Membeli Rumah Sebelum Usia 30 Tahun, Mungkinkah?

Membeli Rumah Sebelum Usia 30
Ilustrasi. Foto: Istimewa/Net

Para milenial pasti sangat penasaran mengenai apa saja kiat-kiat membeli rumah sebelum usia 30 tahun. Ya, memiliki hunian sendiri adalah impian bagi semua orang, tak terkecuali bagi generasi milenial.

Namun, kadang para milenial merasa khawatir tidak bisa membeli rumah karena harganya yang mahal . Meski demikian, jika Anda memiliki tekad dan kemauan yang kuat, memiliki rumah sebelum usia 30 tahun bukanlah sebuah hal yang mustahil.

Baca Juga: Mungkinkah Bangun Rumah dengan Dana Terbatas? Pelajari Tips Berikut!

Berikut adalah beberapa langkah yang perlu Anda coba agar bisa segera memiliki rumah sebelum usiamu menginjak 30 tahun:

Menentukan Budget

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk membeli rumah sebelum usia 30 adalah menentukan budget. Ya, boleh saja Anda punya rumah idaman seperti di kawasan Pondok Indah atau Menteng.

Namun, jika gajimu belum cukup untuk membeli rumah di kawasan tersebut, sebaiknya Anda turunkan dulu ekspektasimu. Jangan sampai nantinya Anda terbebani dengan harga rumah yang mahal.

Untuk itu, Anda bisa survei dulu lokasi-lokasi yang sekiranya sesuai dengan budget yang ada. Anda dapat mencari lokasi rumah yang berlokasi di daerah pinggiran dulu. Biasanya rumah di kawasan tersebut jauh lebih murah daripada yang ada di pusat kota.

Menargetkan Kapan Uang Muka Harus Terkumpul

Setelah Anda menghitung budget yang dikeluarkan untuk membeli rumah, selanjutnya untuk membeli rumah sebelum usia 30, Anda harus menargetkan waktu terkumpulnya uang muka yang akan digunakan untuk membeli rumah.

Kalau cash dirasa memberatkan, Anda bisa kok mencicilnya. Sekarang banyak lho developer yang menawarkan sistem cicilan, jadi Anda tidak akan merasa kerepotan dalam membayar DP.

Biasanya DP yang harus dikeluarkan adalah sekitar 30%  dari total harga rumah. Jadi jika Anda mematok budget sebesar Rp 500 juta, maka DP yang harus dikeluarkan sebesar Rp 167 juta-an.

Alokasikan Gaji untuk Mencapai Target DP

Agar target DP segera tercapai, Anda harus mengalokasikan gaji setiap bulannya. Untuk membeli rumah sebelum usia 30, Anda bisa mengalokasikan 30% gaji untuk memenuhi target DP rumah dan 70% gaji dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Cari Informasi tentang KPR Sebanyak-banyaknya

Masih penasaran tentang kiat-kiat membeli rumah sebelum usia 30 tahun? Jika iya, cobalah untuk menerapkan cara yang satu ini. Ya, salah satu cara agar segera punya rumah sendiri adalah dengan mencari informasi tentang KPR sebanyak-banyaknya.

Sekarang ini banyak bank yang menawarkan program KPR kepada para nasabah. Nah, buat Anda yang tertarik untuk membeli rumah lewat KPR, Anda harus cari tahu informasi tentang KPR sebanyak-banyaknya.

Pilihlah bank yang memberikan KPR sesuai dengan keuangan baik dari segi jumlah cicilan maupun bunga yang ditawarkan. Jangan sampai salah memilih bank ya!

Deposit Uang Secara Berjangka

Salah satu dari kiat-kiat membeli rumah sebelum usia 30 tahun adalah dngan mendepositokan uang secara berkala. Dengan sistem deposit uang, Anda dapat mengatur keuangan secara lebih baik karena uang yang sudah masuk ke dalam deposito tidak mudah untuk ditarik.

Menjalankan Investasi

Menjalankan Investasi adalah cara yang bisa Anda lakukan agar bisa segera punya rumah sebelum usia 30 tahun. Dengan modal yang Anda tanamkan pada sebuah bisnis atau usaha, uangmu akan berputar sehingga akan memberikan hasil yang lumayan.

Terapkan Gaya Hidup Hemat

Bagi Anda yang terbiasa dengan gaya hidup foya-foya, sekarang cobalah untuk menerapkan gaya hidup hemat. Ya, jangan sampai gara-gara Anda suka nongkrong di kafe, makan di restoran mahal, pergi ke pesta, dan beli barang-barang mewah, impian untuk membeli rumah sebelum usia 30 tahun akhirnya tidak terwujud.

Berhemat bukan berarti Anda tidak boleh bersenang-senang. Sesekali boleh lah makan di luar, tapi jangan terlalu sering ya. Contoh, kalau Anda biasa seminggu sekali nongkrong di Starbucks, sekarang Anda coba untuk membatasi untuk melakukannya  sebulan sekali. Dengan begitu, uang yang biasa Anda keluarkan untuk nogkrong bisa ditabung untuk membeli rumah sebelum usia 30.

Jangan Tunda Beli Rumah

Ketika uang tabunganmu sudah cukup untuk membayar DP rumah dan memenuhi segala kebutuhan hidup sehari-hari, jangan tunda-tunda lagi untuk membeli rumah. Meski demikian, jangan tergesa-gesa dalam membeli rumah ya agar Anda tidak merugi di kemudian hari.

Itulah kiat-kiat membeli rumah sebelum usia 30 tahun. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin segera mewujudkan mimpi untuk punya hunian sendiri sebelum usia 30 tahun. (R11/HR-Online)

Loading...