walet untuk kecantikan dan kesehatan tubuh sudah dipercaya sejak zaman dulu. Photo : Ilustrasi.

Manfaat sarang burung walet untuk kecantikan dan kesehatan tubuh sudah dipercaya sejak zaman dulu. Hingga sekarang pun sudah terbukti manfaat sarang burung walet untuk kecantikan secara ilmiah mampu memberikan asupan kebutuhan nutrisi.

Bukan cuma itu, sarang burung walet juga bermanfaat untuk penyembuhan, seperti meringankan asma, memperkuat daya tahan tubuh, membantu proses pencernaan, revitalisasi energi, dan mendukung pertumbuhan.

Begitu pula manfaat sarang burung walet untuk kecantikan karena sudah terbukti ampuh melindungi kesehatan kulit wajah. Dengan begitu, maka wajah pun akan terlihat cantik alami.

Dirangkum dari berbagai sumber, sarang walet merupakan tonik yang dapat dikonsumsi secara teratur untuk menambah energi. Selain itu, jika dikonsumsi secara teratur, kulit akan terlihat cerah, sehat, kenyal dan lembab.

Manfaat Untuk Kecantikan

Membantu Meremajakan Kulit

Memiliki kulit kencang dan selalu terlihat muda tentunya menjadi dambaan bagi setiap wanita. Produksi kolagen dalam kulit sangat berperan untuk mengencangkan kulit sehingga kulit akan selalu tampak awet muda.

Sarang walet mengandung EGF (Epidermal Growth Faktor) yang mampu memproduksi kolagen dalam jumlah banyak. Hal inilah yang bisa didapat dari manfaat sarang burung walet untuk kecantikan.

Memudarkan Flek dan Kerutan di Wajah

Ciri dari penuaan dini adalah flek hitam serta kerutan halus di wajah. Kalau ini dibiarkan, maka flek hitam maupun kerutan halus akan membuat kulit wajah kamu tampak lebih tua dari usia yang sebenarnya.

Untuk mengurangi produksi melanin di kulit serta meningkatkan kadar air tubuh maka sarang burung walet adalah solusinya. Warna kulit akan lebih merata dan kulit lebih lembap sehingga kamu pun terbebas dari flek hitam juga kerutan halus pada wajah.

Atasi Masalah Kulit Kusam

Kulit yang mengalami dehidrasi akibat kekeringan akan sulit untuk beregenerasi, sehingga kulit menjadi lebih rentan kusam. Terlebih jika sering terpapar sinar matahari dan polusi.

Manfaat sarang burung walet untuk kecantikan lantaran adanya kandungan hormon dan enzim di dalamnya yang dapat mengoptimalkan ketika proses regenerasi sel.

Selain itu, sarang walet juga mengandung salic acid yang mampu menjaga kulit terhidrasi dengan baik, sehingga bisa mencegah terjadinya komplikasi kulit serta kerutan di wajah.

Manfaat Untuk Kesehatan

Kaya Asam Amino Penting

Air liur yang digunakan burung walet untuk membuat sarangnya itu mengandung protein khusus dengan beragam jenis asam amino, seperti glukosamin yang membantu proses pemulihan tulang rawan.

Kemudian, prolin dan asam aspartat untuk regenerasi sel, fenilalanin dan sistein guna tingkatkan kerja memori, penyerapan vitamin D dari sinar ultra violet, kerja impuls saraf, tirosin berfungsi untuk percepat proses pemulihan pasca sakit, serta glukosamin membantu pulihkan tulang rawan.

Dari beragam jenis asam amino tersebut, beberapa diantaranya adalah asam amino yang tak bisa diproduksi tubuh, melainkan harus didapatnya dari makanan. Untuk itulah sarang burung walet bisa menjadi pilihan tepat guna memenuhi kebutuhan asam amino dalam tubuhmu.

Manfaat sarang burung walet untuk kecantikan salah satunya karena kandungan glikoprotein dalam sarang burung tersebut lebih gampang larut, dan mengandung antioksidan tinggi dibanding dengan kandungan yang ada dalam sup ikan dan ayam.

Sumber Mineral yang Baik

Untuk menjaga kesehatan, tubuh butuh mineral yang cukup, seperti kalsium, mangan, tembaga, seng, dan kromium. Sarang walet kaya akan mineral yang diperlukan tubuh agar tetap sehat.

Kandungan kalsium dalam sarang burung tersebut berfungsi untuk menjaga kesehatan persendian dan tulang, juga mengatur saat proses pembekuan darah. Sementara, mineral kromium berfungsi membantu penyerapan nutrisi pada usus.

Kemudian, mangan berperan membantu pertumbuhan tulang, melancarkan proses metabolisme kolesterol, karbohidrat, asam amino dalam tubuh, sekaligus penyembuhan luka. Selain itu, mineral mangan juga untuk memastikan dan mengaktifkan enzim bekerja secara baik dalam tubuh kamu.

Sedangkan, tembaga yang terkandung dalam sarang burung walet berfungsi menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh, serta mengoptimalkan fungsi daya tahan atau kekebalan tubuh.  

Cegah Resistensi Insulin

Sebuah penelitian menemukan, rutin mengonsumsi sarang walet bisa mencegah terhadap resistensi insulin bagi mereka yang sudah biasa konsumsi makanan berlemak. Seperti diketahui bahwa risiko terbesar dari penyakit diabetes adalah faktor resistensi insulin.

Tinggi Antioksidan

Sebuah penelitian lainnya juga mengungkap bahwa sarang burung walet termasuk sebagai makanan yang mengandung antioksidan tinggi. Antioksidan sendiri merupakan senyawa aktif dan memiliki manfaat untuk melawan dampak dari radikal bebas sebagai penyebab berbagai jenis penyakit kronis.

Turunkan Risiko Kardiovaskular

Manfaat sarang walet untuk kesehatan bisa menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular. Dalam kasus penyakit tersebut, salah satu penyebab yang paling umum adalah terjadinya pembekuan darah.

Penelitian juga menyebutkan bahwa, sarang burung walet mempunyai efek yang hampir sama dengan obat penurun kolesterol. Tapi, hal tersebut tak menunjukkan adanya kecenderungan untuk memperburuk metabolisme.

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Selama Kemoterapi

Manfaat sarang burung walet untuk kesehatan lainnya menurut penelitian adalah dapat meningkatkan kekebalan imun di dalam usus yang lemah akibat kemoterapi.

Berdasarkan hasil penelitian di lapangan, secara spesifik sarang walet mampu membantu daya tahan tubuh seseorang ketika menjalani kemoterapi. Dengan rutin mengonsumsi sarang walet selama 30 hari bisa tingkatkan kekebalan imun di dalam usus yang lemah efek dari kemoterpi. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...