Memasuki Musim Hujan, LMDH Kota Banjar Opsih Kawasan Perhutanan Jati Gunung Sangkur

perhutanan jati gunung sangkur
Lembaga Masyarakat Desa Hutan saat opsih di Kawasan Perhutanan Jati Gunung Sangkur Kota Banjar, Minggu (17/11/2019). Foto: Istimewa

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),– Sebagai upaya perawatan lingkungan hutan di wilayah perhutanan Jati Gunung Sangkur, Kota Banjar, Jawa Barat, Kepala Bagian Kesatuan Pengelolaan Hutan atau KBKPH Kota Banjar Selatan bersama Kepala Resort Pengelolaan Hutan Kota Banjar dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) menggiatkan bersih hutan dan saluran drainase di sepanjang Jalan Perhutani Cirewog – Cigadung Desa Karyamuti, Kecamatan Pataruman, Minggu (16/11/19).

Kegiatan opsih untuk persiapan memasuki pergantian musim ke musim penghujan ini sekaligus sebagai upaya pembinaan pentingnya pelestarian hutan kepada masyarakat.

Kepala Resort Pengelolaan Hutan (KRPH) Banjar, Heryanto mengatakan, kegiatan operasi bersih tersebut merupakan kegiatan rutin diikuti oleh lima RT yang tergabung dalam Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) di Desa Karyamuti.

Total ada enam LMDH yang berada di kawasan Gunung Sangkur meliputi Kelurahan Hegarsari, Pataruman, Desa Mulyasari, Kujangsari, Karyamukti dan Batulawang.

“Sudah mulai memasuki musim penghujan jadi perlu digiatkan opsih supaya drainase nantinya tidak tersumbat dan air hujan bisa mengalir dengan lancar,” kata Heryanto kepada HR Online.

Selain bersih hutan dan saluran drainase lanjut Heryanto, rencananya nanti akan diadakan penanaman pohon sebagai upaya reboisasi di sepanjang area kawasan perhutanan jati Gunung Sangkur.

“Untuk penanaman pohon kita masih nunggu cuaca, sekarang hujannya belum stabil nanti perawatannya malah kurang maksimal,” katanya. (Muhlisin/R7/HR-Online)

Loading...