Mobil McLaren Elva Hadir Tanpa Atap dan Kaca, Berapa Harganya?

Mobil McLaren Elva
Mobil McLaren Elva. Foto: Istimewa

Mobil McLaren Elva belakangan ini menjadi bahan perbincangan pecinta otomotif. Bagaimana tidak, mobil mewah ini dibandrol dengan harga selangit sampai miliaran rupiah.

Dengan harga yang fantastis, McLaren Elva hadir dengan dukungan performa dan desain yang mengundang decak kagum. Harganya pun dinilai sesuai dengan kualitas yang dibawanya.

Uniknya, mobil ini tak dilengkapi dengan atap, jendela, dan bahkan kaca depan sebagaimana mobil lainnya. Berkat keunikan tersebut, McLaren Elva disebut sebagai mobil road-legal paling ekstrim yang pernah ada.

Spesifikasi Mobil McLaren Elva

Salah satu hal yang membuat pecinta otomotif merasa penasaran dengan supercar McLaren Elva yaitu namanya. Diketahui bahwa nama Elva diambil dari produsen mobil balap Inggris.

Pada tahun 1960-an silam, perusahaan tersebut pernah bekerjasama dengan McLaren dan menjual city car. Dengan kolaborasi yang epik, perusahaan mampu melahirkan supercar McLaren Elva yang keren dan unik.

Keunikan desain yang dimiliki McLaren Elva menjadi daya tarik lainnya yang digunakan untuk memikat hati pecinta otomotif. Sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas, mobil ini tak dilengkapi dengan atap.

Meski mengusung konsep mobil beratap terbuka, pengguna tetap bisa merasa aman dan nyaman saat mengemudikannya kemanapun itu.

Pasalnya, mobil McLaren Elva ini telah dilengkapi dengan Active Air Management System (AAMS). Dimana sistem ini akan membuat jalur angin khusus sehingga tak akan langsung mengenai wajah pengemudinya.

Sistem ini akan langsung bekerja menyebarkan angin saat mobil dikemudikan secara cepat setidaknya 25 mil per jam. Udara nantinya akan diarahkan ke bagian kabin melalui hidung mobil atau ujung depannya.

Tepat di bagian depan kokpit, udara akan dikirimkan dalam lembar kecepatan tinggi. Bisa dibilang, udara ini berperan penting sebagai kaca depan yang melindungi pengemudi dan penumpang.

Dengan demikian, meski tak ada atap, jendela, maupun kaca depan, sensasi mengendarai McLaren Elva akan terasa sangat menyenangkan, bahkan bisa dikatakan lebih nyaman daripada mobil pada umumnya.

Selain desainnya yang unik, McLaren Elva juga memiliki bobot yang ringan. Bahkan mobil ini menjadi mobil road-legal paling ringan yang pernah diproduksi oleh perusahaan tersebut.

Dapur Pacu Mobil McLaren Elva

Beralih ke dapur pacunya, McLaren Elva didukung dengan mesin 4.000 cc V8 twin-turbo. Sebenarnya, mesin tersebut masih sama dengan mesin pendahulunya, McLaren 720S.

Meski sama, namun performa yang dihasilkan berbeda. McLaren Elva mampu mengeluarkan tenaga sebesar 804 hp dengan torsi mencapai 800 Nm.

Dengan jantung pacu ini, McLaren Elva bisa melakukan akselerasi 0-100 km/jam hanya dalam kurun waktu 3 detik saja. Bahkan untuk kecepatan 200 km/jam pun bisa didapat dalam waktu 6,7 detik.

Semakin memanjakan penggunanya karena performa yang dimiliki mobil McLaren Elva diperkuat dengan sistem perlindungan rollover otomatis.

Berkat sistem tersebut, penumpang bisa terlindungi dengan baik apabila mobil terbalik karena mengalami tabrakan. Dengan begitu, jaminan keselamatan penumpang terjaga secara baik.

Terkait sistem perlindungan rollover otomatis tersebut, pihak perusahaan tidak menjelaskannya secara detail. Namun jika melihat sistem perlindungan rollover otomatis yang ada di mobil lain biasanya menggunakan rollbar logam.

Tidak sembarangan dalam memilih, rollbar logam yang digunakan haruslah memiliki tingkat kekuatan yang baik. Kemudian elemen tersebut dipasang dari sisi belakang kompartemen penumpang.

Ketika sensor mendeteksi bahwa mobil akan terbalik, maka sistem perlindungan rollover secara otomatis akan langsung bekerja sebagaimana fungsinya.

Harga Mobil McLaren Elva

McLaren Elva menjadi salah satu supercar yang ditawarkan dengan harga fantastis. Mobil ini bisa didapatkan dengan bandrolan harga USD1,69 juta atau jika dirupiahkan maka akan setara Rp 23,8 miliar per unit.

Harga yang ditawarkan tersebut pun belum termasuk opsi seperti panel bodi serat karbon dan sound system. Jika ingin memilikinya, pengguna tentu harus menambahkan biaya lagi.

Dengan harga selangit, McLaren Elva diproduksi secara terbatas. Mobil ini hanya akan tersedia dalam jumlah 399 unit saja. Hal ini membuat McLaren Elva semakin istimewa.

Untuk bisa memilikinya, calon pembeli dapat langsung memesannya ke pihak produsen. Dalam melakukan pemesanan pun, pembeli bisa memberitahukan spesifikasi eksterior dan interior yang sesuai dengan keinginan.

Mengenai ketersediannya, McLaren Elva pertama diharapkan sudah bisa dikirim pada akhir tahun 2020 mendatang. Pengguna pun bisa langsung menjajal kemampuannya.

Mobil McLaren Elva menjadi pilihan terbaik untuk anda yang menginginkan supercar mewah yang dirancang dengan konsep desain unik. (R10/HR-Online)

Loading...