Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi dengan Gaya Hidup Sehat

Menurunkan kadar kolesterol tinggi dengan gaya hidup sehat merupakan langkah-langkah sederhana yang dapat dilakukan sebagai cara alami untuk turunkan kolesterol tinggi.
Menurunkan kadar kolesterol tinggi dengan gaya hidup sehat. Photo : Ilustrasi.

Menurunkan kadar kolesterol tinggi dengan gaya hidup sehat merupakan langkah-langkah sederhana yang dapat dilakukan sebagai cara alami untuk turunkan kolesterol tinggi.

Dengan menerapkan gaya hidup sehat, maka pola makan yang kita terapkan juga akan lebih sehat. Karena, kita akan lebih selektif dalam memilih menu harian.

Ahli gizi dari Inggris yang juga sebagai dokter, Sarah Franciosi, menjelaskan, pola makan dan gaya hidup sehat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi secara alami.

Seperti diketahui bahwa naiknya kolesterol seringkali tidak disadari oleh banyak orang, karena memang tidak menimbulkan gejala apapun.

Jika kadar kolesterol dalam darah tinggi, maka risiko munculnya penyakit berbahaya juga akan meningkat, seperti halnya penyakit jantung.

Kolesterol merupakan zat yang ditemukan dalam darah. Namun, kehadirannya tidak selalu berdampak buruk bagi kesehatan.

Pasalnya, tubuh tetap membutuhkan kolesterol agar bisa berfungsi secara sehat, selama level kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) tidak terlalu tinggi.

Dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (28/11/2019), LDL dikenal sebagai kolesterol jahat. Kalau dalam tubuh terlalu banyak kolesterol LDL, maka akan menyulitkan alirannya.

Sedangkan, untuk tipe kolesterol baik atau HDL (High Density Lipopeotein) bisa membantu menurunkan kolesterol dari aliran darah, yang kemudian mengembalikannya ke hati.

Cara Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Makan Lebih Banyak Buah dan Sayur

Dengan menambahkan buah-buahan dan sayuran ke dalam menu harian merupakan langkah termudah guna meningkatkan kesehatan secara menyeluruh, termasuk turunkan kolesterol.

Hal itu karena buah dan sayuran kaya akan serat, dan sebagai sumber vitamin serta mineral, seperti vitamin C, folat, dan kalium yang bisa membantu jaga kesehatan usus.

Untuk mambantu agar kolesterol turun, dr. Sarah menganjurkan sehari makan buah dan sayuran sedikitnya 5 porsi. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan beragam vitamin, dan juga serat.

Buah dan sayuran seperti gandum, buncis, kacang polong dan kacang-kacangan memiliki kandungan serat larut yang bisa menurunkan kolesterol tinggi.

Kolesterol Turun dengan Metode Memasak Lebih Sehat

Memasak dengan cara menggoreng memang lebih mudah dan cepat, namun dampaknya bisa menghancurkan sejumlah kandungan vitamin yang ada di dalam sayuran.

Apalagi jika saat memasaknya banyak menambahkan mentega atau minyak ke dalam wajan. Hal inilah yang justru malah menambah lemak jenuh.

Jadi, disarankan untuk beralih ke metode memasak yang lebih sehat, tidak memerlukan banyak minyak atau mentega. Misalnya dipanggang, direbus atau dikukus.

Metode tersebut tentunya lebih sehat dan dapat membantu mengurangi lemak jenuh yang memicu naiknya kolesterol.

Tukar Lemak Jenuh dengan Lemak Tak Jenuh

Lemak jenuh yang memicu naiknya kolesterol banyak ditemukan dalam makanan berbahan susu tinggi lemak, diantaranya krim, mentega, batang keju, susu murni, dan dalam kue, biskuit, potongan daging berlemak, dan kue kering.

Agar kolesterol dalam darah tetap stabil, ganti dengan makanan yang mengandung lemak tak jenuh untuk kesehatan jantung, seperti biji-bijian, kacang-kacangan, ikan salmon, mackerel, minyak zaitun atau minyak sayur.

Pilih Makanan Alternatif yang Rendah Kolesterol

Memilih makanan alternatif yang rendah kolesterol juga merupakan cara gaya hidup sehat untuk menurunkan kolesterol tinggi.

Menerapkan diet rendah kolesterol dalam gaya hidup sehat bukan berarti kita harus meninggalkan kesenangan hidup, seperti menyantap semangkuk spaghetti bolognese yang panas bertabur keju parut, atau mengonsumsi roti bakar yang diolesi mentega cair.

Namun, kamu bisa mengimbangi asupan dengan mengonsumsi makanan alternatif yang rendah kolesterol, seperti yogurt dan selai.

Tetap Aktif Bergerak

Biasakan melakukan olahraga setiap hari meskipun hanya sebentar. Menurut penelitian, dengan berolahraga bukan hanya menghindari stres akibat rutinitas pekerjaan, tapi juga bisa mambantu menurunkan kolesterol.

Melakukan olahraga secara teratur setiap harinya dapat meningkatkan level kolesterol HDL baik di dalam tubuh.

Karena, kolesterol HDL mampu membantu membuang kolesterol berlebih dari aliran darah, serta mengembalikannya ke hati.

Untuk menurunkan kadar kolesterol, disarankan dalam sehari melakukan olahraga setidaknya selama 30 menit.

Jenis olahraga yang bisa dipilih diantaranya senam kebugaran atau berjalan cepat. Lakukan secara rutin sedikitnya 5 kali dalam satu minggu. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...