Mencegah Penyebaran Hoax di Whatsapp Agar Tidak Bertambah Parah

mencegah penyebaran hoax di WhatsApp
Icon WhatsApp. Foto: Ist/Net

Mencegah penyebaran hoax di Whatsapp perlu dilakukan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi penyebaran berita yang tidak benar.

Seperti yang diketahui bahwa hoax sangat mudah menyebar di kalangan masyarakat. Terutama untuk masyarakat yang memiliki jejaring media sosial.

Hoax merupakan kabar tidak benar yang terlalu cepat menyebar. Penyebarannya dilakukan menggunakan media sosial.

Mencegah Penyebaran Hoax

Seperti yang diketahui bahwa berita hoax bisa dicetuskan oleh siapa saja. Selain itu akan disebarkan dengan media apa saja.

Penyebarannya hanya memerlukan waktu beberapa detik saja. Setelah itu, berita hoax akan menjadi viral.

Salah satu media sosial yang bisa menjadi perantara berita hoax adalah Whatsapp. Whatsapp merupakan platform media sosial yang paling banyak digunakan.

Banyak kalangan yang sudah menggunakan Whatsapp. Entah itu kalangan tua, remaja, bahkan anak-anak.

Namun penggunaan Whatsapp perlu diwaspadai. Hal ini untuk mencegah penyebaran hoax di Whatsapp.

Seseorang pasti pernah menerima pesan yang berujung pada hoax di WhatsApp. Tidak hanya sekali, namun berulang kali.

Hampir setiap hari ada kiriman broadcast yang merujuk pada berita hoax. Terkadang berita tersebut menjerumuskan pengguna Whatsapp.

Baca Juga: Pendiri Messaging Platform Telegram Ajak Hapus WhatsApp, Ada Apa?

Tips Mencegah Penyebarab Hoax di WhatsApp

Berita hoax ini sangat rawan terhadap pengguna Whatsapp yang masih pemula. Oleh karena itu, dibutuhkan tips untuk mencegah penyebaran hoax di Whatsapp.

Ada beberapa tips yang bisa anda gunakan. Diantaranya adalah mencari sebuah tanda yang bisa menunjukkan bahwa kabar yang disampaikan palsu.

Anda perlu memeriksa pesan yang diterima. Entah itu pesan, foto, atau video. Terkadang ada beberapa pesan yang diedit dan dibuat menjadi hoax. Biasanya ada beberapa video yang diedit kemudian disebarkan hingga menjadi viral.

Untuk mencegah penyebaran hoax di WhatsApp tidak hanya video yang perlu dicermati, tetapi juga foto. Foto dapat direkayasa, entah itu diperkecil atau diperbesar. Terkadang ada beberapa foto yang dipotong atau ditambah dengan foto yang lainnya.

Tips yang selanjutnya adalah berhati-hati dengan pesan yang diteruskan. Forward messages merupakan pesan yang diteruskan kepada pengirim ke penerimanya.

Biasanya forward messages hanya sekedar spam bahkan hoax. Terkadang ada beberapa forward messages yang mengklaim dirinya Whatsapp.

Pesan yang diteruskan kadang meminta penerima untuk meneruskannya ke orang lain. Bahkan setiap pesan forward messages terdapat kata-kata ancaman. Ancaman tersebut merupakan konsekuensi jika tidak meneruskan pesannya.

Bahkan ada yang memberikan sebuah iming-iming. Hadiah yang diberikan juga merupakan hasil jika anda meneruskan forward messages tersebut.

Apabila anda mendapat pesan seperti ini, maka abaikan. Akan lebih baik jika pesan seperti ini tidak ditanggapi.

Jika anda menanggapinya, maka akan menimbulkan dampak bahaya. Entah itu bagi anda atau orang lain.

Verifikasi Pesan yang Diterima

Tips selanjutnya yang bisa anda gunakan untuk mencegah penyebaran hoax di Whatsapp adalah memperhatikan bentuk keanehan. Anda harus mewaspadai dan lebih teliti dengan setiap pesan yang masuk.

Terkadang pesan hoax terlihat lebih aneh dibandingkan dengan pesan lainnya. Perbedaan tersebut bisa dilihat dari gaya penulisan atau topik yang dibicarakan.

Tidak hanya itu saja, anda juga bisa melakukan pemverifikasian pesan. Anda bisa melakukan verifikasi pesan dari sumber terpercaya.

Pesan yang dikirimkan pasti memiliki sumber. Dari sumber tersebut, anda bisa mengetahui apakah pengirim pesan terpercaya atau tidak.

Anda bisa mencari berita ulang dari sumber yang sudah disediakan. Anda bisa melacak apakah sumber tersebut benar-benar ada atau tidak.

Tips selanjutnya adalah kenali berita viral. Biasanya berita viral adalah berita yang palsu. Mengapa palsu? Karena memang berita tersebut hanya digunakan untuk menghebohkan banyak orang. Tidak mengherankan jika banyak berita viral juga termasuk berita hoax.

Mencegah Penyebaran Hoax di Whatsapp dan Dampak Buruknya

Berita hoax yang menyebar begitu cepat tentunya sangat berbahaya. Hal ini menyangkut dengan topik yang dibicarakan. Berita hoax yang tersebar cepat bisa menjadi viral.

Sebelum diketahui kebenarannya berita tersebut sudah semakin viral dan dipercaya banyak orang.

Pencegahan penyebaran berita hoax bisa anda lakukan dengan beberapa tips diatas. Pengguna Whatsapp dan media sosial lainnya harus selalu waspada dengan pesan yang diterima.

Mencegah penyebaran hoax di Whatsapp bisa anda lakukan ketika sudah menerima pesan. Pengguna Whatsapp harus mampu mengidentifikasi setiap pesan yang masuk. (R10/HR-Online)

Loading...