Sering Salah, Ternyata Merek Motor Ini Buatan Indonesia Banget

Merek Motor Ini Buatan Indonesia
Gesits, salah satu merek motor asli Indonesia. Foto : net/ist

Beberapa merek motor seperti Honda, Suzuki, Yamaha, dan Kawasaki memang sudah terkenal di Indonesia. Bahkan merek tersebut beberapa tahun ke belakang sangat laris di pasaran Tanah Air.

Keempat merek di atas yang paling populer di Indonesia tersebut adalah dari perusahaan otomotif asal Jepang. Sedangkan dari negara lain seperti Eropa antara lain BMW (Jerman), Ducati (Italia), dan Benelli (Italia). Selain itu hadir pula motor dari China dan India.

Lantas bagaimana dengan produk otomotif lokal atau asli Indonesia apakah ada?. Saat ini yang paling populer merek motor asli bikinan lokal adalah Gesits.

Sepeda motor ini merupakan buatan anak bangsa Indonesia, dan sumber tenaganya tidak memakai BBM melainkan listrik. Diperkirakan motor listrik Gesits ini akan diluncurkan akhir November 2019.

Sebelum motor Gesits ramai diperbincangkan, sebenarnya ada merek motor asli Indonesia yang sudah dipasarkan terlebih dulu.

Akan tetapi, kebanyakan masyarakat Indonesia menganggap bahwa motor tersebut dari luar negeri terutama Tiongkok, karena dilihat dari nama atau mereknya.

Penasaran merek motor asli Indonesia yang sudah mengaspal tersebut? Berikut ini daftarnya.

1. Merek Viar

Untuk merek yang satu ini biasa dikatakan sebagai yang populer di pasar otomotif Indonesia. Salahsatunya adalah sepeda motor dengan roda tiganya.

Banyak orang beranggapan bahwa merek motor Viar merupakan buatan dari China. Memang sekilas jika dari nama atau mereknya seperti bahasa China. Padahal, Viar sendiri tulen buatan Indonesia.

Mengutip dari wikipedia, Viar adalah perusahaan otomotif asli Indonesia, yang didirikan tahun 2000 dan berkantor pusat di Jakarta. Sedangkan untuk pabrik perakitannya berada di Semarang.

Berbeda dengan motor asing yang dirakit di Indonesia atau sebagai APM (Agen Pemegang Merek), untuk Viar sendiri bukan agen atau cabang melainkan memang berpusat dan dirakit di Indonesia.

Untuk produknya, merek motor Viar ini sampai sekarang masih memproduksi. Seperti motor listrik, motor trail atau adventure, motor untuk touring dan lainnya.

Merek Motor Ini Buatan Indonesia

2. Kaisar

Di tahun 2000-an produk motor asal China banyak menyerbu ke Indonesia. Sehingga seperti halnya Viar, nama sepeda motor Kaisar juga banyak yang menyangka dari China.

Padahal, Kaisar ini asli produk Indonesia yang perusahaanya didirikan di Jakarta tahun 2002, lewat PT Kaisar Motorindo Industri.

Sama halnya dengan Viar, merek motor Kaisar juga memproduksi roda dua dan roda tiga. Untuk roda dua yang terkenal adalah Ruby V250, yang bentuknya hampir sama dengan Harley Davidson. Sedangkan untuk roda tiganya diberi nama Kaisar Triseda.

3. Happy

Perusahaan otomotis asli Indonesia khususnya di sepeda motor yang disangka merek asing lainnya adalah Happy. Perusahaan ini didirikan tahun 1999 di Jawa Timur.

Kemudian di bawah naungan PT. Anugerah Cendrawasih Sakti Motor (PT. ACSM), di tahun 2000 mulai membangun pabrik perakitan di Malang, Jawa Timur, yang kemudian berkembang menjadi produsen sepeda motor.

Produk merek motor Happy yang populer dan banyak dipakai adalah roda tiganya,yakni seri Perkasa. Selain itu, perusahaan otomotif ini juga membuat motor adventure MX200-R dan Happy Trail RX200. Sedangkan motor klasiknya adalah CS200 yang memiliki desain retro sport.

Merek Lainnya

4. SOIB

Untuk sepeda motor yang satu ini memang masih kurang tenar dari ketiga yang ada di atas. Jika mengutip dari berbagai sumber, SOIB ini sebetulnya telah mengeluarkan produknya di tahun 2008.

Meski menyandang sebagai perusahaan otomotif lokal, namun merek motor SOIB jangan disepelekan. Pasalnya, produk yang sudah dirilisnya ini memiliki ‘taste’ dari Eropa, khususnya Perancis.

Produk yang diandalkan adalah Racer 400 dengan mesin 397,2cc bergaya klasiknya, serta Adventure 400 dual-purpose. Untuk dua merek motor SOIB tersebut dirakit di daerah Bogor, Jawa Barat.

5. Gazgas

Untuk perusahaan otomotif sepeda motor asli Indonesia yang terakhir adalah Gazgas. Perusahaan ini berbasis di Pasuruan, Jawa Timur. Melalui PT Gazgas Indonesia, resmi menjadi produsen sepeda motor, dengan pabrik perakitannya di wilsayah Banyu Urip, Surabaya.

Perusahaan otomotif merek motor Gazgas ini memproduk jenis mini motor, spesial engine dan trail atau adventure.

Untuk produk moto mininya antara lain Gazgas GX 50cc, seri Raptor yakni 100cc serta Pro. Produk trail dari merek motor Gazgas dengan rasa Kawasaki, namun harga miring memiliki mesin berkapasitas 150 cc sampai 450 cc. (Adi/R5/HR-Online)

Loading...