Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita TerbaruMengatasi Rambut Uban Secara Alami Agar Tidak Tumbuh Lagi

Mengatasi Rambut Uban Secara Alami Agar Tidak Tumbuh Lagi

Mengatasi rambut uban secara alami menjadi salah satu cara agar sebagian rambut yang berwarna putih bisa hitam lagi.

Rambut beruban tidak hanya dialami oleh orang yang memasuki usia 40 tahun ke atas sudah lanjut, namun banyak juga anak muda yang rambutnya berwarna putih.

Tumbuhnya uban menunjukkan kondisi tubuh di mana sudah tidak lagi memproduksi zat melanin ataupun pigmen rambut. Untuk mengatasi rambut uban secara alami ini, Anda bisa menggunakan bahan yang ada di sekitar rumah.

Mengatasi Rambut Uban Secara Alami

Bagi anda yang ingin mengatasi rambut uban secara alami, bisa memanfaatkan tanaman maupun bahan yang ada di sekitar. Untuk lebih jelasnya seperti di bawah ini:

Menggunakan minyak kelapa campur lemon

Campuran minyak kelapa dan melon yang sangat mudah dijumpai ini ternyata bisa membuat rambut hitam kembali. Selain murah, juga memiliki resiko yang sangat kecil bagi mahkota Anda ini.

Untuk menggunakannya, Anda tinggal memeras lemon untuk diambil airnya. Kemudian siapkanlah 5 sendok minyak kelapa. Takaran ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Jika kedua bahan sudah siap, campurkan sampai rata. Kemudian oleskan pada rambut setelah Anda melakukan keramas. Usahakan saat mengoleskan bahan ini Anda sambil memijat perlahan.

Diamkanlah sekitar 30 menit atau sampai kering. Setelah sudah, bilaslah dengan air bersih. Gunakan cara mengatasi rambut uban secara alami ini secara rutin.

Memanfaatkan Biji Pepaya

Kandungan dalam biji pepaya ternyata memiliki pigmen yang mirip dengan melanin. Manfaat zat ini bisa menghitamkan rambut. Sehingga, biji pepaya sangat cocok untuk anda yang rambutnya beruban.

Pengaplikasian cara ini, Anda bisa menyangrai biji ini sampai kering. Tumbuklah hingga menjadi seperti bubuk, kemudian campurkan minyak kelapa secukupnya agar menempel di rambut Anda.

Oleskan secara merata pada rambut Anda sambil memijatnya secara perlahan. Diamkan sekitar 30 menit atau sampai kering. Terakhir bilaslah dengan air bersih.

Menumbuk Daun Rambutan

Mengatasi rambut uban secara alami selanjutnya menggunakan daun rambutan. Kandungan Tanin serta Polifenol dan Saponin di daun rambutan ini bermanfaat untuk meningkatkan pigmen atau warna pada rambut.

Caranya, tumbuklah daun ini sampai halus dan campurkan air secukupnya. Ambillah sari dari daun ini yang warnanya hijau untuk dioleskan pada rambut Anda.

Seperti cara sebelumnya, tunggulah sampai 30 menit atau kering yang kemudian dibilas menggunakan air bersih.

Minyak Kemiri.

Minyak kemiri memang tidak diragukan lagi manfaatnya untuk kesehatan rambut. Selain membuat rambut menjadi lebih lebat, minyak kemiri juga bermanfaat agar rambut lebih hitam.

Cara penggunaannya pun mudah, Anda perlu mencampurkan minyak kemiri dengan lemon yang sudah diperas. Oleskan pada seluruh bagian kepala hingga rambutnya terkena bahan ini.

Jika sudah kering atau ditunggu sekitar 30 menit, bilas menggunakan air bersih.

Teh Basi

Teh basi khasiatnya begitu besar untuk kesehatan rambut, salah satunya mampu menghitamkan rambut. Kandungan antioksidan dalam teh ini bermanfaat untuk rambut Anda.

Untuk mengatasi rambut uban secara alami menggunakan teh ini, Anda bisa menyeduhnya dengan air panas. Gunakan setelah didiamkan selama satu malam atau 2 hari. Lakukan seperti langkah di atas, dan agar hasil maksimal dilakukan secara rutin. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -