Meredakan Sakit Gigi Paling Ampuh Pakai 9 Bahan Alami Ini

Meredakan sakit gigi paling ampuh bisa menggunakan bahan-bahan alami.
Meredakan sakit gigi paling ampuh bisa menggunakan bahan-bahan alami. Photo : Ilustrasi.

Meredakan sakit gigi paling ampuh bisa menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapat. Tentunya ini menjadi solusi bagi mereka yang ingin meredakan sakit gigi secara cepat. Pasalnya, sakit gigi biasanya menyerang dengan disertai sakit kepala hebat yang membuat aktivitas kerja pun menjadi terganggu.

Penyebab sakit gigi dipicu oleh beberapa faktor, seperti gusi bengkak, gigi berlubang, ada gigi yang tumbuh, dan faktor lainnya. Oleh karena itu, dipastikan setiap orang pernah mengelami bagaimana rasanya sakit gigi.

Dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (10/11/2019), ada beberapa cara untuk meredakan sakit gigi paling ampuh dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan, berikut ini penjelasannya.

9 Bahan Alami untuk Redakan Sakit Gigi

Garam

Meredakan sakit gigi paling ampuh bisa menggunakan bahan-bahan alami. Photo : Ilustrasi.

Bahan dapur ini bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi yang menyiksa. Kandungan anti bakteri dan anti inflamasi dalam garam bisa mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan akibat gigi berlubang.

Bahkan, garam tak hanya mampu mengurangi rasa sakit tapi juga bisa dimanfaatkan untuk merawat gigi berlubang. Cara mengobatinya, 1 sendok makan garam dicampur dengan 1 gelas air putih. Kemudian, air campuran tersebut gunakan untuk berkumur. Lakukan cara ini sampai rasa sakit gigi hilang.

Bawang Putih

Bawang putih. Photo : Ilustrasi.

Bawang putih mengandung anti septik yang bisa dimanfaatkan untuk meredakan sakit gigi paling ampuh pada gigi yang berlubang. Hal itu karena bawang putih mampu melepaskan allicin serta menghasilkan minyak secara alami yang berkhasiat melawan bakteri.

Ada dua cara untuk mengobati sakit gigi menggunakan bahan alami berupa bawang putih ini. Pertama, kunyah bawang putih, dan cara kedua, tempelkan bawang putih pada bagian gigi yang berlubang.

Bawang Merah

Selain bawang putih, bawang merah juga dapat dimanfaatkan untuk meredakan sakit gigi paling ampuh. Diketahui kandungan anti septik dan anti mikrobial di dalam bawang merah mampu mengatur rasa sakit akibat gigi berlubang.

Ada dua cara mengobatinya, pertama bisa dengan mengunyah bawang merah sampai halus, lalu tempelkan ke bagian gigi yang berlubang. Bisa juga dengan cara menumbuk bawang merah sampai halus, kemudian tempelkan tumbukan tersebut ke bagian gigi yang berlubang.

Lemon

Buah lemon. Photo : Net/Ist.

Menggunakan buah lemon menjadi salah satu cara paling ampuh untuk mengobati sakit gigi yang menyiksa. Buah lemon mengandung asam yang berkhasiat sebagai obat alami menyeimbangkan kadar pH di dalam mulut. Selain itu, buah lemon juga mengandung antibakteri yang ampuh menghilangkan bakteri penyebab gigi berlubang.

Cara mengobatinya sakit gigi dengan lemon juga sangat mudah, peras buah lemon, kemudian hasil perasannya campurkan dengan 1 gelas air hangat, lalu kumur-kumur hingga rasa sakit giginya hilang.

Daun Sirih

Sejak dulu daun sirih sering dijadikan bahan obat alami, salah satunya untuk mengobati sakit gigi. Selain itu, daun sirih juga sangat berkhasiat untuk mengatasi masalah pendarahan pada gusi, menguatkan gigi, serta menghilangkan bau mulut, dan bisa dijadikan antiseptik alami.

Cara mengobatinya bisa dengan mengunyah langsung daun sirih, atau bisa juga dengan merebusnya terlebih dahulu, kemudian air rebusan daun sirih digunakan untuk berkumur.

Asam Jawa

Meredakan sakit gigi paling ampuh berikutnya yaitu dengan memanfaatkan asam jawa. Seperti diketahui bahwa asam jawa ini banyak digunakan untuk bahan campuran bumbu makanan. Antiseptik alami yang terkandung di dalamnya juga berkhasiat untuk mengobati sakit gigi.

Cara mengobati sakit gigi dengan asam jawa sangat mudah, yakni dengan cara menyangrai biji asam jawa. Kemudian, biji asam jawa yang sudah disangrai itu letakan pada gigi yang terasa sakit.

Cuka Apel

Antibakteria dan antimikrobal yang terkadung dalam cuka apel sangat ampuh untuk meminimalisir rasa sakit yang ditimbulkan akibat sakit gigi.

Untuk meredakan sakit gigi dengan menggunakan bahan alami ini ada dua cara. Pertama, campurkan 1 sendok makan cuka apel dengan segelas air putih, kemudian air larutan tersebut gunakan untuk berkumur hingga rasa sakit giginya hilang.

Cara kedua, cukup siapkan cuka apel dan gulungan kapas kecil, lalu teteskan secukupnya cuka apel pada gulungan kapas yang sudah disiapkan dan letakan di bagian gigi yang sakit. Diamkan sampai benar-benar rasa sakit giginya hilang.

Daun Jambu Biji

Daun jambu biji juga berkhasiat untuk meredakan sakit gigi paling ampuh. Pasalnya, kandungan analgesik, anti radang dan anti mikroba di dalamnya mampu menghilangkan nyeri akibat sakit gigi.

Cara mengobatinya, tumbuk daun jambu biji, kemudian rebus dengan air hingga mendidih, lalu dinginkan. Setelah dingin, kumur dengan air rebusan tersebut sampai rasa sakit giginya berkurang.

Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh merupakan salah satu bahan alami yang bermanfaat untuk meredakan sakit gigi. Rasa asam belimbing wuluh berkhasiat sebagai antibakteri yang ampuh membunuh bakteri di mulut.

Cara meredakan sakit gigi secara alami dengan bahan alami ini, pertama siapkan dua buah belimbing wuluh, lalu tumbuk hingga halus. Setelah itu, usapkan tumbukan tersebut ke bagian gigi sakit. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...
Loading...