Menerapkan Gaya Hidup Minimalis agar Keuangan Lebih Tertata

Menerapkan gaya hidup minimalis agar keuangan lebih tertata dan lebih hemat.
Menerapkan gaya hidup minimalis agar keuangan lebih tertata dan lebih hemat. Photo : Ilustrasi.

Menerapkan gaya hidup minimalis agar keuangan lebih tertata dan lebih hemat. Dengan menerapkan gaya hidup minimalis, tentunya kita bisa membatasi diri untuk mengonsumsi banyak hal atau membeli barang yang sebetulnya tidak dibutuhkan.

Dalam beberapa tahun terakhir ini gaya hidup minimalis menjadi tren lantaran sudah terbukti mampu membantu seseorang hidup lebih hemat. Gaya hidup tersebut adalah sebagai bentuk perlawanan terhadap gaya hidup konsumerisme.

Lantas, apa manfaat yang bisa didapatkan dengan menerapkan gaya hidup minimalis? Dengan menerapkan gaya hidup tersebut, kamu akan menahan keinginan membeli sesuatu yang sebetulnya tidak dibutuhkan.

Manfaat dari gaya hidup minimalis memang tak bisa dirasakan dalam waktu yang singkat, butuh konsistensi untuk bisa memperoleh semua keuntungan dari pola hidup minimalis ini.

Dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (17/11/2019), ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk memulai gaya hidup minimalis dan mendapatkan manfaatnya dikemudian hari, berikut ini penjelasannya.

Memulai Gaya Hidup Minimalis

Merapihkan Kamar

Kamu bisa memulainya dengan merapihkan dan membersihkan kamar tidurmu. Pilah barang-barang yang masih kamu butuhkan dan yang sudah tdak dibutuhkan. Dengan memilahnya, maka kamar tidur kamu tidak lagi sesak oleh barang-barang yang sebetulnya sudah tdak kamu butuhkan.

Ketika selesai memilah, kamu bakal menyadari bertapa banyaknya barang yang sudah dibeli arang atau bahkan tidak pernah kamu gunakan.

Jadi, dengan menerapkan gaya hidup minimalis, setidaknya kamu dapat mengurangi hasrat untuk memiliki atau membeli barang yang sebetulnya tidak dibutuhkan, sehingga ke depannya kamu bisa lebih menghemat keuanganmu.

Rawat Barang dengan Baik

Biasanya orang yang tidak memiliki barang banyak punya waktu lebih untuk merawat barangnya supaya barang tersebut awet. Misalnya dalam merawat pakaian dengan mencucinya secara benar, jadi tidak gampang rusak dan kamu pun bisa mengurangi belanja-belanja pakaian.

Beli Barang Berkualitas

Rata-rata orang mencari barang yang harganya murah agar bisa membelinya dengan jumlah banyak. Namun, kualitas barang dengan harga murah biasanya tidak begitu bagus, tak bisa bertahan lama karena cepat rusak.

Jadi, mulailah menerapkan gaya hidup minimalis dengan membeli barang-barang yang berkualitas. Meskipun harganya lebih mahal, tetapi kualitasnya lebih bagus.

Lebih baik beli sedikit tapi tak mudah usang, daripada beli banyak tapi cepat rusak yang akhirnya kamu harus membelinya lagi untuk penggantinya.

Tidak ada salahnya kamu membeli barang dengan harga yang lebih mahal, terlebih jika barang tersebut betul-betul kamu butuhkan. Karena, gaya hidup minimalis itu bukan berarti harus mengirit kebutuhan pribadi, tapi kamu bisa bedakan antara kebutuhan dengan keinginan.

Buat Daftar Prioritas Barang Kebutuhanmu

Menganalisa barang yang bena-benar kamu butuhkan dan barang apa yang sebetulnya tidak dibutuhkan. Dengan begitu, maka dalam berbelanja pun kamu bisa lebih bijak.

Jadi, sebelum belanja biasakan membuat daftar barang kebutuhan kamu. Hal ini untuk menghindari membeli barang yang tidak dibutuhkan. Susun secara berkala barang apa saja yang kamu butuhkan, bisa perbulan atau perminggu.

Patuhi daftar barang kebutuhan yang sudah kamu susun itu, dan jangan terjebak penawaran-penawaran barang yang sebetulnya tidak diperlukan. Karena, dengan membeli barang yang tidak perlu hanyalah sebuah pemborosan.  

Kurangi Jajan Makanan

Menerapkan gaya hidup minimalis salah satunya dengan mengurangi kebiasaan belanja makanan. Hal ini untuk mencegah supaya kamu tidak boros dalam mengelola keuangan.

Jangan terlalu bernafsu untuk jajan membeli atau mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak, terlebih jika jajanan tersebut tidak begitu baik bagi kesehatan. Belilah secukupnya sesuai porsi makan kamu.

Konsisten dengan Gaya Hidup Minimalis

Konsisten menerapkan gaya hidup minimalis bisa membuat keuangan kamu lebih teratur. Dengan gaya hidup seperti itu, kamu akan membeli barang yang jauh lebih penting dibanding memilih beli barang yang hanya sebatas keinginan saja.

Perlu diingat pula, gaya hidup konsumtif bisa menghambat kamu dalam menghemat uang, tenaga, dan waktu. Namun, hal tersebut bisa kamu lawan dengan cara menerapkan gaya hidup minimalis. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...